Pilih Menabung atau Self Reward? Mana Yang Lebih Penting?

Pilih Menabung atau Self Reward? Mana Yang Lebih Penting?

Hi Sobat LINE Bank,

Dalam mengelola keuangan, kebutuhan untuk menyenangkan diri atau biasa disebut self reward, contohnya seperti membeli baju, sepatu, tas, dan segala pernak-perniknya. Memang hal ini buklanlah prioritas, karena bukan tergolong kebutuhan utama. Sebab sejatinya ada kebutuhan lain yang jauh lebih esensial, salah satunya kebutuhan menabung.

Ada kewajiban menabung itu bukan berarti kita harus jadi pelit pada diri sendiri, lho. Tidak baik juga, yang ada malah kita jadi stres. Tapi juga bukan berarti kita boleh hura-hura lho, ya. Lantas, bagaimana cara menyeimbangkannya antara menabung vs self reward?

Pada dasarnya, menikmati self reward boleh-boleh saja, asalkan jangan berlebihan. Pasalnya, kamu mesti hati-hati agar dalih self reward tidak menjadi jebakan bagi kondisi keuangan. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu hindari agar self reward tidak membuat dompet menjerit. Check it out!

1. Buat Anggaran Khusus

Agar tidak terjebak, ada baiknya untuk kamu selalu membuat anggaran khusus untuk hal ini setiap bulannya. Kamu bisa mengalokasikan 15-20% penghasilan untuk self reward.

2. Buat List Hadiah

Jangan sampai impulsif. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat list hadiah terlebih dahulu dan rencanakan dari jauh-jauh hari. Kamu bisa buat lis seperti barang-barang yang berkaitan dengan hobi, traveling, atau lainnya yang menjadi minat kamu.

3. Tetap Utamakan Menabung

Menabung dengan berinvestasi adalah hal yang tetap harus kamu lakukan untuk menjaga keuangan kamu. Karena itu, jangan buat alokasi uang untuk setiap bulan lebih besar dari investasi yang harus kamu lakukan. Pasalnya, semakin besar alokasi gaji kamu untuk self reward, itu berarti semakin kecil untuk berinvestasi.

Selain itu, untuk urusan menabung, kamu bisa mengandalkan LINE Bank. Tak hanya bisa menyimpan uang, juga mempermudah kamu dalam melakukan transaksi sehari-hari. Serta ntuk lebih mengoptimalkan pengelolaan keuangan, Sobat LINE Bank dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan opsi tabungan deposito dari LINE Bank. Bersama dengan penawaran suku bunga yang kompetitif dan jangka waktu yang dapat disesuaikan, LINE Bank memberikan solusi tabungan deposito yang aman dan sangat menguntungkan. 

Terlebih, opsi tabungan deposito yang tersedia lebih mudah karena dimulai dari Rp 1 juta dan akun dapat diakses dalam waktu 24 jam. Tunggu apalagi? Unduh aplikasi LINE Bank sekarang dan temukan layanan tabungan deposito bunga 6% cuma di LINE Bank!

Baca juga : Rasio Ideal Alokasi Gaji untuk Bayar Angsuran

LB-banner-4

Jadi kesimpulannya Menabung vs Self Reward yaituu…

Pada dasarnya memberikan self reward, kita juga telah mulai selangkah untuk menghargai dan mencintai diri sendiri. Secara tak langsung pun, ini akan memacu diri kita untuk terus memberikan yang terbaik atau setelah bekerja atau melakukan sesuatu yang menguras tenaga dan pikiran, tidak ada salahnya untuk kamu melakukan self reward. Lagipula, bentuknya juga beragam dan tak perlu mahal. Bisa hanya pergi ke salon, pesan makanan enak dari restoran favorit, atau membeli baju dan sepatu incaran.

Nah kalau menabung itu sebuah kewajiban kita guna masa mendatang atau dana siaga / darurat , kamu tinggal set goals atau beri patokan / komitmen untuk menabung tiap bulannya.

So, Menabung atau self reward bukanlah hal yang harus dipilih ya, karena keduanya bisa jalan beriringan asalkan kamu sudah memberi budget untuk hal tersebut.

Yuk download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285