Tips Naik Gaji, Ini Yang Harus Kamu Persiapkan (2023)

Hai Sobat LINE Bank, para pejuang cuannn, kamu merasa ngga sih kebutuhan semakin kesini semakin meningkat? Ngerasa ngga penghasilan kamu yang sekarang itu ngga cukup? Ada kah dari kamu berniat untuk mengajukan permintaan kenaikan gaji? Beberapa dari kamu mungkin sudah memberikan kinerja yang baik, tapi ragu untuk mengajukan kenaikan gaji? Tenang guys, agar kamu dapat melakukannya dengan tenang, berikut adalah beberapa langkah dan cara meminta naik gaji sesuai etika dan profesional. Check it out!

1. Persiapkan Mental

Gabisa dipungkiri ya, hal pertama yang harus kamu lakukan buat meminta kenaikan gaji adalah siapin mental ya sodara-sodara (haha). Kamu pasti sadar ya, bahwa ini bukanlah sesuatu yang dapat dianggap sepele. Karena keputusan yang akan kamu lakukan ini bakal berdampak terhadap profesionalitasmu dalam bekerja. Tapi tenang ya karena pada dasarnya, meminta kenaikan gaji dalam dunia kerja bukanlah hal yang terlarang. Namun, ketika melakukannya kamu harus memiliki kinerja yang baik, sehingga membuatmu layak untuk mendapatkan hal tersebut. Coba introspeksi dirimu terlebih dahulu yaa!

2. Teliti tren gaji

Selanjutnya yaitu, meneliti tren gaji pada pekerjaan yang sedang kamu jalani pada saat ini. Karena setiap pekerjaan memiliki nilainya tersendiri. Dengan mengetahui sejauh mana tingkatan gaji pada pekerjaanmu, membuat kamu bisa memperkirakan berapa kenaikan gaji yang nantinya akan diminta. Tentunya akan menjadi sesuatu yang kurang baik, ketika kamu meminta kenaikan gaji di luar nalar atau berbanding jauh dengan kinerjamu selama ini. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari tahu tren gaji tersebut, 

  • Melakukan riset di situs lowongan kerja seperti ; Indeed, Glassdoor, LinkedIn
  • Menanyakan kepada rekan kerja (bukan gaji spesifik mereka ya ; bisa kisaran saja)
  • Menanyakan tren pekerjaan kepada senior atau mentormu

3. Pilih waktu yang tepat

Nah, langkah yang satu ini sangat bergantung pada kemampuanmu dalam membaca situasi dan kondisi perusahaan. Karena semua yang telah direncanakan dapat menjadi kacau, ketika kamu melakukannya di waktu yang tidak tepat. Sebagai pertimbangan, kamu dapat menentukan waktu yang tepat dengan memperhatikan beberapa faktor berikut,

  • Kondisi keuangan perusahaan

Kamu harus mengetahui bagaimana kondisi keuangan pada perusahaan tempat kamu bekerja. Coba cari tahu terlebih dahulu sebelum mengajukan permintaan kenaikan gaji. Seperti, berita mengenai C-level atau saham perusahaan. Salah satu kondisi keuangan perusahaan yang paling mudah diamati adalah pada bagian operasionalnya. Jika kamu melihat banyak terjadi PHK, maka bisa jadi perusahaan sedang menghemat pengeluaran mereka. Sehingga situasi tersebut bukanlah waktu yang tepat. 

  • Kondisi atasanmu

Selanjutnya, coba juga memperhatikan bagaimana kondisi dari atasan atau manajermu. Jika manajer mu terlihat stres atau sedang menangani banyak tugas, mungkin akan menjadi ide yang buruk untuk meminta kenaikan gaji. Maka dari itu, coba cari momen pada saat atasanmu sedang terlihat bahagia atau dalam keadaan yang baik. 

