6 Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online

cara menggunakan kartu kredit untuk belanja online

Hi Sobat LINE Bank!

Kebiasaan belanja online memang bikin ketagihan karena kemudahan dan efektifitasnya. Akses internet yang terus tumbuh, program diskon dari e-commerce, hingga daya beli masyarakat yang meningkat, jadi salah satu faktor utama kenapa sistem perbelanjaan online subur banget saat ini. Ditambah pula dengan beragam pilihan pembayaran yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi. 

Salah satu sistem pembayaran yang sampai saat ini masih jadi favorit adalah pembayaran dengan kartu kredit. Kartu kredit menawarkan kemudahan seperti transaksi jadi lebih praktis, bisa dipakai di luar negeri, hingga kesempatan untuk merasakan benefit lebih yang khusus diberikan lembaga keuangan kepada para pemegang kartu kredit.

Nah, supaya kamu juga bisa bertransaksi dengan kartu kredit di e-commerce, berikut LINE Bank bagikan cara menggunakan kartu kredit untuk belanja online. 

Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online?

Kartu kredit bisa jadi salah satu metode pembayaran praktis. Simak informasi berikut tentang cara menggunakan kartu kredit di e-commerce:

1. Cek Reputasi Situs Belanja

Sebelum memulai belanja online, pastikan untuk memilih situs yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Periksa apakah situs tersebut memiliki sertifikat keamanan SSL (Secure Sockets Layer) untuk menjamin keamanan transaksi online kamu. Jangan mau diarahkan untuk bertransaksi atau memasukkan informasi pribadi apapun ke link dan situs yang mencurigakan, ya! Kejahatan bisa mengintai kapan saja, jadi selalu waspada dan hati-hati adalah kunci dalam bertransaksi secara online.

2. Tambahkan Informasi Kartu Kredit

Setelah masuk ke situs belanja incaranmu, kamu mungkin akan diarahkan untuk menjelajahi tools dan tombol yang berguna sebagai navigasimu ketika menjalah situs tersebut. Nah, kamu bisa menemukan informasi akun dan silakan tambahkan informasi kartu kreditmu ke akun belanja online. Caranya adalah dengan memasukkan nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan kode keamanan CVV.

3. Verifikasi Kartu Kredit

Umumnya, setelah mendaftarkan kartu kredit ke situs belanja online, kamu akan mendapatkan kode OTP atau One-Time Password yang dikirim ke nomor ponsel. Bisa juga melalui e-mail, atau bahkan aplikasi chat seperti WhatsApp. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan keaslian kartu kreditmu. Jadi, jangan lupa buat pantau terus notifikasi SMS atau e-mail, ya!

4. Pilih metode pembayaran

Setelah kartu kreditmu terverifikasi, kamu bisa mulai memilih produk dan memasukkannya ke dalam keranjang. Saat akan melakukan pembayaran, kamu akan diarahkan untuk memilih opsi metode pembayaran. Klik pembayaran dengan kartu kredit. Setelah itu, kamu  akan diminta untuk memasukkan detail kartu kredit seperti nomor kartu dan jumlah pembayaran.

5. Periksa Kembali Informasi Pembayaran

Sebelum menyelesaikan pembayaran, periksa kembali informasi pembayaran yang telah kamu masukkan. Pastikan nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan CVV sudah benar. Meski sebelumnya sudah berhasil melakukan verifikasi melalui kode OTP, tidak ada salahnya untuk lebih teliti supaya gak merugi. Pastikan juga nominal pembayarannya sudah tepat. So, penting banget untuk dicek-cek lagi perihal informasi pembayaran ini.

6. Jaga Keamanan Informasi Pribadi

Selalu ingat untuk menjaga keamanan informasi pribadi. Jangan membagikan informasi personal atau informasi mengenai kartu kredit kepada siapapun. Jangan memberikan kode OTP sembarangan, bahkan kepada pihak yang mengaku sebagai penyedia layanan kartu kredit. 

Nah, setelah membaca informasi di atas, kini kamu sudah siap menggunakan kartu kredit untuk belanja online di situs favoritmu! Sudah punya barang incaran?

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menggunakan kartu kredit untuk transaksi secara online dengan aman:

1. Menghubungi pusat bantuan atau call center di nomor terkait jika terdapat kendala dan membutuhkan bantuan, seperti menerima notifikasi transaksi yang tidak kamu lakukan atau menemukan aktivitas mencurigakan.

2. Hanya mendaftarkan satu kartu kredit untuk dipakai melakukan belanja online. Soalnya, peluang kebocoran data akan jadi lebih besar jika kamu punya banyak kartu yang terdaftar. 

3. Menjaga rahasia keamanan pribadi dengan tidak membagikan kode OTP dan CVV kepada siapapun, termasuk pihak yang mengaku berasal dari instansi keuangan atau perbankan terkait.

4. Bertransaksi di situs terpercaya.

5. Atur nomor atau kode PIN yang sulit ditebak, ya. Hindari menggunakan tanggal lahir, atau angka lainnya yang berhubungan dengan dirimu.

6. Bertransaksi menggunakan gadget pribadi dan hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik, ya! Jaga-jaga soal isu keamanan.

7. Simpan bukti pembelian atau receipt sebagai bukti jika terdapat kesalahan atau kekurangan terhadap barang yang dibeli.

8. Meningkatkan sistem keamanan gadget atau perangkat yang kamu pakai untuk bertransaksi. Misalnya dengan selalu memperbarui sistem keamanan perangkat lunak hingg memasang antivirus atau antispyware di perangkat.

9. Perbarui data dan informasi kamu, misalnya nomor ponsel dan e-mail agar lebih mudah dihubungi oleh pihak penyedia kartu jika terjadi sesuatu yang menyangkut keamanan dan kerahasiaan data.

Meski harus sedia pengamanan ekstra, kamu gak perlu khawatir untuk bertransaksi secara online. Apalagi kalau bertransaksi menggunakan fasilitas dan layanan keuangan dari LINE Bank! Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai penawaran dan promo menarik dari Kartu Debit LINE Bank dengan cashback 50% setiap bertransaksi di merchant favorit. Sst, kamu juga bakal dapet desain kartu debit spesial LINE Friends sesuai pilihan! Yuk, download aplikasi LINE Bank sekarang di App Store atau Playstore dan serbu semua promo menariknya!

tetap update sama LINE Bank yuk!

Baca Juga: 4 Tujuan Manajemen Keuangan Serta Manfaatnya

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323