Bingung Siapa yang Harus Bayar? Tinggal Split Bill Aja!

Sobat LINE Bank, kamu pasti pernah membagi tagihan belanja atau makanan kamu bersama teman-teman bukan? Pembagian tagihan ini yang disebut dengan split bill. Split bill adalah kegiatan membagi atau memisahkan tagihan dengan nominal sesuai dengan banyaknya barang atau makanan yang dibeli bersama-sama.

Jadi tidak perlu lagi pakai kalkulator buat hitungin jumlah pembagian bill kamu. Bahkan belakangan ini, banyak perbincangan yang terjadi pada beberapa media sosial mengenai aturan split bill terutama saat pertemuan pertama. 

Sebagian orang menganggap bahwa split bill menandakan bahwa seseorang adalah pribadi yang pelit, namun sebagian lainnya menganggap bahwa metode tersebut adil sebab kita hanya perlu membayar tagihan barang atau jasa yang kita gunakan. 

Lalu sebenarnya apa itu split bill dan bagaimana cara menggunakannya? Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Split Bill?

Seperti yang telah kita ketahui, split bill merupakan metode membagi tagihan sesuai dengan jumlah barang atau jasa yang dibeli. Biasanya ketika lagi ngumpul dengan teman atau bahkan gebetan, pasti split bill digunakan. Dengan kata lain, split bill merupakan metode patungan untuk membayar pembelian seluruh barang atau jasa yang dilakukan pada satu tagihan.

Cara ini cukup efektif dan adil untuk kamu yang hobi nongkrong bersama teman-teman agar tidak ada salah satu saja yang terbebani atau harus mentraktir seluruh tagihan. Pembagian tagihan pun tidak hanya pada barang atau jasa yang dibeli saja, tetapi termasuk juga pajak dan biaya service jika tersedia. 

Sebelum teknologi berkembang seperti sekarang, split bill dilakukan dengan perhitungan manual setiap tagihan masing-masing dan pembagian pajak tambahan. Tentu saja sangat merepotkan. Namun dengan kemajuan teknologi, saat ini split bill dapat dengan mudah dilakukan dengan berbagai aplikasi.

Baca Juga: Penting! Begini 3 Cara Melaporkan Penipuan Online agar Uang Kamu Kembali

Bagaimana Cara Melakukan Split Bill?

Metode split bill adalah salah satu metode yang efektif untuk meringankan beban pembayaran, tapi mungkin kamu merasa sungkan untuk mengatakan ajakan tersebut. Tidak perlu khawatir, coba jelaskan terlebih dahulu mengapa diperlukan metode split bill dan tawarkan untuk menghitung pembagian tagihan agar nominal yang dihitung sesuai dan tidak berbeda-beda. 

Sebelum melakukan split bill pastikan kamu memiliki struk belanja setelah pembayaran. Berikut merupakan beberapa cara untuk melakukan split bill:

1. Perhitungan Manual

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk menerapkan metode split bill adalah perhitungan manual. Cara ini dilakukan dengan menghitung tagihan masing-masing orang sesuai dengan barang atau jasa yang dibeli menggunakan kalkulator atau alat hitung lain. 

Setelah itu, jika terdapat pajak tambahan, maka harus dibagi sejumlah orang yang hadir dan ditambahkan pada jumlah tagihan belanja. Bagi Sobat LINE Bank yang cukup teliti dalam urusan menghitung, pasti tidak akan kesulitan. Tapi tetap harus hati-hati agar pembagiannya merata dan adil.

2. Menggunakan Aplikasi Split Bill

Selain dengan cara manual, kamu juga dapat memanfaatkan teknologi split bill yang terdapat pada beberapa aplikasi. Sehingga akan lebih memudahkan kamu dan teman-teman untuk membagi tagihan.

Kamu tidak perlu khawatir, meski pada beberapa aplikasi tidak terdapat pilihan pada bagian pajak dan biaya tambahan lainnya, biasanya secara otomatis aplikasi akan tetap membagikan seluruh biaya tambahan yang tertera pada struk secara adil sesuai dengan jumlah anggota. 

Baca Juga: Tips Keuangan Bagi Pasangan Baru

Cara Menggunakan LINE Split Bill

LINE Indonesia Official Blog

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa split bill juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone. Sudahkah Sobat LINE Bank tahu bahwa kini aplikasi chatting LINE memiliki fitur split bill untuk menghitung pembagian pembayaran untuk beberapa orang.

LINE split bill merupakan sebuah fitur baru untuk menhitung dan membagi tagihan dengan menggunakan teknologi yang disebut dengan Optical Character Recognition (OCR). Sehingga, kamu dapat memindai lalu menghitung tagihan dengan lebih praktis dan otomatis hanya dengan waktu sekitar 5 detik saja.

