9 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Hi Sobat LINE Bank!

Belanja online emang kadang bikin nagih karena saking gampang dan satsetnya. Belum lagi kalau ada diskon dan promo yang sering bikin khilaf. Kemudahan ini kadang malah bikin kita lalai dan terlena, sehingga tidak sadar sudah jadi korban penipuan.

Jangan sampai kamu terjebak dalam tindak penipuan di dunia online shopping, ya, Sobat LINE Bank! Tetap waspada dengan memperhatikan tips belanja online agar tidak tertipu yang sudah LINE Bank rangkum khusus buat kamu. Yuk, terapkan supaya belanja online lebih aman dan nyaman!

Tips Belanja Online agar Tidak Tertipu

Belanja online membuatmu tidak bisa memperhatikan kondisi barang secara langsung, jadi perhatikan tips berikut supaya kamu lebih waspada agar tidak menjadi korban penipuan:

1. Memperhatikan Reputasi Toko

Pastikan kamu membeli belanjaan dari toko online yang sudah terpercaya, ya. Biasanya mereka memiliki reputasi baik dengan tanda adanya ulasan positif dari pembeli sebelumnya yang jumlahnya cukup banyak.

Selain itu, jika kamu berbelanja melalui marketplace, perhatikan apakah toko selalu aktif, berapa rating yang diperoleh untuk keseluruhan produk dan pelayanan, testimoni pelanggan, hingga umur toko. 

2. Periksa Keamanan Situs Web

Jika kamu berbelanja pada situs atau website milik si toko online, perhatikan keamanan situs tersebut. Keamanan situs website bisa kamu cek melalui alamat situs yang menggunakan protokol keamanan SSL.

Di sebelah kiri URL juga terdapat ikon kunci atau gembok kecil yang menunjukkan website tersebut menggunakan sertifikat keamanan, sehingga informasi yang kamu berikan akan dienkripsi.

3. Memilih Metode Pembayaran Resmi

Lebih baik pilih metode pembayaran yang aman, seperti kartu kredit atau melalui platform terpercaya rekening bersama. Artinya, ada pihak yang berada di tengah-tengah yang menjembatani transaksi penjual dan pembeli, seperti rekening bersama di marketplace. So, hindari bertransaksi langsung ke rekening bank yang diberikan penjual karena berpotensi penipuan. 

Nah, untuk memudahkanmu bertransaksi saat belanja online, kamu bisa melakukan transfer langsung dari rekening tabungan LINE Bank, lho! Cukup dengan buka tabungan online di LINE Bank, semua transaksi jadi aman dan mudah karena bebas biaya transfer, cek transaksi lebih praktis, sampai kemudahan pembayaran tagihan dan pulsa juga!

4. Cash on Delivery

Salah satu kekurangan berbelanja secara online adalah kamu tidak bisa mengecek barang yang akan dibeli secara langsung. Apakah spesifikasinya memang sesuai keinginan, apakah barang tersebut dapat berfungsi dengan baik, atau kualitas dari barang tersebut.

Demi menjamin kenyamanan dalam bertransaksi, kamu juga bisa memilih metode bayar di tempat atau cash on delivery (COD). Ini adalah salah satu cara yang cukup sering dilakukan pembeli untuk dapat memastikan kesesuaian dan kelengkapan barang sebelum melepas pembayaran pada penjual. 

5. Jaga Informasi Pribadi

Tips belanja online agar tidak tertipu berikutnya adalah memperhatikan keamanan informasi pribadi. Jangan pernah memberikan informasi pribadi yang sensitif, seperti nomor kartu kredit atau nomor identitas, kepada orang yang tidak kamu kenal. 

Jika kamu harus mencantumkan informasi tersebut pada website, situs, atau aplikasi jual-beli online, pastikan situs tersebut terpercaya dan memiliki kebijakan privasi yang jelas.

6. Jangan Terjebak Harga Murah

Penting, nih, untuk diperhatikan! Jika harga sebuah produk sangat jauh di bawah harga pasar, kamu boleh, kok, curiga. Apakah produk tersebut benar produk asli atau original, apakah memiliki izin edar, dan waktu kadaluarsa. 

Bisa jadi, kecurigaanmu memang benar. Barang yang mereka jual adalah barang rusak, cacat, atau palsu. Jadi, penting untuk melakukan check and re-check sebelum membeli dengan membandingkan harga ke toko lain.

7. Cermati Syarat dan Ketentuan

Setiap toko atau produk memiliki ketentuan dan persyaratan khusus terkait waktu pengiriman, pembatalan pesanan, masa garansi, waktu pengembalian, atau bahkan asuransi dan perlindungan khusus terhadap barang-barangnya.

Jika kamu sudah memahami syarat dan ketentuan, serta setuju untuk mengikutinya, kamu bisa melanjutkan transaksi. Jangan sampai kamu bertransaksi, namun belum memahami aturan yang berlaku di toko tersebut. 

Jika terjadi kerusakan atau kesalahan pada barang pesananmu, dan prosedur yang berlaku justru memberatkanmu sebagai pelanggan, maka kamu yang akan merugi.

8. Baca Deskripsi Produk

Sudah yakin dengan barang dan toko pilihanmu? Jangan lupa untuk membaca deskripsi produk. Pastikan barang yang akan kamu checkout memiliki spesifikasi, varian, ukuran, dan kelengkapan yang sesuai kebutuhan. 

Kalau informasinya kurang lengkap, kamu bisa langsung menanyakannya kepada penjual. Biasanya mereka akan dengan senang hati merespon pertanyaanmu. Kamu juga bisa menilai toko dari cara mereka melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan, lho.

9. Cek Paket dan Hapus Jejak Data 

Semua hal sepertinya sudah berjalan baik dan transaksimu juga lancar hingga barang sampai di tujuan. Nah, selanjutnya kamu harus memastikan bahwa paket yang kamu terima sesuai dengan pesanan.

Pastikan juga untuk menyelamatkan semua data pribadi yang tercantum pada paket yang kamu terima. Misalnya nama, nomor handphone, dan alamat, yang harus segera kamu hilangkan atau hapus sebelum membuang sampah bungkusan paket ke tong sampah.

Meski transaksi lancar, data-data tersebut dapat menjadi ancaman bagimu pada transaksi berikutnya. Bahkan, kamu juga bisa terjebak pada transaksi yang sama sekali tidak kamu lakukan. 

Keamanan dan kenyamanan kamu saat bertransaksi jual-beli secara online adalah prioritas utama. Jadi, perhatikan tips belanja online agar tidak tertipu di atas, ya! Selain itu, kamu juga bisa mempercayakan instingmu, jika sesuatu terasa mencurigakan, lebih baik hindari untuk bertransaksi di sana.

Supaya belanja online makin nyaman, kamu bisa bertransaksi dengan LINE Bank yang punya fitur notifikasi untuk semua transaksi yang kamu lakukan lewat m-Banking dan aplikasi LINE Bank di smartphone kamu. 

Yuk, langsung buka rekening digital LINE Bank sekarang dan dapatkan cashback sampai dengan Rp1.100.000 yang otomatis cair ke rekening kamu! Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang! Klik di sini.

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325