Menu Buka Puasa Yang Harus Ada Dirumahmu Saat Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan bulan yang dinanti-nanti umat Muslim selain karena keluargamu berkumpul, ada juga momen disaat kamu berbuka puasa, kamu merindukan beberapa makanan atau minuman yang memang paling nikmat di. Makanya berikut menu favorit buka puasa ini harus ada di rumah saat Ramadhan yang bisa jadikan inspirasi untukmu saat berbuka puasa.

15 Menu Favorit Buka Puasa

Menu Buka Puasa Yang Harus Ada Dirumahmu Saat Bulan Ramadhan

kalau kamu kebagian tugas menentukan menu-menu makanan yang akan disantap oleh seluruh anggota keluarga, inilah ide masakan yang bisa kamu sajikan!

1. Gorengan

Puasa rasanya tak afdol bila tak ada gorengan. Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan gorengan sebagai menu wajib berbuka.

Selain simpel, rasa gorengan pun membuat ketagihan. Sebagian merasa gorengan cukup menggantikan rasa lapar seharian, dibandingkan harus langsung makan berat. Misalnya seperti pisang goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng, bakwan, dan sebagainya.

2. Kurma

Tak hanya gorengan, kurma dengan teh manis hangat juga menjadi paket favorit. Keduanya menyehatkan karena dapat menggantikan kadar gula dalam darah setelah berpuasa seharian. Biasanya, tiga buah kurma menjadi takjil sebelum makan berat.

3. Kolak

Paduan pisang, ubi, kolang-kaling yang bersatu dengan santan dan gula merah jelas menjadi favorit banyak keluarga di Indonesia. Selain segar, kolak terasa menyehatkan. Isinya membuat perut cepat kenyang. Rasanya yang manis pun disukai banyak orang, apalagi bila disajikan saat panas.

4. Es buah

Es buah menjadi menu buka puasa yang paling dinanti karena kesegarannya. Kamu bisa menambahkan varian lain kesukaanmu. Namun, sebetulnya mengonsumsi es saat berbuka tidak dianjurkan karena kurang baik untuk tubuh. Apalagi kalau kamu memiliki penyakit maag.

Sifat es bertolak belakang dengan kondisi tubuh yang “panas” setelah seharian berpuasa. Tapi, kamu tetap bisa mengonsumsinya setelah meminum minuman hangat atau air mineral biasa.

5. Sayur Asem

Salah satu sayur favorit andalan di rumah keluarga Indonesia adalah sayur asem. Bahan-bahan untuk sayur asem ini sangat mudah ditemukan dengan proses memasak yang tak sulit. Karena mudah dipadukan dengan berbagai jenis lauk,  Sayur Asem merupakan salah satu hidangan sayur yang digemari untuk berbuka puasa. 

6. Soto

Sebagai hidangan yang segar, hangat, dan mengenyangkan, makanan berkuah dengan banyak variasi ini memang paling banyak digemari. Semangkuk soto panas pun siap menemanimu saat berbuka puasa

7. Sayur Sop

Selain sayur asem, sayur sop juga menjadi menu andalan keluarga. Makanan yang kaya dengan gizi karena berisi berbagai jenis sayuran ini sangat cocok untuk disajikan setelah berbuka puasa. Untuk membuatnya semakin menarik dan menggugah selera, tambahkan daging ayam, makaroni, atau sosis. 

8. Bubur Sumsum

Rasa bubur dengan kuah santan dengan gula merah ini pasti sangat membuatmu menggugah selera. Bubur santan memang tak salah untuk dinikmati  selepas adzan maghrib, setuju, kan? 

9. Es Blewah

Pantang rasanya jika melewatkan es blewah di bulan Ramadhan. Es blewah sebagai hidangan buka puasa juga bisa dikreasikan, jadi lebih istimewa, lho.  Uniknya, buah yang identik di bulan puasa ini memang berlimpah di bulan Ramadhan meski setiap tahunnya waktu puasa tak sama. Masya Allah ya!

10. Es Kelapa Muda

Sama halnya dengan es blewah, minuman yang menyegarkan ini juga menjadi salah satu yang paling banyak dicari ketika berbuka. Mengingat banyaknya pedagang kelapa di bulan Ramadhan, suguhan es kelapa muda yang kamu kreasikan pasti akan lebih menyehatkan untuk seluruh keluarga.

11. Bubur Biji Salak

Berbahan dasar ubi, bubur biji salak ini juga merupakan makanan khas yang selalu jadi incaran di bulan Ramadhan. Racik dari ubi yang manis untuk membuat biji salak terasa lebih mantap.

12. Lumpia Semarang

Bertandang ke Jawa Tengah, khususnya Semarang, gak afdol kalau gak nyobain gurih dan renyahnya lumpia. Gorengan satu ini jadi oleh-oleh khas Semarang yang diburu para pelancong. Selain itu kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan lumpia Semarang di bulan Ramadhan loh!

13. Kentang Balado

Kentang balado paling enak dimakan dengan nasi hangat. Tapi, kalau selama puasa, cabainya jangan terlalu banyak ya karena bisa bikin maag-mu kambuh kalau terlalu pedas!

14. Ayam Goreng

Ayam goreng rasanya pasti ada di meja makan orang Indonesia. Selain karena buatnya simpel, rasanya pun pasti enak. Jadi gak heran kalau ayam goreng menjadi makanan favorit saat puasa.

15. Semangka

Usai makan makanan berat, biasanya orang Indonesia akan menjadikan semangka sebagai cuci mulutnya. Jadi rasanya pasti segar!

Itulah 15 menu buka puasa yang harus ada dirumahmu saat bulan ramadhan. Kalau kamu menu favoritnya apa saat berbuka? Jangan lupa dijawab di komen ya!

Nah dalam mempersiapkan hidangan tersebut, agar saat membelanjakan kebutuhan tersebut tidak mengganggu keuangan kamu, kamu bisa manfaatkan fitur KTA / Quick Credit LINE Bank.

Dengan mengandalkan Quick Credit LINE Bank. Ditambah kamu akan mendapat CASHBACK hingga Rp3.000.000 lho!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : 5 Tempat Bukber Asik Bersama Keluarga Di Jakarta 2023

Bagikan ke Temanmu