Apa Perbedaan antara Tabungan dan Investasi?

Hi Sobat LINE Bank!

Pastinya kita semua ingin mengamankan masa depan dengan menyiapkan bekal khusus. Bekal itu biasanya kita wujudkan dalam bentuk tabungan dan investasi. 

Nah, Sobat LINE Bank udah mulai menata masa depannya belum? Kalau udah, kamu tim nabung atau tim investasi, nih? 

Tapi, buat kamu yang masih bingung dalam menentukan pilihan, mungkin kamu belum tahu apa perbedaan antara tabungan dan investasi. Supaya kamu bisa lebih pede dalam memutuskan, yuk simak penjelasan mengenai perbedaan keduanya di artikel ini. Scroll ke bawah, ya!

Apa Perbedaan Tabungan dan Investasi?

Meskipun sama-sama memiliki konsep menyimpan uang, namun ada perbedaan penting antara keduanya.

1. Bentuk Simpanan

Kamu bisa membedakan dua jenis produk keuangan ini dari bentuk atau wujudnya. Kalau tabungan biasanya kita simpan di dalam rekening bank dalam bentuk dana cair, investasi justru kita simpan dalam bentuk aset. 

Berhubung tabungan berwujud dalam bentuk dana, kamu akan lebih gampang dalam mengelola dan menggunakannya saat terdesak kebutuhan. 

Sementara itu, jika berinvestasi, berarti uang yang kita miliki akan ditempatkan dalam instrumen keuangan atau aset lainnya yang mencakup saham, obligasi, properti, barang berharga, atau bahkan bisnis.

2. Tujuan yang Berbeda

Perbedaan antara tabungan dan investasi bisa juga dilihat dari tujuannya. Tujuan utama menabung itu untuk menjaga keamanan dan likuiditas dana. Biasanya, bank juga akan memberikan tingkat bunga tertentu untuk sejumlah tabungan yang kita miliki.

Sifat tabungan yang liquid, membuatnya bisa diakses dengan mudah dan cepat. Sehingga cocok untuk tujuan jangka pendek, misalnya untuk dana darurat atau membeli barang konsumsi.

Sedangkan jika memilih untuk berinvestasi, tujuan yang ingin diraih adalah memperoleh potensi pendapatan atau keuntungan yang lebih tinggi di masa depan. 

3. Akses ke Dana Darurat

Jika kamu berinvestasi, uang yang kamu punya akan berpindah wujudnya ke dalam bentuk aset atau saham. Jadi, kurang cocok untuk diandalkan saat kamu membutuhkan dana darurat yang harus ada dalam waktu singkat.

Sementara itu, uang yang tersimpan di rekening bank dalam bentuk tabungan, bisa kamu gunakan kapan saja sesuai kebutuhan. 

4. Risiko

Meski keuntungannya bisa dipanen dalam jumlah berkali lipat setelah sekian tahun, investasi cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi. Misalnya penurunan nilai saham, kerusakan pada properti, atau bisnis yang gulung tikar. 

Jika kamu memilih untuk menabung, risikonya jauh lebih minim, hanya saja kamu tidak memperoleh keuntungan yang signifikan seperti saat kamu berinvestasi. Kecuali jika bank memberikan bunga untuk sejumlah simpanan yang kamu miliki. 

Apa Saja Produk Tabungan dan Karakteristiknya?

Untuk mengetahui apa perbedaan antara tabungan dan investasi, kamu perlu tahu produk apa saja yang mereka tawarkan. Yuk kita lihat jenis produk tabungan yang paling populer!

1. Tabungan Reguler

Ini adalah jenis tabungan paling umum yang ditawarkan oleh bank. Kamu bisa menyimpan uang dengan aman di bank yang terdaftar sebagai anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Cocok sekali buat kamu yang punya tujuan keuangan jangka pendek atau dana darurat.

Di LINE Bank, kamu bisa buka tabungan online untuk menikmati fasilitas tabungan digital yang lebih mudah kamu akses dan pastinya aman! Kamu juga bisa, lho, dapet perolehan bunga dengan menyimpan uang di tabungan digital LINE Bank! 

2. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka memungkinkanmu menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu dengan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan reguler. Syaratnya, kamu harus setuju untuk tidak menarik dana tersebut sebelum jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. 

Nah, jenis tabungan ini bisa kamu pilih jika memiliki rencana keuangan jangka menengah hingga panjang. Cocok untuk kamu yang ingin mengamankan uang dengan risiko yang minim.

3. Tabungan Pendidikan

Kamu punya rencana masa depan pendidikan yang baik bagi buah hati kelak? Produk tabungan inilah yang kamu butuhkan, karena khusus tersedia untuk memenuhi tujuan pendidikan, seperti biaya kuliah atau pendidikan anak. Tabungan pendidikan biasanya juga memiliki bunga yang kompetitif.