4. Buat janji dengan atasan

Setelah mengetahui waktu yang tepat, langkah selanjutnya yaitu membuat janji 1 on 1 dengan atasanmu. Salah satu cara terbaik sebelum melakukan pertemuan dengan atasan adalah memberi kabar terlebih dahulu kepada mereka. Dengan melakukan hal ini, kamu dan atasanmu bisa menyamakan jadwal. Sehingga pertemuan yang akan dilakukan dapat berjalan tanpa gangguan. Di samping itu, kamu dapat memberi kabar secara langsung atau melalui email

5. Siapkan apa yang harus dikatakan 

Karena ini bukan hal yang mudah, makanya kamu harus mempersiapkan kata yang ingin disampaikan kepada atasanmu. Selain bersikap sopan, tutur kata juga sangat mempengaruhi kelancaran proses permintaan kenaikan gaji. 

Sebagai langkah awal, kamu dapat membuat skrip untuk kalimat pembuka pada saat melakukan pertemuan dengan atasanmu. Contohnya, 

“Selamat pagi/siang/sore Pak/Buk” (salam pembuka)

“Terima kasih Pak/Buk, telah meluangkan waktu untuk bertemu dengan saya hari ini. Sejujurnya ada yang ingin saya diskusikan dengan Bapak/Ibuk.”

“Dalam menjalankan peran saya selama ini, saya sangat bersemangat untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Berbagai pencapaian telah saya berikan kepada perusahaan ini. Sebagai hasilnya, saya ingin mendiskusikan gaji saya.”

Jika atasanmu terbuka untuk melakukan pembicaraan, maka lanjutkan dengan menjelaskan beberapa pencapaian yang telah kamu berikan kepada perusahaan. Dan kamu pun akan masuk ke tahap negosiasi gaji. 

6. Coba lakukan negosiasi secara langsung

Penting untuk diingat, coba hindari melakukan pembicaraan mengenai gaji ini melalui email ataupun pesan via media sosial. Karena biasanya akan kurang etis, ketika kamu membahas sesuatu yang serius tanpa tatap muka. Kemudian, agar kamu bisa lebih percaya diri, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada saat melakukan negosiasi dengan atasanmu. 

  • Dikutip dari Indeed.com, hindari menggunakan kata-kata yang dapat melemahkan posisimu
  • Berbicara secara jelas dengan nada suara yang sedang. Karena ini dapat menunjukkan tingkat kepercayaan dirimu. 
  • Tulislah skrip dan poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan 
  • Melakukan kontak mata yang sewajarnya. Lihat ke arah atasanmu saat dirinya berbicara. 
  • Hindari hal-hal yang nantinya dapat mengganggu pembicaraan seperti Hp dan lain-lain. 

7. Berikan alasan yang jelas

Berikutnya merupakan hal yang paling penting pada saat melakukan negosiasi untuk meminta naik gaji. Yap, yaitu cara kamu dalam memaparkan alasanmu. Dalam menyampaikan alasan tersebut, cobalah untuk fokus pada alasan kenapa kamu pantas mendapatkannya, bukan mengapa kamu membutuhkannya. 

Di samping itu, kamu dapat memulai menyampaikan alasan permintaanmu dengan memaparkan hasil riset tren gaji yang telah dilakukan. Setelah itu, kamu dapat memperkuat alasan kamu dengan memaparkan pencapaian yang telah kamu dapatkan.

8. Ucapkan terima kasih

Bagaimanapun hasil keputusan dari permintaan kenaikan gajimu nantinya, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Yang penting kamu telah menyampaikan aspirasi dan keinginanmu untuk mendapatkan kenaikan gaji.  

Nah itu dia mengenai persiapan dalam meminta naik gaji, nanti kalau kamu sudah berhasil mengikuti tips dari mimin dan berhasil naik gaji jangan lupa ya untuk di investasikan pada deposito LINE Bank! Terutama karena deposito LINE bank memiliki bunga 6% dan cashback RP 50.000.

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Cara Ampuh Mengelola Keuangan Saat Gajian Bulanan

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295