Terapkan 5 Good Money Habit Ini Untuk Mengatur Keuangan

Terapkan 5 Good Money Habit Ini Untuk Mengatur Keuangan

Sobat LINE Bank, tau ngga kamu kalau ada pepatah yang mengatakan “old habits never die“. Tapi ternyata ada pandangan berbeda dari European Journal of Social Psychology ,dikatakan kalau kebiasaan manusia terutama dalam hal urusan keuangan dapat berubah dalam 66 hari.

Perencana keuangan sekaligus CEO Zap Finance Prita Ghozie mengatakan, kebiasaan mengatur keuangan dengan baik atau good money habit sangat diperlukan.

Apalagi hidup di zaman sekarang yang ngga dikit godaannya. Mulai dari jajan di coffeshopmeet up sama bestie sekalian berburu diskonan di mall, sampai godaan gratis ongkir extra pada tanggal kembar setiap bulan di marketplace kesayangan. Maka dari itu yuk cek dulu, berikut adalah 5 good money habit menurut Prita Ghozie:

1. Paying Your Bills On Time

Menurut Prita, keutamaan habit ini adalah bisa terhindar dari kejaran customer service, tidak kena denda cicilan yang tertunda, dan supaya kamu juga tidak mengalami mati listrik gara-gara lupa bayar tagihan.

“Pilih tanggal tertentu untuk bayar tagihan. Misalnya tanggal 1 dan 15 Atau pakai sistem autopay untuk tagihan,” kata Prita.

2. Creating Monthly Budget

Budget bulanan benar-benar seperti panduan rencana pengeluaran untuk bulan tersebut. Bukan sebagai target yang membuat stres.

“Coba pikirkan ini, kalau kamu mau pergi ke suatu tempat, prefer pasang Waze atau Google Maps atau ya udah cuek aja? That’s how exactly our feelings should be about budget,” ujar Prita.

Ia pun memberikan tips agar membuat Budget bulanan tidak merepotkan. Caranya, cukup  dengan copy paste bulan Januari, lalu buat modifikasi untuk pengeluaran yang sifatnya khas untuk bulan selanjutnya. Misalnya untuk bayar pajak, THR pekerja, dll.

3. Make Auto Savings

“Ini sih jagoanku banget sejak usia 24 tahun. Aku pasang program auto save dari rekening tabungan ke rekening investasi reksa dana. Dengan begini, dijamin kita pasti nabung dan investasi tiap bulan,” tutur Prita.

Anda bisa menghubungi pihak bank dan meminta dipasangkan fitur goal saver atau ikut program auto installment reksa dana.

Jika anda mengikuti program dana pensiun di kantor, anda bisa meminta bantuan HRD untuk menambah opsi iuran pribadi jika memungkinkan.

4. Track Your Financial Journey

“Ibarat dalam perjalanan, supir pasti sesekali liat kaca spion kan? Jika kamu beneran serius mau menata keuangan, maka mengevaluasi perkembangan aset itu suatu keharusan,” ucap Prita.

Salah satu cara mengevaluasi perkembangan aset, bisa dengan screenshoot saldo aset setiap tanggal 1, catat saldo aset, lalu bandingkan perkembangannya dengan bulan lalu.

5. Habit Is a Key

Saat mau membangun good money habit, maka konsistensi adalah kunci. Sekali saja kita terlewat,
biasanya akan terlewat terus sampai akhirnya lupa.

“Money is your vehicle, good money habit is your map. You have to act and you have to be consistent. Remember you are the driver of your own life. Your money, your responsibility,” tandasnya

Sepertikan membangun habit untuk menabung, itu akan membantu keuangan kamu sehingga kamu terbiasa akan hal tersebut. Nah apalagi sekarang jika menabung di LINE Bank jadi lebih fun karena banyak promo menarik yang ditawarkan seperti Buka tabungan LINE Bank dapat cashback hingga Rp 1,1 juta lho! Yuk coba sekarang, untuk informasi lanjut cek disini!

Nah itu dia mengenai 5 Good Money Habit Ini Untuk Mengatur Keuangan kamu, dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 327