Apa Itu Kode Referal? Yuk Kenali Cara Menggunakannya!

apa itu kode referal

Hi Sobat LINE Bank!

Pasti udah pada hafal dong dengan strategi pemasaran yang inovatif di era digital sekarang ini, siapa sih yang ngga nungguin kode promo untuk dapetin diskon belanja, atau poin yang bisa dikumpulkan dan ditukar hadiah menarik. Nah, salah satu metode lain yang juga populer digunakan adalah penggunaan kode referal. Kode referal tidak hanya memberikan keuntungan bagi brand, produsen atau perusahaan lho, tetapi juga bagi kamu, si pengguna yang memanfaatkannya! Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu kode referal, bagaimana cara menggunakannya, dan manfaat apa yang bisa didapat oleh pengguna.

Apa Itu Kode Referal?

Kode referal sebenarnya adalah unique identifier terdiri dari serangkaian karakter atau angka yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang sebagai pengajak (referrer). Pengajak adalah pengguna yang merekomendasikan produk atau layanan tertentu kepada orang lain. Nah, kode dari si pengajak ini memungkinkan brand atau perusahaan untuk melacak asal-usul pelanggan baru dan memberikan insentif kepada si pengajak, bahkan kepada mereka yang diajak. Insentif yang didapat bisa beragam seperti diskon, poin reward, atau bahkan uang tunai.

Manfaat Menggunakan Kode Referal

  1. Diskon dan Promo Khusus: Salah satu manfaat utama menggunakan kode referal adalah kemungkinan mendapatkan diskon atau promo khusus. Untuk pengajak pastinya bisa dapat insentif ekstra, dapat berupa promo, diskon atau cashback.
  2. Keuntungan Dua Belah Pihak: Bagi perusahaan atau brand, ini adalah cara efektif untuk menarik pelanggan baru tanpa harus banyak mengeluarkan biaya promosi yang besar. Bagi pengguna, baik pengajak maupun yang diajak, insentif yang diterima bisa menghemat uang atau memberikan nilai lebih dari setiap transaksi.
  3. Pengalaman Berbagi yang Positif: Kode referal adalah cara positif untuk berbagi pengalaman baik tentang produk atau layanan dengan orang lain. Dengan berbagi kode referal, ini berarti pelanggan atau pengguna sudah memiliki trust yang tinggi terhadap brand atau produk, dan ingin merekomendasikan ke teman, keluarga atau orang lain.
  4. Loyalty Program: Banyak perusahaan menggunakan kode referal sebagai bagian dari program loyalitas mereka. Dengan merujuk teman atau keluarga, pengguna dapat mengumpulkan poin atau mendapatkan status khusus dalam program loyalitas yang dapat membawa lebih banyak keuntungan.
  5. Berkolaborasi dan Komunitas: Kode referal juga dapat digunakan untuk membangun komunitas di sekitar produk atau layanan tertentu. Ketika orang berbagi kode mereka, ini menciptakan jaringan pengguna yang saling mendukung dan dapat bertukar pengalaman atau tips yang bermanfaat

Program Referal yang Seru dari LINE Bank

Nah, ada nih salah satu program referal yang paling asik dan bisa kamu bagikan ke social circle kamu, yaitu program referral code LINE Bank! Untuk kamu yang mau jadi pengajak dan mau membagikan kode referal LINE Bank ke teman kamu, cek caranya berikut ini:

  1. Pastikan kamu telah memiliki Tabungan LINE Bank yang dibuka melalui aplikasi LINE Bank by Hana Bank dan berstatus aktif.
  2. Buka aplikasi LINE Bank by Hana Bank, masuk ke halaman “Lainnya” dan pilih menu “Undang Teman”
  3. Bagikan tautan kode referral unik kamu untuk mengundang teman/keluarga/kerabatmu melalui aplikasi pengiriman pesan
  4. Pastikan kamu menjaga saldo di rekening utama Tabungan LINE Bank minimum sebesar Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) pada akhir bulan setiap periode program.

Jangan lupa juga perhatikan persyaratan teman baru yang bisa kamu ajak ya! Cek syaratnya berikut ini:

  1. Hanya berlaku untuk Nasabah baru Bank Hana
  2. Nasabah baru harus mengunduh aplikasi LINE Bank by Hana Bank, dan buka Tabungan LINE Bank melalui aplikasi LINE Bank by Hana Bank dengan menggunakan kode referral yang mengundang kamu.
  3. Melakukan penempatan dana dan menjaga saldo di rekening utama Tabungan LINE Bank minimum sebesar Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) pada akhir bulan setiap periode program.

Gampang dan praktis banget kan, semua bisa kamu lakukan dari smartphone kamu! Untuk si pengajak (referrer) tentunya buanyak banget yang bisa kamu dapetin dari mengundang teman melalui kode referal. Banyak lho promo LINE Bank yang seru dan pasti menguntungkan!

Pentingnya Etika dalam Penggunaan Kode Referal

Oh iya, Sobat LINE Bank, meskipun kode referal memberikan banyak manfaat, penting juga untuk menggunakannya secara etis dan bertanggung jawab ya, hindari terjadinya spamming atau menyalahgunakan kode referal sebagai jebakan phishing. Berikut adalah beberapa pedoman penting yang perlu kamu ketahui:

  1. Transparansi: Untuk pengajak, selalu komunikasikan dengan jujur tentang kode referal dan insentif yang akan diterima orang yang kamu ajak. Jangan memanipulasi teman dengan informasi yang tidak akurat. Untuk kamu yang diajak, selalu pastikan kode referal bukan phishing link yang digunakan untuk menjebak atau menipu ya!
  2. Berbagi dengan Tujuan Positif: Tujuan kode referal adalah untuk berbagi pengalaman positifmu ke orang lain dengan merekomendasikan produk atau brand tertentu. Maka itu, hindari menyebarkan kode secara asal tanpa pertimbangan yang menimbulkan pengalaman atau kesan negatif, misalnya dengan spamming.
  3. Hormati Privasi Orang Lain: Jangan memaksa atau mengganggu teman untuk menggunakan kode referal kamu. Hormati keputusan mereka jika mereka tidak tertarik.

Kode referal memang inovasi yang efektif dan menguntungkan baik bagi perusahaan ataupun pengguna. Jadi, setelah kenal apa itu kode referal, apa sobat LINE Bank jadi tertarik berbagi kode dengan teman dan orang dekat? Dengan membagikan kode referal, kita dapat menikmati berbagai insentif, berbagi pengalaman positif, dan membangun komunitas yang seru di sekitar produk atau layanan yang kita sukai!

Baca juga: 6 Manfaat QRIS bagi Konsumen dalam Transaksi Sehari-Hari

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325