Split Bill di Kencan Pertama, Wajar Atau Nggak?

Split Bill di Kencan Pertama, Wajar Atau Nggak?

Beberapa waktu lalu ada topic pembahasan yang cukup viral mengenai split bill , yaitu bayar makan atau nonton nya patungan pada saat kencan pertama. Ada yang bilang hal tersebut wajar. Sementara, banyak juga anggapan kalau pria yang harus mentraktir wanita.

Tapi, perlu disadari kalau sekarang udah zaman modern. Jadi, udah wajar emang, kalau di kencan pertama, boleh siapa aja yang mentraktir asalkan sesuai sama kondisi keuangannya. Mending sekarang kita simak aja ulasan lebih lanjut tentang split bill ini. Check it out!

Pengertian Split Bill

Kalau menurut pengertiannya, split bill bisa diartikan bayar sendiri-sendiri. Istilah lainnya patungan atau urunan. Topiknya kali ini kencan pertama. Jadi, saat kamu kencan pertama, kalau dengan cara split bill berarti nggak ada yang mentraktir karena bayar masing-masing.

Pada dasarnya, split bill kalau diartikan adalah patungan, berarti total yang kamu bayarkan itu sama dengan pihak lainnya. Jadi, kamu dan dia mengeluarkan biaya yang sama untuk membayar di kencan tersebut. Tentu aja ini beda dengan apa yang selama ini biasa dilakukan, di mana biasanya pria yang mentraktir wanita.

Tapi, sebenernya split bill boleh banget dilakukan, sah-sah aja. Apalagi, kalau kamu mungkin dalam kondisi keuangan yang bikin kamu nggak bisa mengeluarkan uang banyak buat kencan. Asalkan, kamu memahami gimana caranya jujur sama teman kencanmu. Jadi, biar sama-sama nyaman. Sekarang kita lihat yuk, gimana etika untuk split bill.

Etika Dasar Split Bill

Biar mengerti cara yang nyaman untuk split bill, perhatikan aja etika berikut:

1. Menyepakatinya Terlebih Dahulu

Nah, sebelum kamu berkencan, kamu bisa bicarakan dahulu sama teman kencanmu. Misalnya, kamu beneran udah rencana buat split bill. Nggak apa-apa kamu sampaikan di awal aja. Bicarakan dengan jelas tapi tetap gunakan bahasa yang halus biar nyaman.

Misalnya, kamu bisa bilang, “Oh iya, gimana enaknya buat bayarnya? Kira-kira, kalau kita bagi dua bayarnya, kamu keberatan nggak, ya.” Dengan begitu, kamu dan dia bisa sama-sama sepakat, seperti apa nanti untuk bayar-bayarnya.

2.Bicara Jujur Soal Kondisi Keuanganmu

Boleh banget, kok, kamu bicarakan secara jujur soal kondisi keuangan kamu. Mungkin nggak mudah untuk jujur membicarakan hal tersebut. Tapi, kalau kamu emang udah niat buat menjalin hubungan baik, apalagi serius, emang harus kamu terbuka tentang keuangan. Bukan buat pamer, kok.

Jadi, bicara terbuka ini penting biar teman kencanmu tahu, kalau kamu lagi nggak bisa banyak-banyak mengeluarkan uang buat kencan kamu dan dia. Kalau kamu terbuka gini, justru teman kencanmu bisa jadi menghargai kamu, dan lebih percaya lagi sama kamu. Sedikit tips, kamu bisa memanfaatkan promo yang ada. Contohnya voucher yang ada di LINE Bank, berikut! Nah, menggunakan voucher makan ini bisa menghemat biaya buat makan malam di kencan pertama.

3. Pastikan Split Bill di Akhir Acara Kencan

Ini lebih baik kamu lakukan kalau kamu udah sepakat untuk split bill di awal. Jadi, nggak perlu dibahas terus, ya. Nikmati aja acara kencanmu, terutama makan malam, sampai udah mau selesai. Barulah kamu pastikan lagi kalau memang bayarnya patungan atau urunan.

Nggak apa-apa soalnya emang penting. Lagian kamu dan dia, kan, udah sama-sama sepakat. Jadi, mendekati selesainya makan malam, obrolkan aja dengan kalem. Misalnya, tanyakan, “Oh iya, gimana tadi bayarnya, jadi kita bagi dua, ya?”.

4. Berbicara Dengan Kata-Kata yang Sopan

Kelihatannya sepele tapi memilih kata-kata itu penting banget. Apalagi, di kencan pertama, kamu tentu ingin memberi kesan yang baik. Bukan jaim atau malah melebih-lebihkan dirimu. Jadilah diri kamu sendiri aja, dan gunakan kata-kata sopan setiap kali bicara, terutama soal keuangan.

5. Boleh Tawarkan Kamu yang Traktir

Nah, kalau cara ini pas buat kamu yang sekiranya siap aja buat traktir teman kencanmu. Akan tetapi, sebenernya kalau kamu pakai cara memaksa dan bahkan langsung membayarkan bill, bisa jadi kamu dianggap arogan. Soalnya, siapa tahu teman kencanmu malah fine-fine aja, nggak masalah dengan split bill.

Jadi, coba tanya dulu, “By the way, bayarnya gimana enaknya? Kalau kamu nggak keberatan, aku mau traktir kamu, nih. Nggak apa-apa?” Kalau teman kencanmu setuju, ya udah berarti kamu yang mentraktir di kencan pertama ini.

Itu tadi sekilas tentang Etika split bill saat kencan. Untuk mempermudah kamu dalam budgeting saat kencan, ada baiknya kamu menggunakan fitur rekening LINE Bank! Yaitu fitur multi rekening.

Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Bingung Siapa yang Harus Bayar? Tinggal Split Bill Aja!

Bagikan ke Temanmu