6 Manfaat QRIS bagi Konsumen dalam Transaksi Sehari-Hari

6 Manfaat QRIS bagi Konsumen dalam Transaksi Sehari-Hari

Hi Sobat LINE Bank!

Udah pada tahu kan, kalau beberapa tahun belakangan, Indonesia sudah memulai transformasi digital dalam sistem pembayaran? Setiap transaksi yang kamu lakukan, baik belanjaan atau pembayaran lain, bisa langsung diproses secara digital alias non-tunai! Teknologi ini bernama QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. 

Nah, keuntungan pakai QRIS banyak banget, lho, Sobat LINE Bank! Pastinya yang pertama adalah soal kepraktisan serta jaminan keamanannya. Jadi, kamu gak perlu lagi bawa dompet atau uang tunai ke mana-mana karena cukup dengan metode pembayaran QRIS, semua transaksi bisa beres. Nah, untuk mengetahui manfaat QRIS lebih lanjut, kamu bisa simak terus penjelasan di artikel ini, ya!

Apa Itu QRIS?

Bank Indonesia (BI) menyebut, QRIS merupakan metode pembayaran satu pintu yang menyatukan berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) melalui sebuah kode QR.

QRIS dikembangkan dengan tujuan mempermudah proses transaksi digital atau non-tunai, sekaligus menjaga keamanan proses transaksi. Melalui QRIS, seluruh sistem dan jenis pembayaran dapat terintegrasi di Indonesia.

Saat ini, seluruh aplikasi pembayaran yang menggunakan QRIS, sudah bisa digunakan dalam metode pembayaran sehari-hari. Baik QRIS perbankan maupun non-bank, semuanya berlaku di berbagai toko, warung, swalayan, supermarket, tempat parkir, lokasi wisata, dan juga merchant berlogo QRIS.

Jadi, jika merchant menggunakan aplikasi pembayaran yang berbeda denganmu, kamu tetap bisa melakukan transaksi berkat adanya sistem kode QR yang terintegrasi ini.

Manfaat QRIS dalam Metode Pembayaran 

Selain mengusung keunggulannya yang praktis dan cepat, menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran sehari-hari pun juga bisa mendapatkan manfaat berikut:

1. Cepat, Mudah, dan Praktis

Kita pasti pernah mengalami situasi di mana kita harus menghitung uang cash atau menunggu lama di kasir toko, kan? Dengan QRIS, masalah itu tinggal jadi kenangan. Kita tinggal bawa ponsel, scan kode QR yang ada di tempat pembayaran, dan transaksi selesai dalam hitungan detik. Gampang banget, kan?

Misalnya, kamu lagi makan di restoran atau nongkrong di kafe, tinggal scan QR code di meja, dan bayar tagihan tanpa perlu ngantri di kasir. Jadi, waktu dan tenaga kita jadi lebih efisien. Enggak cuma itu, pembayaran online juga jadi lebih simpel. Tinggal pilih QRIS sebagai metode pembayaran, scan kode QR yang muncul, dan voila, pembayaran selesai.

2. Keamanan Jadi Prioritas

Keamanan adalah hal yang penting dalam setiap transaksi pembayaran. Dengan QRIS, kita bisa tenang karena sistemnya udah dipersiapkan buat melindungi data pembayaran kita. QRIS menggunakan teknologi enkripsi yang tinggi, jadi data kita lebih aman dari potensi pencurian atau penipuan.

Selain itu, ada fitur keamanan tambahan seperti PIN atau autentikasi sidik jari yang bisa digunakan untuk konfirmasi pembayaran. Ini bikin jauh lebih susah bagi pihak yang enggak berwenang buat mengakses atau menggunakan informasi pembayaran kita. Jadi, transaksi pakai QRIS jadi lebih aman.

3. Banyak Opsi Pembayaran

QRIS juga bikin hidup kita lebih fleksibel. Kita bisa pilih banyak jenis pembayaran elektronik, termasuk kartu kredit, debit, atau dompet digital seperti OVO, GoPay, dan DANA. Ini memberi kita lebih banyak pilihan dalam cara kita membayar.

Kalau misalnya kita lupa bawa uang cash tapi punya saldo di dompet digital, enggak masalah. Tinggal scan kode QR, dan pembayaran langsung terproses. Jadi, enggak ada alasan buat melewatkan transaksi. Diversifikasi pembayaran kayak gini bikin hidup jadi lebih mudah dan praktis.

4. Riwayat Transaksi yang Mudah Dicari

Dengan QRIS, kita juga bisa melihat riwayat transaksi dengan mudah. Setiap kali kita melakukan pembayaran pakai QRIS, detail transaksi akan tercatat. Kita bisa mengaksesnya kapan saja lewat aplikasi dompet digital kita. Ini sangat membantu dalam mengelola keuangan pribadi.

Kita bisa cek kapan kita belanja, berapa yang kita keluarkan, dan untuk apa kita bayar. Riwayat transaksi ini membantu kita membuat perencanaan keuangan yang lebih baik dan bisa meminimalkan risiko keuangan yang enggak terduga. Jadi, QRIS bukan cuma praktis, tapi juga membantu kita mengontrol keuangan.

5. Bonus dan Diskon

Ini nih yang sering jadi favorit semua orang: bonus dan diskon! Banyak penyedia layanan pembayaran elektronik yang mengintegrasikan QRIS memberikan bonus dan diskon kepada konsumen yang menggunakan metode pembayaran ini. Bonus dan diskon bisa berupa cashback, potongan harga, atau hadiah lainnya.

Jadi, selain praktis dan aman, kita juga bisa menghemat uang. Kalau kita aktif menggunakan QRIS, uang yang kita hemat bisa cukup signifikan. Enggak ada salahnya buat mengejar promo-promo yang ditawarkan lewat QRIS. Ini bisa jadi cara hemat yang cerdas!

6. Dukungan Lingkungan

Selain manfaat langsung untuk kita sebagai konsumen, QRIS juga memberikan dampak positif pada lingkungan. Penggunaan uang tunai dan kertas dalam transaksi fisik berdampak negatif pada lingkungan karena proses pencetakan uang dan penggunaan kertas yang besar.

Dengan semakin banyaknya pengguna QRIS, kita ikut serta dalam mengurangi penggunaan uang fisik dan kertas. Ini berarti juga mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan lainnya. Jadi, selain menguntungkan diri sendiri, kita juga ikut mendukung lingkungan yang lebih bersih.

Meski mudah, cepat, dan praktis, pembayaran menggunakan QRIS masih belum sepenuhnya bisa diterapkan pada seluruh wilayah Indonesia. Tidak semua toko atau merchant menyediakan metode pembayaran ini, terutama di kota-kota kecil atau di daerah yang masih sulit diakses oleh internet. 

Namun, di banyak kota lainnya, metode pembayaran menggunakan kode QR sudah sangat umum, bahkan menjadi sebuah keharusan. Kamu bisa, lho, melakukan pembayaran dengan scan kode QR merchant atau toko pakai pembayaran QRIS LINE Bank!

Yuk, segera buka rekening tabungan digital di LINE Bank dan nikmati berbagai kemudahan transaksi serta promo menarik! Ada promo cashback juga, lho, sampai 31 Desember 2023 buat pengguna baru LINE Bank dengan nominal cashback hingga Rp. 1,100,000. Yuk, download aplikasinya sekarang! Klik di sini.

Baca juga: Kartu ATM Contactless untuk Kemudahan Transaksimu!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324