4. Tabungan Berencana

Bagi kamu, para nasabah yang ingin menyimpan uang secara teratur dengan jumlah yang tetap setiap bulan, tabungan berencana bisa menjadi pilih. Jika kamu menggunakan tabungan ini, tentu saja akan bisa membantumu dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti membeli rumah atau pensiun.

5. Tabungan Haji

Tabungan haji adalah produk khusus untuk biaya perjalanan ibadah haji bagi umat Islam. Kamu akan memiliki fasilitas penyimpanan uang secara berkala hingga mencapai jumlah yang diperluka untuk melaksanakan ibadah haji.

Karakteristik Produk Tabungan

  • Bertujuan untuk keuangan jangka pendek
  • Minim sekali risiko, bahkan nyaris tidak ada risiko apapun selama kamu bisa memastikan bank yang kamu tuju aman dan terdaftar sebagai anggota LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
  • Pertumbuhan nilai aset sangat lambat
  • Uang yang kita simpan bisa langsung kita tarik sewaktu-waktu.

Apa Saja Produk Investasi dan Karakteristiknya?

Investasi adalah salah satu cara yang cerdas untuk mengembangkan kekayaan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Nah, berikut ini beberapa pilihan produk investasi yang menjanjikan:

1. Saham 

Jenis investasi yang satu ini menjadi primadona. Saham merupakan jenis investasi di mana kamu membeli kepemilikan suatu perusahaan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang jika berinvestasi saham. Tertarik untuk membeli kepemilikan saham? Pastikan kamu melakukan riset dan paham betul soal investasi saham sebelum mulai, ya! 

2. Obligasi

Biasanya, dalam dunia bisnis obligasi sering kali kita dengar. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah. Obligasi biasanya memberikan pendapatan tetap dalam bentuk bunga, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih stabil daripada saham. Namun, tingkat pengembalian dan keuntungannya cenderung lebih rendah.

3. Reksa Dana

Reksa dana adalah wadah investasi yang mengumpulkan dana dari berbagai investor. Dana tersebut masuk ke dalam investasi dengan portofolio yang beragam. Misalnya seperti saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya. Kelebihan menggunakan reksa dana bagi para investor adalah kesempatan untuk berpartisipasi meski dengan modal yang lebih kecil.

4. Properti

Investasi properti adalah yang cukup populer dan paling akrab terutama bagi masyarakat awam. Berinvestasi properti berarti membelanjakan uangmu untuk membeli aset seperti rumah, apartemen, atau tanah. 

Tujuan awalnya bisa saja kamu gunakan sebagai hunian pribadi, namun seiring berjalannya waktu, jika kamu ingin menjual kembali properti yang dimiliki, kamu tetap bisa memperoleh keuntungan melalui apresiasi nilai properti di masa depan atau bahkan dengan menyewakannya. Kalau kamu cermat, properti bisa menjadi investasi jangka panjang yang stabil.

5. Emas

Investasi emas telah lama dianggap sebagai produk investasi yang aman dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dari generasi ke generasi. Harga emas akan terus naik seiring waktu, sehingga dapat melindungi nilai uang saat terjadi inflasi dan fluktuasi mata uang.

Karakteristik Produk Investasi

  • Bertujuan untuk kepentingan jangka panjang, karena tidak dapat cair secara mendadak
  • Pertumbuhan nilai aset sangat cepat
  • High risk, high return: memiliki risiko yang cukup tinggi namun sebanding dengan potensi keuntungan yang bisa kamu kantongi

Mana Lebih Baik, Menabung atau Berinvestasi?

Jika Sobat LINE Bank bertanya-tanya, jenis penyimpanan aset seperti apa yang sebaiknya dipilih? Nah, ini balik lagi pada tujuan keuanganmu, ya!

Kamu sudah mengetahui apa perbedaan antara tabungan dan investasi beserta jenis-jenis dan karakteristik masing-masingnya. Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan dengan target-target yang ingin kamu capai di masa depan.

Namun, keduanya seharusnya bisa saling melengkapi dengan komposisi yang menyesuaikan kebutuhanmu. Kamu harus tahu, kapan sebaiknya menabung, dan kapan sebaiknya melakukan investasi. 

Pelajari pula dengan lengkap mengenai risiko dan untung-rugi produk-produk investasi dan keuangan yang kamu pilih, ya!

Gimana, sudah siap untuk mulai belajar seputar keuangan, bisnis, dan investasi? Yuk, mulai dengan buka rekening digital LINE Bank sekarang dan langsung raih cuan berupa cashback sampai dengan Rp1.100.000 yang otomatis cair ke rekening kamu! Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang! Klik di sini.

Baca Juga: Menabung vs Investasi, Mana sih yang Lebih Penting?

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325