6 Cara Mendapat Modal Usaha Tanpa Jaminan

6 Cara Mendapat Modal Usaha Tanpa Jaminan
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa ada dari kalian yang punya ide-ide hebat untuk membangun usaha? Pastinya keren banget, ya! Sayang banget kalau ide-ide keren itu engga terwujud kalau kaliana ada masalah keterbatasan modal.

Tapi, kalian engga ada jaminan agar dapat modal usaha?

Gak usah khawatirr! No worries! Di artikel ini kita bakal ngebahas tentang 6 cara mendapat modal usaha tanpa jaminan! Ayo baca artikel ini dan wujudkan ide cemerlang usaha kalian! Let’s gooo!

1. Tabungan Pribadi

Cara pertama adalah dengan menggunakan tabungan pribadi kalian. Mungkin kalian sudah punya tabungan sendiri. Entah dari menyisihkan uang jajan setiap minggunya atau hasil alokasi budget kalian setelah mendapat gaji dari bekerja. Either way, kalian bisa menggunakan tabungan pribadi kalian sekarang!

Memang sih, kalau kalian menggunakan uang ini kalian tidak akan dikenai bunga. Akan tetapi, kalian harus me-manage dana tabungan kalian dengan baik untuk usaha. Pastinya, kalian gak mau dong rugi dan uang yang kalian susah-susah kumpulkan begitu saja terbakar?

Walaupun dengan tabungan pribadi, dana kalian bisa saja terbatas, tapi gak apa-apa! Cobalah atur dengan baik atau kalian bisa mencoba usaha dengan modal kecil terlebih dahulu! Oh ya, jangan lupa untuk tetap melihat peluang di pasar ya!

2. Pinjam dari Orang Tua dan Saudara

Mungkin, pilihan ini salah satu pilihan yang bakal membuat kalian merasa engga enak hati. Tapi, pilihan ini bisa dilakukan kalau modal dari tabungan saja tidak cukup untuk usaha.

Iya sih, engga enak, takut ngerepotin, dan takut bisa jadi pemicu konflik keluarga.

Tapi, sebelum kalian mundur dan tidak bilang. Kalian bisa mencoba untuk mengutarakannya terlebih dulu. Minimal cobalah dulu sekali dibanding tidak sama sekali! 

Kalian harus jujur kepada keluarga kalian, tentang usaha apa yang ingin kalian geluti, bagaimana peluang di pasar untuk prospek ke depannya, dan lain-lain.

Apabila keluarga kalian memberikan beberapa pertanyaan, kalian bisa coba menjawabnya. Apabila kalian tidak bisa, artinya kalian bisa menjadikan itu sebagai feedback sekaligus evaluasi agar usaha kalian lancar sebagai pikiran bahwa bisa saja kejadian yang disebutkan terjadi.

Sebagai bentuk itikad baik, kalian bisa membuat kontrak yang berisi kewajiban dan hak masing-masing pihak bila kalian mendapatkan persetujuan dari keluarga.

3. Kredit Tanpa Agunan

Bila kalian juga tidak bisa dengan dua opsi di atas, no worries, kita masih menyediakan pilihan lain, kok! Pilihan selanjutnya adalah dengan mengajukan kredit tanpa agunan. Kredit tanpa agunan atau KTA ini ga mewajibkan kalian buat ngasih jaminan pinjaman kok!

Bicara soal KTA, LINE Bank juga punya lho. Pinjaman KTA LINE Bank ini mempunyai bunga rendah mulai dari 0.88% dan limit pinjamannya bisa sampai Rp.300.000.000 lho! Kalian juga gak usah khawatir karena kita ga mewajibkan agunan! Cukup dengan KTP, kalian bisa memproses KTA ini dengan mudah dan cepat, kalian bisa mewujudkan usaha di bayangan kalian! Yuk, gabung sekarang dan wujudkan mimpi kalian!

4. Koperasi Simpan Pinjam

Cara mendapat modal usaha tanpa jaminan selanjutnya adalah dengan menggunakan koperasi simpan pinjam. Koperasi adalah lembaga keuangan yang bertindak untuk mensejahterakan rakyat. Kalau kalian ingin meminjam di koperasi, caranya kalian tinggal mendaftar sebagai anggota koperasi ke koperasi terdekat kalian. Lalu, ikuti aturannya seperti membayar simpanan wajib dan pokok!

Namun, meskipun mudah dan memiliki bunga yang rendah, setiap koperasi memiliki kebijakannya sendiri dan mungkin akan berbeda dari satu koperasi dan koperasi lainnya. Jumlah pinjaman dari koperasi juga lebih kecil. Jadi, sebaiknya kalian cari tahu terlebih dahulu, ya! Jangan lupa untuk mengecek apakah koperasi itu asli atau koperasi bodong.

5. Peer to Peer Lending

Peer to peer lending juga bisa disebut dengan P2P lending adalah metode yang bisa kalian gunakan di platform aplikasi perusahaan fintech.

P2P lending ini digunakan untuk para pemilik modal yang ingin berinvestasi dan mendapatkan untung namun tidak memiliki waktu maupun kapabilitas untuk melakukannya. Platform ini juga digunakan oleh para wirausahawan yang membutuhkan modal untuk memulai maupun mengembangkan usahanya. Sehingga terjadi mutual interest di antara keduanya.

Memang syaratnya akan bervariasi. Namun, biasanya kalian hanya perlu KTP, NPWP, slip gaji, dan kartu keluarga. Jangan lupa pastikan bahwa platform tersebut resmi dan legal ya, guys!

6. Kredit Usaha Rakyat

Terakhir adalah kalian bisa menggunakan kredit usaha rakyat atau KUR. Pinjaman ini disediakan oleh pemerintah untuk membantu para penggiat usaha. Hal ini dikarenakan pemerintah sadar bahwa UMKM bermain peran yang cukup besar dalam menggerakan perekonomian negara.

Syarat dan ketentuan KUR akan bervariasi tergantung kepada bank yang menyelenggarakannya. Akan tetapi, biasanya waktu jatuh temponya cukup lama dan bunganya rendah. Namun, KUR tidak mudah diterima dikarenakan banyak pengusaha dan wirausahawan yang mengajukannya. Akibatnya, seleksi persetujuan pinjaman KUR jadi lebih ketat. Pastikan kalian memiliki usaha yang lain, prospek jangka panjang, dan potensi usaha yang tinggi, ya!

Nah, itu dia 6 cara mendapat modal usaha tanpa jaminan! Tidak memiliki jaminan bukan berarti kalian tidak akan mendapatkan modal. Semoga artikel ini bisa membantu  kalian untuk mewujudkan usaha impian kalian nantinya, ya!

Oh ya, untuk semakin membantu mewujudkan usaha kalian, bila kalian menggunakan pinjaman tanpa agunan dari LINE Bank, ada promo menarik lho. Contohnya promo cashback hingga Rp. 2.000.000 ini! Ayo buruan daftar sebelum promonya habis setelah tanggal 31 Oktober 2023!

Baca juga: Pinjaman Online untuk Mahasiswa Tanpa Jaminan di LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323