Dengan hadirnya fitur ini, LINE menjadi aplikasi pelopor yang memanfaatkan teknologi OCR dalam layanan split bill-nya. Cara menggunakannya pun sangat gampang. Sobat LINE Bank cukup membuka aplikasi LINE lalu pilih LINE Split Bill yang tersedia di baris menu chat. Scan struk tagihan kamu secara langsung menggunakan kamera hp atau masukan foto struk tagihan yang ada di galeri smartphone kamu.

Jika teman kamu tidak memiliki aplikasi LINE, maka kamu dapat menggunakan opsi “add a friend without LINE. Kemudian, kamu tinggal menyesuaikan nama dengan masing-masing jumlah tagihannya. Periksa ulang dan pastikan nominal tagihan sudah benar sesuai dengan struk, lalu kirimkan hasil dari LINE Split Bill tersebut kepada teman-teman kamu.

Selain dapat menghitung jumlah tagihan secara benar dan merata, fitur split bill ini juga dapat secara otomatis menghitung pajak restoran dan biaya layanan restoran. Lalu, dengan adanya opsi “add a friend without LINEtadi, kamu bisa menggunakan LINE Split Bill untuk kemudian disalin dan mengirim link hasil perhitungan tagihan ke platform lain. Untuk dapat membuka hasil perhitungan tersebut, mereka yang bukan pengguna aplikasi LINE hanya cukup membuka link terkirim yang nanti akan terbuka dalam tampilan website.

Apa Saja Kelebihan Melakukan Split Bill?

Split bill memiliki manfaat untuk pengelolaan keuangan sekaligus menjaga hubungan pertemanan kamu. Saat berjanji untuk melakukan pertemuan, tidak ada yang perlu khawatir boncos atau melakukan pengeluaran yang berlebihan. Selain itu, split bill juga memiliki manfaat lain diantaranya:

1. Meningkatkan Kepercayaan

Split bill dapat meningkatkan kepercayaan antar pertemanan. Ketika tagihan diberikan, setiap orang bisa membayar tagihan tersebut melalui pembagian yang adil. Hal ini akan membentuk kepercayaan terutama pada hal keuangan dan juga menghindari adanya utang.

2. Mempersingkat Waktu 

Daripada membayar tiap makanan masing-masing dan harus antre di kasir, split bill bisa mempersingkat waktu kamu sebab pembayaran dilakukan oleh satu orang dan akan dibagi nantinya tanpa perlu antre lagi di kasir.

Baca Juga: Pelajaran dari Tinder Swindler

3. Berlatih Tanggung Jawab

Split bill adalah cara yang bisa diterapkan untuk melatih tanggung jawab atas sebuah kewajiban. Setelah tagihan personal diberikan, kamu harus segera membayar tagihan belanja tersebut untuk menghindari rasa sungkan.

Etika Melakukan Pembayaran Split Bill

Setelah memahami pengertian split bill, kamu juga perlu mengetahui etika dalam melakukannya guna menghindari kesalahpahaman dengan teman kamu. Sejatinya, komuikasi merupakan kunci utama dalam aktivitas ini.

Meski demikian, tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara membagikan tagihan bersama teman serta penerapannya dalam kehidupan keseharian. Berikut ini etika melakukan pembayaran dengan split bill adalah:

  • Memberitahu bahwa kamu dan teman kamu mau untuk membayar masing-masing sebelum memesan barang atau makanan.
  • Menyiapkan uang sesuai dengan jumlah tagihan pada struk.
  • Jika pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit milik kamu atau sebaliknya, pastikan untuk sesegera mungkin membayarnya.

Singkatnya, split bill adalah metode yang memisahkan seluruh tagihan kepada setiap personal sesuai dengan transaksi barang atau jasa masing-masing. Sobat LINE Bank, untuk menghindari hubungan pertemanan yang kurang baik akibat pengeluaran yang berlebihan pada satu sisi, penting untuk komunikasi mengenai split bill.

Sehingga tidak ada lagi yang harus membayar dengan tagihan tidak imbang. Tapi kalau ditraktir sih tidak masalah.
Sebagai solusi transaksi, kamu dapat menggunakan Tabungan LINE Bankuntuk memudahkan pengecekan setiap transaksi bersama teman-teman. Selain itu, Tabungan LINE Bank juga dapat digunakan untuk pembayaran QRIS sehingga mempercepat transaksi pada setiap merchant. Dengan berbagai kemudahan transaksi dan kebebasan akan biaya bulanan, download aplikasi LINE Banksekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285