Berapa Lama Proses Pencairan Pinjaman Bank? Cek Waktunya!

berapa lama proses pencairan pinjaman bank
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Pinjaman kalian sudah di acc oleh pihak bank tapi, belum ada kepastian kapan cairnya? Padahal kalian sedang kepepet? Duh, memangnya berapa lama proses pencairan pinjaman bank sih? Nah, kalau kalian sedang bertanya-tanya seperti itu, kalian gak usah risau! Kita bakal kasih tau berapa lama pinjaman itu bisa cair! Yuk di simak!

Proses Pencairan Pinjaman

Untuk proses pencairan kredit yang diajukan oleh nasabah, biasanya bank atau lembaga pemberi kredit memiliki kebijakan masing-masing. Proses pencairan pinjaman itu bisa meliputi verifikasi data nasabah oleh bank. Seperti apakah data yang diberikan sudah benar dan apakah si nasabah bisa membayar pinjamannya?

Walau sudah masuk zaman digital, sehingga banyak bank yang memprosesnya secara otomatis, tapi, ada juga lho beberapa bank yang masih menggunakan cara tradisional! Oleh karena itu, proses cairnya akan lebih lama.

Akan tetapi, rata-rata bank memiliki proses pencairan selama 7 hingga 14 hari kerja. Periode ini mencakup dari pengajuan hingga pencairan dana. Nah, kalau kalian gak mau nunggu lama-lama, bisa lho kalian memakai Quick Credit LINE Bank! Kalian gak bakal daftar lama dan pencairannya bakal cepet juga kok! Instan dan bisa diakses 24/7, lho! Yuk gampang banget caranya tinggal klik banner di bawah ini!

Kenapa Pinjaman Lama Cair?

Setelah mengetahui waktu kerja proses pinjaman, kalian penasaran gak sih, selain faktor di atas, kenapa bisa prosesnya lama? Ini dia beberapa hal yang menyebabkan pinjaman kita lama cair lho! Apa aja, sih? Yuk, simak baik-baik!

1. Kurang Melengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

Memenuhi persyaratan adalah hal yang penting untuk mengajukan pinjaman ke bank. Nah, kalau syarat kalian tidak lengkap, kemungkinan besar pula bank tidak akan memberikan dana kepada kalian! Oleh karena itu, sebaiknya kalian coba cek lagi, apakah ada persyaratan yang kurang atau tidak memenuhi?

Dokumen yang dijadikan syarat oleh bank berbeda-beda tergantung pada kebijakan bank tersebut. Akan tetapi, pada umumnya dokumen yang diwajibkan untuk mengajukan pinjaman adalah:

  • Kartu Identitas seperti KTP
  • Slip gaji
  • Rekening tabungan tiga bulan terakhir
  • NPWP
  • Surat rekomendasi perusahaan untuk WNA
  • Foto kopi kartu kredit, bila pinjaman mensyaratkan kartu kredit

2. Skor Kredit yang Rendah

Selanjutnya adalah skor kredit yang rendah. Semakin rendah skor kredit yang kalian miliki, maka akan semakin ragu bank untuk mempercayakan dananya untuk dipinjam oleh kalian. Kalau kalian tidak tahu berapa skor yang kalian miliki, kalian bisa coba cek di Idepku OJK untuk mengetahuinya! Jika rendah, pastikan untuk menaikannya, ya! Kalau kalian belum tahu cara menaikannya, kalian bisa cek bagaimana cara menaikan skor kredit kalian di sini!

3. Informasi yang Tidak Sesuai

Mengetahui informasi tentang calon peminjam adalah hal yang krusial untuk bank. Informasi calon peminjam akan menunjukan apakah kalian bisa membayar pinjaman kalian atau apa resiko yang ditanggung oleh bank ketika meminjamkannya untuk kalian.

Sebelum memberikan dananya kepada calon nasabah, tentunya bank melakukan survey kepada diri kalian, lalu dari data yang kalian berikan, bank akan melakukan cross check.

Jadi, pastikan informasi yang kalian berikan kepada bank itu tepat, akurat, dan benar, ya, guys! Jangan memalsukan data kalian ya!

4. Pinjaman dengan Cicilan di Luar Kemampuan

Untuk mengantisipasi terjadinya gagal bayar, tentunya pihak bank juga menerapkan minimal gaji si calon nasabah. Nah, bank akan mengkalkulasikan ini untuk memastikan pembayaran utang lancar ke depannya. Kalau di lihat kalian tidak bisa membayar dengan cicilan yang di ajukan, bank tidak akan menerima pengajuan utang!

Sebagai tips juga, bila kalian ingin meminjam ke bank, pastikan kalau kalian bisa membayar cicilan tiap bulannya, ya! Maksimal pembayaran utang jika bisa adalah 30% dari gaji kalian. Hal ini dilakukan supaya kalian masih bisa memenuhi kebutuhan keseharian kalian meski harus membayar cicilan!

Misalnya, gaji kalian sebulan adalah 5.000.000. Nah maksimal cicilan yang kaliian bisa ajukan adalah 1.500.000. 

5. Meminjam di Tempat Lain

Tentunya, bank tidak ingin terjadi gagalnya pembayaran utang. Nah, kalau kalian punya kewajiban pembayaran cicilan pinjaman di tempat lain, bank akan menganggap ini sebagai salah satu resiko terjadinya gagal bayar. Jadi, jika bisa kalian sebaiknya melunaskan pembayaran kredit terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit lagi, ya!

Ingin Pinjaman Cepat Cair? Pakai Quick Credit LINE Bank!

Jadi, kalau kalian enggak mau mikirin berapa lama proses pencairan pinjaman bank untuk sampai ke tangan kalian, kalau kalian sedang kepepet ataupun sedang butuh pinjaman yang cepat cair, kalian bisa menggunakan pinjaman bank online yaitu Quick Credit LINE Bank! Kalian enggak perlu panas-panasan keluar, kalian bisa ajukan pinjamannya di rumah, lho! Enggak ribet kok, kalian cuma butuh E-KTP, dan sat set selesai deh!

Jangan khawatir soal akses dana, karena aksesnya bisa 24/7! Enggak cuma itu, limit pinjamannya bisa sampai Rp. 300.000.000 lho! Dimana lagi bisa dapat pinjaman aman, legal, terpercaya, dan cepat cair? Oh ya, jangan kalau kalian pakai Quick Credit, bakal banyak banget promo yang bisa kalian gunakan! Yuk, gabung LINE Bank dan dapatkan berbagai keuntungannya sekarang!

Baca juga: Mau Ajukan Pinjaman? Yuk Kenali Ciri-Ciri Jasa Keuangan yang Dapat Dipercaya dan Legal
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325