Kartu ATM Contactless untuk Kemudahan Transaksimu!

kartu atm contactless

Hi Sobat LINE Bank,

Apakah kamu pernah mendengar tentang kartu ATM contactless? Jika belum, jangan khawatir! Pembahasan ini akan membantumu untuk lebih memahami apa itu kartu ATM contactless dan mengapa kamu seharusnya mempertimbangkan untuk memilikinya. Tanpa menunggu berlama-lama lagi, yuk langsung simak saja pembahasannya di bawah ini ya. 

Apa itu Kartu Contactless?

Kartu ATM contactless adalah jenis kartu debit atau kartu kredit yang dilengkapi dengan teknologi nirkontak. Ini artinya kamu bisa melakukan pembayaran hanya dengan meletakkan kartu dekat dengan mesin pembaca kartu. 

Jika biasanya kamu harus memasukkan kartu dan menunggu transaksi selesai, kartu ATM contactless mempermudah proses pembayaran. Salah satu tanda kartu contactless yaitu adanya tanda gelombang pada kartu yang menggambarkan kemudahan dan kecepatan dalam pembayaran.

Baca Juga: Kartu Chip ATM: Pengertian & Fungsinya

5 Keuntungan Menggunakan Kartu Contactless

5 Keuntungan Menggunakan Kartu Contactless

Pernahkah Sobat LINE Bank merasa repot saat harus mengeluarkan uang tunai atau mencari kartu di dalam dompet ketika akan membayar di kasir? Nah, berbicara tentang kemudahan dan kecepatan, itulah yang ditawarkan oleh kartu ATM contactless. Yuk, simak keuntungan kartu ATM contactless lainnya yang akan membuat hidupmu lebih praktis dan efisien berikut ini. 

1. Kecepatan Transaksi

Keuntungan utama menggunakan kartu ATM contactless adalah kecepatan transaksi. Berkat teknologi nirkontak ini, pembayaran jadi lebih cepat dan lebih efisien. Kamu nggak perlu lagi menunggu untuk memasukkan PIN atau menunggu lama saat kasir memproses pembayaranmu. 

Cukup dengan satu tap atau tempelkan kartumu, transaksi selesai dalam sekejap mata. Ini sangat membantu terutama saat berbelanja di tempat-tempat yang ramai, seperti pusat perbelanjaan atau stasiun kereta api.

2. Kemudahan Penggunaan

Kemudahan penggunaan juga menjadi alasan kuat untuk beralih ke kartu ATM contactless. Kamu nggak akan merasa kesulitan lagi saat mencari uang tunai atau mengeluarkan kartu dari dompetmu. Cukup pegang kartu di dekat mesin pembaca dan transaksi selesai. Ini juga membantu mengurangi risiko kehilangan kartu atau uang tunai, terutama jika kamu sedang berada di tempat yang ramai. 

3. Keamanan yang Tinggi

Keamanan menjadi prioritas utama dalam dunia perbankan, dan kartu ATM contactless nggak ketinggalan dalam hal ini. Kartu ini dilengkapi dengan teknologi keamanan canggih, seperti chip mikro dan enkripsi data. Jadi, akan sulit bagi pihak lain untuk mencuri informasi atau melakukan transaksi tanpa izin. 

Selain itu, kamu juga memiliki kontrol penuh terhadap kartumu, dan jika kartumu hilang atau dicuri, kamu bisa dengan mudah menghubungi bank untuk melaporkan kehilangannya dan mencegah penyalahgunaan.

4. Pelacakan Pengeluaran yang Lebih Baik

Kartu ATM contactless membantu kamu untuk melacak pengeluaran dengan lebih baik. Setiap transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara rinci pada rekening bankmu. Ini memudahkanmu untuk memantau seberapa banyak uang yang telah kamu belanjakan dan di mana kamu menghabiskannya. Melalui informasi ini, kamu bisa membuat anggaran yang lebih baik dan mengambil keputusan keuangan yang lebih bijaksana.

Baca Juga: Promo Kartu Debit LINE Bank Visa dan Berbagai Keuntungannya

Cara Menggunakan Kartu ATM Contactless

Nah, Sobat LINE Bank yang berencana punya kartu ATM contactless untuk kebutuhan transaksi sehari-hari, kamu bisa simak gimana cara menggunakannya berikut ini. 

