Mau Ajukan Pinjaman? Yuk Kenali Ciri-Ciri Jasa Keuangan yang Dapat Dipercaya dan Legal

ciri ciri jasa keuangan

Hi Sobat LINE Bank,

Kamu, mau mengajukan pinjaman? Sebelumnya, penting banget nih untuk memahami ciri-ciri jasa keuangan yang dapat dipercaya dan legal. Ciri-ciri tersebut menjadi landasan untuk memastikan bahwa kamu bekerja sama dengan lembaga keuangan yang bisa memberikan layanan dengan integritas dan keamanan yang terjamin. Nah, untuk mengetahui apa saja ciri-cirinya, yuk simak informasi lengkap di bawah ini. 

Ciri-Ciri Jasa Keuangan yang Dapat Dipercaya dan Legal

Ciri-Ciri Jasa Keuangan yang Dapat Dipercaya dan Legal

Penting bagi Sobat LINE Bank memilih jasa keuangan yang bisa diandalkan dan legal agar bisa menjalankan aktivitas keuangan dengan aman dan percaya diri. Dalam menentukan pilihan, ada beberapa ciri-ciri yang harus diperhatikan untuk memastikan lembaga keuangan tersebut memenuhi standar yang diperlukan. Mari simak apa saja ciri-ciri jasa keuangan yang bisa dipercaya berikut ini. 

1. Terdaftar di Otoritas yang Berwenang

Jasa keuangan yang bisa dipercaya dan legal harus terdaftar di otoritas yang berwenang. Otoritas seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia memiliki peran vital dalam mengawasi dan mengatur lembaga keuangan. 

Pendaftaran ini menandakan lembaga keuangan tersebut beroperasi sesuai dengan peraturan dan standar yang telah ditetapkan. Kehadiran otoritas yang berwenang memberikan keyakinan bahwa jasa keuangan tersebut telah memenuhi persyaratan yang diperlukan.

2. Transparan dalam Biaya dan Kebijakan

Jasa keuangan yang bisa dipercaya dan legal harus menonjolkan transparansi dalam biaya dan kebijakan. Informasi terkait biaya administrasi, bunga, serta syarat dan ketentuan dalam kontrak harus jelas dan mudah dipahami. Transparansi ini memberikan kepastian kepada Sobat LINE Bank mengenai total biaya yang akan ditanggung dan mencegah munculnya ketidakjelasan yang merugikan. 

Baca Juga: 4 Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional

3. Memiliki Reputasi Baik

Jasa keuangan bisa dikatakan dapat dipercaya saat mendapatkan respons positif dari pengguna lainnya, sehingga meningkatkan reputasi lembaga tersebut. Reputasi ini mencerminkan lembaga keuangan tersebut telah memberikan layanan yang memuaskan dan sesuai dengan harapan konsumen. 

Kamu bisa melakukan pengecekan reputasi melalui sumber-sumber tepercaya seperti situs web resmi, forum diskusi, atau media sosial. Reputasi yang positif menjadi indikator lembaga keuangan dalam memberikan layanan yang berkualitas.

4. Sertifikasi atau Lisensi Resmi

Keberadaan sertifikasi atau lisensi resmi juga merupakan ciri jasa keuangan yang bisa dipercaya. Sertifikasi ini menunjukkan lembaga keuangan telah melewati uji kepatuhan dan telah diakui secara legal. Sobat LINE Bank bisa memverifikasi keberadaan sertifikasi ini sebagai langkah tambahan untuk memastikan bahwa lembaga keuangan tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak berwenang.

5. Transparansi dalam Proses Pengaduan dan Penyelesaian Masalah

Jasa keuangan harus menunjukkan transparansi dalam proses pengaduan dan penyelesaian masalah. Dalam hal ini, kamu harus memiliki akses yang mudah untuk mengajukan keluhan, dan lembaga keuangan tersebut harus memiliki mekanisme yang transparan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan adil. Ini membantu membangun kepercayaan lembaga keuangan tersebut dalam menghargai masukan dan kebutuhan nasabahnya. 

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Pinjaman Online Legal yang Harus Diketahui

promo LINE Bank

Cara Ajukan Pinjaman di LINE Bank

Cara Ajukan Pinjaman di LINE Bank

Sekarang kamu sudah tahu apa saja ciri-ciri jasa keuangan yang bisa dipercaya dan legal. LINE Bank sendiri termasuk lembaga keuangan yang bisa kamu percaya, karena telah memenuhi persyaratan serta ciri-ciri di atas. Lalu, gimana cara ajukan pinjaman di LINE Bank? Caranya mudah kok, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Rekening di LINE Bank

Sebelum mengajukan pinjaman, langkah awal yang harus diambil adalah membuka rekening di LINE Bank dulu. Proses pendaftaran rekening LINE Bank terbilang cepat, persyaratannya mudah dipenuhi, dan nggak ada biaya administrasi yang dikenakan.

2. Berikan Data yang Valid

Untuk memastikan persetujuan pengajuan pinjaman dengan cepat, penting untuk memberikan data secara akurat. Informasi yang harus diisi meliputi besaran gaji atau pendapatan, status karyawan, alamat rumah, data keluarga, dan informasi personal lain yang diperlukan.

3. Punya Riwayat Perbankan yang Positif

Perhatikan juga riwayat cicilan perbankan atau yang dikenal dengan BI checking. Pastikan seluruh cicilan sebelumnya telah lunas dan dibayarkan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Keterlambatan dalam pembayaran cicilan bisa berdampak buruk pada catatan perbankan, sehingga bisa menghambat kemungkinan mendapatkan pinjaman pada masa depan.

Baca Juga: Mengenal 5 Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

4. Syarat Pengajuan Pinjaman

Mengajukan pinjaman memerlukan pemahaman yang baik terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi agar proses pengajuan bisa berjalan lancar. Ada pun persyaratan pengajuan pinjaman di LINE Bank sebagai berikut. 

  • Sudah memiliki akun di LINE Bank.
  • Usia minimal 21 tahun pada saat mengajukan, dengan batas maksimal 55 tahun saat pinjaman jatuh tempo.
  • Kewarganegaraan Indonesia harus terverifikasi melalui e-KTP.
  • Berbagai jenis pekerjaan dapat mengajukan pinjaman, termasuk karyawan (baik permanen maupun kontrak), pegawai pemerintah, wiraswasta, profesional, pekerja informal, ibu rumah tangga, mahasiswa, atau pelajar.
  • Domisili di Jabodetabek, Lebak, Pandeglang, Serang, Cilegon, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Bandung, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sobat LINE Bank bisa mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan di LINE Bank dengan proses yang sangat mudah dan nggak dikenakan biaya admin lho. Proses pengajuannya juga cepat dengan limit maksimal Rp300.000.000. 

Untuk mengetahui berapa cicilan yang perlu kamu bayarkan setiap bulannya, kamu bisa melakukan simulasi cicilan pinjaman melalui aplikasi LINE Bank. Kalau begitu, tunggu apalagi? Download aplikasi LINE Bank dan ajukan pinjaman dengan mudah dan cepat. LINE Bank juga menawarkan promo untuk kamu pengguna baru yang buka rekening dan deposito. Yuk cek promo-promo terbaru LINE Bank sekarang juga!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325