6 Cara Menggunakan QRIS LINE Bank Terbaru 2024

6 Cara Menggunakan QRIS LINE Bank Terbaru 2024

Hi Sobat LINE Bank,

Seperti yang telah kita ketahui, mengenai QRIS atau(Quick Response Code Indonesian Standard) adalah sistem pembayaran yang semakin populer di Indonesia. QRIS telah mengalami peningkatan popularitas yang signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Tidak heran, sebab QRIS memang memiliki manfaat yang besar, bukan hanya untuk pelanggan, tetapi juga bagi pengusaha yang ingin menyelesaikan pembayaran terhadap supplier dan vendor. Bagaimana caranya? Mari kita lihat cara bayar pakai QRIS untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari. Cek berikut keterangan cara menggunakan QRIS!

Cara Kerja QRIS

Secara sederhana, QRIS adalah sistem yang memanfaatkan teknologi QR code untuk memfasilitasi pembayaran. Ketika pelanggan atau pengusaha cara menggunakan QRIS untuk menyelesaikan proses transaksi, dana akan diambil dari akun e-wallet atau aplikasi mobile banking yang terhubung. Kemudian, dana tersebut akan dialirkan ke akun penerima pembayaran, baik itu akun bisnis atau akun pribadi penerima. Proses ini memungkinkan transaksi terjadi secara lebih cepat dan efisien antara pelanggan dan pengusaha.

Cara Menggunakan QRIS / Cara Bayar Menggunakan QRIS

Untuk yang penasaran bagaimana cara bayar pakai QRIS, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti. Simak hingga tuntas, ya!

1. Pastikan smartphone sudah memadai

Sebelum memulai proses pembayaran, pastikan smartphone memungkinkan untuk scan QR code. QR code scanner yang ada di smartphone bisa berupa aplikasi terpisah atau sudah terintegrasi dalam mobile banking atau e-wallet yang digunakan. Untuk itu, pastikan juga memiliki aplikasi mobile banking atau e-wallet yang mendukung pembayaran cara menggunakan QRIS. Terakhir, cek koneksi internet dan usahakan selalu stabil agar proses pembayaran berjalan lancar.

2. Cek kecukupan saldo terlebih dahulu

Jika smartphone sudah memiliki fasilitas scan QR code, kini saatnya untuk mengecek saldo di aplikasi mobile banking. Pastikan cukup untuk menyelesaikan transaksi keuangan yang dilakukan. Namun, apabila saldo ternyata tidak mencukupi, kamu bisa melakukan pengisian ulang terlebih dahulu.

3. Buka aplikasi yang diinginkan dan pilih tombol QR

Setelah memastikan semua persyaratan teknis terpenuhi, buka aplikasi mobile banking yang ada di smartphone-mu. Pada tampilan utama aplikasi, cari dan pilih tombol yang mengarahkan kamu ke bagian pembayaran menggunakan QR code. Biasanya, tombol QR code dapat ditemukan di bagian bawah atau pada menu navigasi.

4. Scan atau upload kode QRIS

Ketika kamu telah memilih tombol QR code, aplikasi akan mengaktifkan kamera smartphone. Arahkan kamera ke kode QRIS yang tersedia di layar kasir atau di struk tagihan. Pastikan agar kode QRIS tertangkap dengan jelas oleh kamera. Selain langsung scan kode QRIS yang disediakan oleh penjual, Anda juga bisa mengunggah kode QR yang tersimpan di Photos atau Album.

5. Masukkan nominal dan PIN transaksi

Setelah memindai atau mengunggah kode QRIS, aplikasi akan menampilkan detail pembayaran, termasuk nama penerima dan jumlah yang harus dibayarkan. Jika nominal pembayaran sudah tertera di layar, hanya perlu me-review dan memasukkan PIN aplikasi pilihan-mu.

Namun, ada juga tipe QRIS yang hanya menampilkan nama penerima. Jika kondisinya begini, kamu perlu memasukkan nominal pembayaran secara manual sesuai pernyataan kasir. Kemudian, masukkan PIN transaksi untuk melanjutkan pembayaran. Pastikan seluruh informasi yang tertera di layar telah sesuai dengan detail transaksi yang ingin kamu bayarkan, seperti nama merchant dan nominal pembayaran.

6. Simpan dan tunjukkan bukti pembayaran

Setelah pembayaran selesai, aplikasi akan menghasilkan bukti pembayaran dalam bentuk digital. Maka dari itu, pastikan kamu menyimpan bukti pembayaran ini di perangkat-mu atau mengirimkannya melalui email atau pesan teks kepada pihak penerima. Jika metode pembayaran QRIS yang kamu gunakan konteksnya untuk offline store, Kamu bisa tunjukkan langsung ke kasir atau petugas yang berjaga.

Itulah enam cara menggunakan QRIS yang terbukti memberikan kemudahan dalam menyelesaikan transaksi keuangan,

Mau tahu lebih banyak tips penting terkait keuangan pribadi? Serahkan segala kebutuhan finansial kamu dengan LINE Bank.

Download aplikasi LINE Bank sekarang dan aktifkan bunga deposito tertinggi hingga 7% cuma di LINE Bank yang menggiurkan. Peluang emas buat dapetin untung lebih untuk masa depan kamu.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 311