Cara Menghitung Cost of Debt dan Rumusnya

Source: freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Pernah kepikiran gak, berapa banyak biaya yang harus keluar untuk menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan? Saking banyaknya, perusahaan sudah pasti melakukan berbagai cara untuk membiayai operasional agar terus berjalan. Salah satu biaya yang timbul dari upaya ini adalah biaya utang. 

Utang adalah kewajiban perusahaan yang harus selesai dan lunas sesuai perjanjian awal pinjaman. Namun, sebelum itu, perusahaan terlebih dahulu akan menghitung perkiraan biaya yang harus mereka kembalikan kepada kreditur. Alasannya, karena biaya pengembalian utang tidak hanya mencakup jumlah pokok utang, namun juga suku bunganya.

Perkiraan biaya tersebut akan kita ukur menggunakan metode cost of debt. Terus, gimana, nih, cara menghitung cost of debt sekaligus rumusnya biar bisa dapet perkiraan angkanya? Langsung aja simak informasi berikut, ya!

Apa Itu Cost of Debt?

Sebelum membahas mengenai cara menghitung cost of debt, yuk ketahui terlebih dahulu pengertiannya!

Cost of debt adalah sejumlah biaya atau kewajiban perusahaan yang harus mereka selesaikan karena adanya utang kepada kreditur atau penerbit obligasi. 

Kenapa perlu sebuah metode penghitungan? Soalnya, utang yang timbul biasanya bisa berasal dari pinjaman bank, di mana perusahaan tidak hanya mengembalikan pokok utang, namun juga bunga dan biaya tambahan lainnya yang timbul dari proses pencairan kredit.

Untuk itu, supaya perusahaan tahu perkiraan utangnya, kita akan gunakan metode cost of debt. Cara menghitung cost of debt adalah dengan menentukan beberapa variabel, yaitu biaya bunga utang, risiko kebangkrutan perusahaan, dan keuntungan pajak perusahaan karena utang yang dimiliki. 

Umumnya, para pengusaha yang melakukan pinjaman bank akan menghitung cost of debt sesudah pajak untuk mengurangi beban pajak perusahaan karena adanya pembayaran bunga. 

Berbeda dengan cost of debt yang berasal dari penerbitan obligasi. Perusahaan tidak membayarkan bunga, melainkan mengembalikan tingkat pengembalian hasil  atau required of return. Dari sisi investor, mereka akan melihat ini sama halnya dengan bunga yang mereka dapat sebagai imbalan investasi mereka atas nilai obligasi tersebut.

Mengapa Penting Menghitung Cost of Debt?

Jika kamu bertanya-tanya mengapa menghitung cost of debt itu penting, kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini, ya!

  • Alasan pertama mengapa perusahaa harus memahami dan menghitung cost of deb dengan benar, adalah agar biaya utang ini tidak merusak tatanan keuangan perusahaan.
  • Membantu perusahaan mengevaluasi efektivitas penggunaan modal utang.
  • Perusahaan dapat lebih mudah mengambil keputusan perihal utang-piutang. Misalnya, apakah mereka mampu mengambil utang baru atau tidak.
  • Cost of debt juga penting diketahui investor dan menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan mereka jika ingin berinvestasi di perusahaan tersebut.

Bagaimana Cara Menghitung Cost of Debt Perusahaan dan Rumusnya?

Sebelum menghitung cost of debt perusahaan, pahami beberapa hal ini terlebih dahulu, yuk!

1. Memahami Dasar Utang Bisnis

Kamu harus mengerti mengenai persyaratan pinjaman lembaga keuangan atau sumber pinjaman lainnya. Misalnya seperti suku bunga efektif, tanggal jatuh tempo, kewajiban yang harus dibayar, biaya pajak, hingga jenis pinjaman seperti pinjaman komersial, pinjaman berjangka, atau obligasi.

2. Pinjaman Komersial dan Pinjaman Berjangka

Pinjaman komersial adalah pinjaman yang berasal bank atau lembaga keuangan untuk perusahaan dengan tujuan komersial. Misalnya membiaya kegiatan bisnis, membeli aset, dan memperluas operasi. Pinjaman ini memiliki suku bunga dan jangka waktu pembayaran.

Sementara itu, pinjaman berjangka adalah adalah pinjaman yang jumlahnya, suku bunga, dan jangka waktu pinjaman telah ditentukan sebelumnya. Manfaat pinjaman berjaka biasanya untuk mendanai aset besar seperti rumah atau mobil. Pembayaran cicilan pinjaman ini jumlahnya akan tetap setiap bulannya.

Nah, yang harus kamu perhatikan saat menggunakan pinjaman ini adalah, bunga yang kamu bayarkan atas pinjaman dapat mengurangi pajak.

Selanjutnya, kamu bisa mulai menghitung cost of debt perusahaan dengan menggunakan rumus di bawah ini, ya!

Rumus Cost of Debt Sebelum Pajak

Sebetulnya, ada dua rumus utama untuk menghitung cost of debt. Ada rumus cost of debt sebelum pajak, dan ada yang setelah pajak. Untuk dapat mengetahui biaya utang sebelum pajak, kamu bisa melakukan perhitungan dengan rumus berikut:

Kd = Beban utang / utang jangka panjang

Kd adalah cost of debt, sementara beban utang adalah total bunga yang harus dibayarkan, dan jangka panjang merupakan total uang yang harus dibayarkan perusahaan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Rumus Cost of Debt Setelah Pajak

Biaya utang setelah pajak merupakan total biaya yang harus dibayar perusahaan untuk utang mereka setelah menghitung efek pajak. Berikut rumusnya:

Ki = biaya utang sebelum pajak x (1 – jumlah tarif pajak)

Ki adalah  cost of debt setelah pajak, biaya utang sebelum pajak adalah cost of debt sebelum pajak yang sudah dihitung sebelumnya, dan jumlah tarif pajak adalah tarif pajak perusahaan.

Cara Menghitung Cost of Debt

Setelah mengetahui rumus tersebut, yuk kita pindahkan ke dalam angka-angka berikut!

Sebagai contoh, perusahaan memiliki beban utang sebesar Rp. 70,000,000 dan utang jangka panjang Rp. 1,000,000,000 dan tarif pajak sebesar 25%. Berapa cost of debt sebelum pajak?

Kd = beban utang / utang jangka panjang

Kd = 70,000,000 / 1,000,000,000 = 7%

Setelah itu, hitunglah cost of debt setelah pajak dengan rumus yang sudah kita bahas di atas.

Ki = cost of debt sebelum pajak x (1 – tarif pajak)

Ki = 7% x (1 – 25%) = 5,75%

Setelah mengetahui hasil perhitungannya, kamu jadi lebih tahu cara mengelola utang bisnis dan akan membantu kamu mengambil keputusan terkait utang-piutang ke depannya bagi bisnis yang kamu miliki dan kelola.

Nah, Sobat LINE Bank sudah tahu belum, kalau kamu juga bisa mengajukan pinjaman dana di LINE Bank untuk berbagai kebutuhan, termasuk biaya operasional bisnis kamu! Yuk, segera buka rekening di LINE Bank dan ajukan Kredit Tanpa Agunan yang prosesnya mudah dan cepat! 

Jangan lupa buat intip juga berbagai promo menarik dari LINE Bank yang bisa kamu nikmati di sini!

Baca Juga: Terbiasa Hedon? Yuk Belajar dari 5 Fungsi Manajemen Keuangan Perusahaan

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323