Perhatikan! Ini Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Resign

Perhatikan! Ini Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Resign

Berhenti dari perkerjaan adalah hal yang harus kamu pertimbangkan sangat baik-baik, karena ini adalah keputusan yang cukup penting. Namun jika keputusanmu untuk meninggalkan pekerjaan saat ini sudah bulat, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum kamu resign kerja dan memulai petualangan baru di tempat lainnya.

Yuk, simak apa saja yang harus disiapkan untuk proses resign-mu lancar!

1. Rencana Finansial

Persiapan penting sebelum resign kerja yang tidak boleh terlupakan adalah merencanakan keuangan. Jangan sampai resign tanpa tabungan ataupun dana darurat. Rencanakan dengan baik keuanganmu agar tidak mengalami kesulitan sehari-hari. Baiknya kamu menyiapkan tabungan untuk resign paling tidak lima  bulan sebelum mengundurkan diri.

Lalu, tabungan tersebut harus cukup untuk menghidupimu dan tanggungan jika ada, selama tiga hingga empat bulan setelah berhenti bekerja. Agar tidak boros, buatlah rencana yang rinci dan lakukan pengeluaran sesuai dengan rencana tersebut.

2. Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri atau resignation letter adalah hal lainnya yang wajib ada di daftar persiapan sebelum kamu resign kerja. Tentunya, resignation letter harus direncanakan dengan baik agar proses pengunduran dirimu profesional dan bebas masalah. Gunakan bahasa yang baik dalam surat pengunduran diri yang diajukan kepada perusahaan.

3. Perbarui CV dan Profil Profesional

Jika kamu mengharapkan pekerjaan yang lebih baik, tentu memperbarui CV dan profil di situs lowongan kerja.Tambahkan pengalaman yang sudah didapat dari kantor yang akan ditinggalkan dan pastikan semua data baik di CV dan profil profesionalmu sama.

4. Atur Jadwal dan Buat Rencana

Persiapan yang juga sangat penting sebelum resign dari tempat kerja adalah menjadwalkan kapan kamu akan mengundurkan diri. Etika yang baik sebelum resign adalah dengan memberi tahu atasan tentang rencanamu paling tidak satu bulan sebelumnya. Hal ini juga disebut jangka waktu pemberitahuan pengunduran diri atau one month notice.Kemudian, susun juga rencana mengenai hal apa saja yang akan dilakukan selepas berhenti.

Pastikan kamu tidak berhenti kerja tanpa rencana apapun, ya.

5. Minta dan Berikan Rekomendasi Rekan Kerja

Agar profil profesionalmu tampak lebih keren lagi, mintalah testimoni atau rekomendasi rekan kerja sebelum resign. Menurut The Balance Careers, ada baiknya jika kamu pun menulis opinimu tentang kinerja rekan kantormu juga.

6. Siapkan Diri untuk Exit Interview

Exit interview adalah wawancara yang dilakukan sebelum seorang karyawan meninggalkan kantor. Biasanya, hal ini dilakukan agar perusahaan bisa meningkatkan lingkungan kerja dan sistemnya supaya pekerja lainnya bisa lebih nyaman bekerja.

Nah, itu dia hal yang harus kamu persiapkan sebelum resign. Kalau menurut mimin pokoknya kamu harus persiapkan dana darurat jauh-jauh hari sebelum kamu resign ya! Apalagi kalau buka akun Deposito LINE Bank, dapatkan bunga spesial hingga 6% p.a*

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Naik Gaji, Ini Yang Harus Kamu Persiapkan (2023)

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277