4 Tipe-tipe Kartu Kredit Berdasarkan Limit dan Kegunaannya

4 Tipe-tipe Kartu Kredit Berdasarkan Limit dan Kegunaannya

Hi, Sobat LINE Bank! 

Kartu kredit yang memiliki berbagai kelebihan dan memberikan kemudahan bertransaksi menjadikannya salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan oleh beberapa orang. Dengan kemungkinan bagi para pemegang kartu untuk membeli barang atau jasa bahkan jika mereka tidak memiliki uang tunai di tangan dan bisa membayar tagihannya secara berkala membuat beberapa orang tergiur untuk menggunakan kartu kredit. 

Namun, apakah kamu mengetahui tipe-tipe kartu kredit yang ada dan ditawarkan untuk kamu gunakan? Jika belum, yuk kenali bersama beberapa tipe dari kartu kredit yang ada berdasarkan dari limit dan kegunaannya agar kamu bisa memilih tipe kartu yang tepat untuk kamu gunakan.  

Apa Itu Kartu Kredit?

Sebelum mengenal lebih dalam tentang tipe-tipe kartu kredit berdasarkan limit dan kegunaanya, kamu perlu mengetahui tentang pengertian dari kartu kredit itu sendiri. 

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memungkinkan pengguna atau nasabahnya untuk melakukan pembelian ataupun suatu transaksi keuangan tanpa harus menggunakan uang tunai. Kartu kredit dikeluarkan oleh lembaga keuangan seperti bank atau penerbit kartu kredit. Kartu kredit dapat digunakan untuk membiayai pembelian besar atau mendesak dengan cara membayar sebagian kecil dari saldo setiap bulan. 

Selain itu, kartu kredit sendiri juga memiliki beberapa benefit seperti perlindungan konsumen seperti perlindungan terhadap penipuan, pembatalan transaksi yang tidak sah atau jaminan dari  barang yang di beli. Banyak dari kartu kredit yang menawarkan program penghargaan, cashback, atau diskon khusus yang dapat memberikan manfaat tambahan kepada pemegang kartu. 

Baca Juga: Mengenal Pembayaran Minimum Kartu Kredit dan Risikonya

4 Tipe-tipe Kartu Kredit Berdasarkan Limit dan Kegunaannya 

Setelah mengetahui pengertian serta fungsi dari kartu kredit, berikut adalah tipe-tipe kartu kredit berdasarkan limit dan kegunaannya. 

1. Kartu Kredit Standar 

Kartu kredit standar merupakan kartu kredit yang paling umum digunakan dan biasanya memiliki limit kisaran yang moderat. Limit dari kartu kredit standar sendiri bervariasi tergantung pada lembaga penerbit kartu, profil kredit pemegang kartu, dan pendapatan yang dimiliki oleh yang mengajukan. Biasanya, limitnya dimulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah. Pemegang kartu bisa membelanjakan hingga jumlah limit yang ditetapkan oleh lembaga penerbit, dengan pembayaran minimum yang harus dilakukan setiap bulan. 

Untuk kegunaannya sendiri, kartu kredit standar sangat cocok untuk melakukan pembelian sehari-hari seperti makanan, pakaian, bahan bakar, dan barang-barang lainnya. Kartu kredit standar juga bisa digunakan saat berbelanja online. Kamu dapat dengan mudah melakukan pembelian di toko-toko online dan platform e-commerce. 

2. Kartu Kredit Gold 

Kartu kredit yang berada satu tingkat lebih tinggi dengan limit yang juga lebih tinggi dari kartu kredit standar adalah tipe kartu kredit gold. Limit dari tipe kartu kredit gold sendiri biasanya dimulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Selain itu, kartu kredit gold kerap kali menawarkan manfaat tambahan seperti asuransi perjalanan, perlindungan pembelian dan akses eksklusif ke lounge bandara. 

Salah satu manfaat atau kegunaan dari kartu kredit gold adalah manfaat perjalanan. Beberapa kartu kredit gold menawarkan asuransi perjalanan, perlindungan terhadap kehilangan atau keterlambatan bagasi, akses ke lounge bandara dan penghargaan terkait perjalanan. Terkadang juga kartu kredit gold menyertakan program insentif seperti pengumpulan poin atau cashback untuk setiap transaksi yang kamu lakukan. 

Ini akan dapat membantu kamu untuk menghemat uang atau mendapatkan hadiah tambahan dari berbagai transaksi yang sudah kamu lakukan selama menggunakan kartu kredit tipe gold yang kamu miliki. 

promo-promo terbaru LINE Bank

Baca Juga: Mengenal Kartu Kredit Cicilan 0% dan Tips Memanfaatkannya

3. Kartu Kredit Platinum 

Pada urutan ketiga ada kartu kredit jenis platinum yang tentunya memiliki limit lebih tinggi daripada kartu gold, limitnya seringkali berada dalam kisaran ratusan juta hingga miliaran rupiah. Dengan limit yang ditawarkan, kartu kredit platinum umumnya menawarkan manfaat tambahan yang lebih luas seperti layanan concierge, akses ke berbagai program insentif dan penghargaan eksklusif. 

Beberapa tipe kartu kredit platinum seringkali menyertakan layanan concierge yang dapat membantu kamu mengatur perjalanan, reservasi restoran dan berbagai layanan lainnya. Kartu kredit platinum juga kerap kali menyertakan perlindungan tambahan, seperti asuransi pembelian yang lebih kuat, perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan barang bawaan, serta perlindungan terhadap pencurian identitas. 

4. Kartu Kredit Premium atau Elite 

Dari namanya mungkin kamu sudah bisa berekspektasi jika tipe kartu kredit satu ini akan menawarkan limit yang sangat tinggi dan jawabannya benar, kartu kredit premium atau elite sering mendapatkan manfaat eksklusif seperti akses ke klub mewah, layanan personalisasi dan pengalaman perjalanan mewah. Limit yang ditawarkan dari tipe kartu kredit ini bisa mencapai miliaran rupiah dan disesuaikan dengan pendapatan serta profil dari pemegang kartu. 

Baca Juga: Pilih Kartu Debit Atau Kredit? Ini Perbedaan & Kelebihannya

Selain mendapatkan berbagai hadiah menarik dan eksklusif atau pengalaman mewah karena menggunakan kartu kredit tipe premium, para penggunanya pun sering kali mendapatkan akses eksklusif ke berbagai acara, konser dan berbagai pertunjukan. Layanan concierge yang disediakan oleh kartu kredit premium atau elite juga dapat membantu Anda mengatur perjalanan, reservasi restoran, pembelian tiket acara khusus dan banyak lagi. 

Dengan adanya tipe-tipe kartu kredit di atas dapat lebih memudahkan kamu untuk menentukan pilihan kartu mana yang akan kamu gunakan dan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Meskipun memiliki banyak keuntungan dan kemudahan dalam menggunakannya, Sobat LINE Bank harus tetap bijak dalam mengelola dan memanfaatkan penggunaan kartu kredit dengan baik. 

LINE Bank menawarkan layanan pinjaman yang terjamin aman dengan limit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sobat LINE Bank dan syarat permohonan yang mudah. KTA dan Quick Credit bisa menjadi pilihan kamu jika berkeinginan untuk mencoba layanan pinjaman dari LINE Bank. Tidak perlu khawatir, banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung bersama LINE Bank. 

Yuk, download aplikasi LINE Bank Indonesia sekarang juga di Playstore atau AppStore yang tersedia di ponsel masing-masing Sobat LINE Bank, ya!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323