Cara Menghitung Tabungan Awal: Keuangan Stabil 2024!

Hai, Sobat LINE Bank! 

Udah pada mikirin belum nih gimana caranya menghitung tabungan awal buat menuju keuangan yang lebih stabil di tahun 2024? Maklum, masa depan perlu dipersiapin, tapi gak usah panik. Kali ini kita bakal bahas cara ngitung tabungan awal dengan santai dan simpel.

Cara Menghitung Tabungan Awal

Cara menghitung tabungan awal melibatkan langkah-langkah sederhana yang dapat membantu kamu menentukan berapa jumlah uang yang ingin kamu tabung sebagai modal awal. Berikut adalah panduan umum:

1. Tentukan Tujuan Tabungan:

Mulailah dengan menentukan tujuan tabungan kamu. Apakah itu untuk liburan, dana darurat, pembelian barang tertentu, atau tujuan keuangan lainnya. Tujuan yang jelas akan membantu kamu menentukan jumlah tabungan awal yang diperlukan. Buka juga rekening buat kebutuhan tabungan kamu, bisa dengan buka tabungan online di LINE Bank yang banyak keuntungan dan promonya!

2. Hitung Pengeluaran Rutin Bulanan:

Tentukan pengeluaran rutin bulanan kamu, termasuk biaya hidup seperti sewa rumah, tagihan listrik, makanan, transportasi, dan pengeluaran rutin lainnya.

3. Kurangkan Pengeluaran dari Penghasilan:

Kurangkan total pengeluaran bulanan dari total penghasilan bulanan kamu. Sisanya adalah potensi uang yang bisa kamu tabung.

Contoh:

– Penghasilan Bulanan: Rp 5.000.000

– Pengeluaran Bulanan: Rp 3.500.000

– Potensi Tabungan Awal: Rp 5.000.000 – Rp 3.500.000 = Rp 1.500.000

4. Tentukan Persentase untuk Tabungan:

Tentukan persentase dari sisa uang (potensi tabungan awal) yang ingin kamu alokasikan untuk tabungan. Persentase ini bisa bervariasi tergantung pada prioritas keuangan dan seberapa cepat kamu ingin mencapai tujuan tabungan.

Contoh:

– Persentase untuk Tabungan: 20%

– Jumlah Tabungan Awal yang Dicari: 20% dari Rp 1.500.000 = Rp 300.000

5. Sisihkan Dana Secara Berkala:

Sisihkan dana sesuai dengan persentase yang kamu tentukan secara teratur. Ini bisa dilakukan setiap bulan atau sesuai dengan periode waktu tertentu, seperti setiap gajian.

Tips Nyisihkan Uang buat Tabungan Awal

1. Hindari Beli Barang Impulsif

Beli barang yang lagi diskon atau lagi nge-hits tuh seringkali bikin kita lupa diri. Hindarin beli barang impulsive yang sebenernya gak terlalu kita butuh. Simpen aja duitnya buat tabungan atau buat beli barang yang bener-bener kita butuh.

2. Ketika Gaji Naik, Tabungan Naik Juga!

Gaji naik itu kayak angin segar, tapi jangan langsung abis buat yang gak penting-penting banget. Naikkin juga jumlah yang kita sisihin buat tabungan. Jadi, tabungan awal kita bisa berkembang seiring dengan kenaikan gaji.

3. Investasi, Anyone?

Kalo gaji udah mulai lumayan dan tabungan udah agak berasa, coba deh dipikirin soal investasi. Gak perlu jadi pakar saham, bisa aja mulai dari investasi yang lebih sederhana kayak deposito di LINE Bank yang bunganya 6%. Hasilnya bisa lebih maksimal daripada nabung biasa!

4. Tetap Nikmati Hidup

Meskipun lagi fokus nabung, tetap nikmati hidup ya, geng! Jangan sampe gak bisa jalan-jalan atau ngerasain hal-hal kecil yang bisa bikin bahagia. Ada baiknya nabung, tapi tetap hidup dengan seimbang.

5. Update dan Evaluasi

Sekali-kali, gak ada salahnya buat update dan evaluasi keuangan. Cek apakah tabungan awalmu sudah sesuai dengan target atau belum. Kalo belum, coba pikirin lagi strategi apa yang bisa diterapin biar lebih efektif.

Jadi, Sobat LINE Bank, itulah beberapa cara menghitung tabungan awal menuju keuangan yang lebih stabil di tahun 2024. Ingat, yang penting adalah konsisten dan tetap enjoy dalam mengatur keuangan. Semoga tips ini bermanfaat dan tabungan awalmu bisa berkembang pesat! 

Baca juga: Apa Perbedaan antara Tabungan dan Investasi?

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325