1. Cari Mesin ATM dengan Logo Contactless

Saat kamu akan mengambil uang di mesin ATM, perhatikan logo yang menunjukkan fitur contactless. Biasanya, logo ini memiliki gambar gelombang atau tanda WiFi. Jika Sobat LINE Bank menemukan mesin ATM dengan logo tersebut, artinya kamu bisa menggunakan kartu ATM contactless di ATM tersebut. 

2. Tempelkan Kartu ATM di Dekat Logo Contactless

Langkah berikutnya yaitu tempelkan kartu ATM contactless di dekat logo contactless di mesin ATM. Sobat LINE Bank hanya perlu mendekatkannya ke logo tersebut, bukan memasukkannya ke dalam slot seperti kartu konvensional. Lalu, mesin ATM akan segera mendeteksi kartu kamu.

3. Masukkan PIN

Setelah kartu Sobat LINE Bank terdeteksi, mesin ATM akan meminta kamu memasukkan nomor PIN. Pastikan kamu memasukkan PIN dengan benar ya. Setelah itu, kamu bisa  melanjutkan proses  transaksi.

buka-rekening-digital-LINE-Bank

4. Pilih Transaksi yang Ingin Dilakukan

Di layar mesin ATM, Sobat LINE Bank akan melihat berbagai pilihan transaksi, seperti pengecekan saldo, penarikan uang, atau transfer dana. Pilih transaksi yang kamu inginkan dengan mengetuk opsi yang sesuai di layar. Proses ini biasanya dilakukan dengan layar sentuh atau tombol yang ada di mesin ATM.

5. Tunggu Proses Selesai

Setelah Sobat LINE Bank memilih transaksi, mesin ATM akan memproses permintaan kamu. Ini bisa memakan waktu beberapa detik hingga beberapa menit tergantung pada jenis transaksi yang kamu lakukan. Tunggu hingga proses selesai dan jangan cabut kartu kamu.

6. Ambil Kartu Setelah Selesai

Jika transaksi telah selesai, mesin ATM akan memberikan instruksi untuk mengambil kartu kamu. Pastikan untuk mengambilnya dengan hati-hati. Ini adalah tahap penting karena jika kamu lupa mengambil kartu, mesin ATM mungkin akan menahan kartu kamu demi keamanan.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Penyebab Kartu ATM Tertelan & Cara Mengatasinya

Kartu Contactless dari LINE Bank

Apakah kamu tertarik menggunakan kartu ATM contactless? Kamu bisa membuatnya di LINE Bank. Sobat LINE Bank akan mendapatkan banyak manfaat saat menggunakan kartu ini, di antaranya:

  • Mendapatkan diskon hingga 21% kapan saja dan di mana saja. 
  • Pembayaran lebih cepat, khususnya untuk transaksi luar negeri. Kamu juga akan mendapatkan cashback hingga Rp21.000 dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Promo QRIS dan cashback setiap tanggal 21, serta masih banyak promo menarik lainnya yang bisa kamu nikmati.

Selain itu, kamu juga akan memperoleh desain karakter BT21 yang sangat menggemaskan. Edisi spesial ini hadir dengan warna ungu yang lucu, dan tentunya siapa cepat dia dapat. Sangat menarik, bukan? 

Untuk mengajukan Kartu Debit LINE Bank with BT21 contactless ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Apa saja itu? Yuk simak berikut ini:

  • Kartu debit diterbitkan per-satu rekening tabungan.
  • Penerbitan Kartu Debit Pertama dengan saldo tabungan minimum Rp1.000.000 nggak dikenakan biaya.
  • Penerbitan Kartu Debit Kedua atau Kartu Pertama dengan saldo tabungan dibawah Rp1.000.000 dikenakan biaya Rp100.000.

Jadi, jika kamu ingin merasakan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi, serta mengontrol keuanganmu dengan lebih baik, pertimbangkan untuk membuat kartu ATM contactless dari LINE Bank. Dibekali dengan teknologi modern, pengalaman perbankanmu akan jadi lebih baik daripada sebelumnya.

Sebelum kamu memulai proses pengajuan kartu debit, pastikan kamu telah memiliki akun LINE Bank. Jika kamu pengguna baru, kamu bisa download LINE Bank di App Store atau Play Store. Jadi, tunggu apalagi? Download LINE Bank sekarang juga!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324