Berapa Lama Bunga Deposito Cair? Yuk Cek Di Sini!

Berapa lama bunga deposito cair?
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa ada dari kalian yang melakukan investasi atau sedang bingung mau pilih investasi mana yang cepat cair?

Nah, gak usah khawatir, di artikel kali ini, kita bakal membahas salah satu instrumen investasi yaitu deposito! Hal-hal seperti; berapa lama bunga deposito cair? Bagaimana cara mencairkan bunga deposito? Kita bakal kupas disini, yuk baca terus!

Apa itu Deposito

Sebelum kita ngebahas lebih lanjut, sebaiknya kita kenalan sebentar sama deposito, gak sih? Deposito adalah salah satu instrumen untuk melakukan investasi. Deposito mirip dengan tabungan, akan tetapi, biasanya bunga yang ditawarkan oleh bank lebih besar dibandingkan ketika menabung. Akan tetapi, berbeda dengan tabungan yang biasanya, deposito memiliki waktu tersendiri kapan kita bisa mencairkannya.

Berapa Lama Bunga Deposito Cair

Deposito biasanya memiliki jangka waktu yang pendek. Umumnya, bunga deposito dapat dicairkan pada kisaran dari bulan ke 1, 3, 6, 12, dan bahkan ada yang menawarkan hingga 24 bulan. Hal ini tergantung pada kesepakatan kalian dan pihak bank pada saat perjanjian deposito. Jadi, kalian tidak akan bisa mencairkan deposito tersebut sebelum jangka waktunya berakhir.

Bagaimana Cara Mencairkan Bunga Deposito

Untuk mencairkan deposito caranya gampang banget kok. Biasanya, tedapat 2 cara untuk mencairkan bunga deposito yaitu:

Secara Online

Di zaman sekarang, ada beberapa bank yang menyediakan layanan untuk menarik deposito secara daring lho. Cara menarik deposito secara online adalah:

  1. Pergi ke website bank yang bersangkutan atau mengunduh aplikasi bank tersebut
  2. Mencari bagian menu deposito di website atau aplikasi
  3. Ikuti instruksinya

Secara Offline

Kalau kalian lebih memilih untuk datang ke bank untuk mencairkan deposito, bisa juga kok! Caranya adalah:

  1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti; sertifikat deposito, buku tabungan, KTP, NPWP, Materai 10.000
  2. Pergi ke bank
  3. Mengambil nomor antrian dan menunggu hingga dipanggil
  4. Berikan dokumen yang disiapkan tadi kepada petugas bank
  5. Menunggu petugas bank memproses dana deposito yang ingin kalian cairkan
  6. Menerima slip pencairan deposito dari petugas bank
  7. Menanda tangani slip pencairan dana dan bunga deposito dari petugas bank
  8. Menunggu bank mentransfer dana dan bunga hasil dari pencairan deposito

Tips Memilih Deposito untuk Pemula

1. Melihat Reputasi Bank

Hal pertama adalah melihat dari reputasi bank. Apakah bank tersebut memiliki likuiditas yang aman, sistem keamanan yang aman, ataupun pelayanan yang baik. Oleh karena itu, kalian akan merasa aman untuk menitipkan uang untuk didepositokan oleh bank tersebut.

2. Suku Bunga

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan suku bunga. Semakin tinggi suku bunga deposito tersebut, maka akan semakin besar bukan keuntungan kalian? Oleh karena itu, sebaiknya kalian melakukan research terlebih dahulu. Nah, kalau kalian sedang cari deposito dengan suku bunga cukup tinggi, gak perlu jauh-jauh, karena di LINE Bank kalian bisa dapetin bunga deposito sebesar 6% lho!

3. Jangka Waktu

Faktor yang dijadikan pertimbangan berikutnya ialah jangka waktu deposito tersebut. Pertama kalian harus apasih tujuan kalian melakukan investasi deposito ini? Dalam jangka waktu berapa lama, uang kalian akan ditaruh di bank tanpa di ganggu gugat. Misal, kalian berinvestasi untuk tabungan pendidikan 1 tahun lagi.

Maka, sebaiknya, kalian memilih deposito dengan maksimum jangka waktu yaitu 12 bulan. Sebab, sebisa mungkin, kalian jangan sampai menarik dana sebelum jatuh tempo.

4. Biaya Deposito

Tidak lupa, kalian juga harus memikirkan biaya dari deposito tersebut. Misalnya, pajak. Ketika kalian akan menerima hasil deposito tersebut, kalian akan dikenakan pajak, sehingga keuntungan tersebut akan terpotong. Kalian juga harus mempertimbangkan apabila terdapat penalti atau tidak, apabila kalian menarik deposito sebelum jatuh tempo.

5. Fitur Deposito

Tidak kalah penting yaitu fitur deposito. Untuk pemula, kalian bisa menggunakan sistem automatic roll call, dimana apabila kalian tidak mencairkan deposito tersebut ketika jatuh tempo, maka akan diperpanjang dengan otomatis. Dengan fitur ini, uang kalian akan terakumulasi secara otomatis sehingga kalian tidak perlu pusing-pusing memikirkannya.

Rekomendasi Deposito LINE Bank

Nah, kalau kalian sedang mencari deposito, kalian bisa banget nih menjadikan deposito LINE Bank sebagai pilihan.

Kalau menggunakaan layanan deposito LINE Bank, kalian gak usah khawatir soal bagaimana caranya mencairkan deposito. Karena deposito LINE Bank bersifat fleksibel. Kalian bisa mengakses lewat aplikasi LINE Bank jadi bisa darimana saja dan kapan saja!

Terus, berapa lama bunga deposito cair? Di LINE Bank, Kalian juga bisa menentukan opsi jatuh tempo mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Fleksibel banget kan?

Lalu, kalau misal ada sebuah kejadian yang membuat kalian butuh mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, kalian gak perlu risau bakal dikenakan denda atau penalti, karena kalian hanya akan diberikan suku bunga tabungan. Mantap, bukan?

Gak hanya berhenti disitu, kalau kalian menggunakan deposito dari LINE Bank, bisa saja kalian mendapatkan suku bunga hingga 6% lebih tinggi dari tabungan per tahunnya!

Untuk memulai, deposito di LINE Bank start from Rp. 1.000.000, lho! Cukup rendah kan? Dengan sistem Automatic Roll Over, ini bakal cocok banget buat kalian yang ingin mencoba deposito.

promo special akhir tahun LINE Bank
Source: https://linebank.co.id/id/promo/30011

Psst, mumpung lagi ada promo kalau kalian buka tabungan deposito LINE Bank! Bisa dapat cashback hingga Rp. 250.000 lho!

Yuk, tunggu apalagi? Ayo mulai menabung dan berinvestasi dengan LINE Bank sekarang dan dapatkan keuntungannya sekarang!!

Baca juga: 2 Cara Menghitung Bunga Deposito dengan Mudah
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323