Bagaimana Cara Gen Z Menabung Supaya Cepat Terkumpul

Cara Gen Z Menabung Supaya Cepat Terkumpul

Beragam kemudahan transaksi bisa kita rasakan di era digital ini, banyak yang memanfaatkan situasi ini terutama untuk Gen Z. Untukmu si Gen Z yang lahir dalam rentang 1997-2012 (menurut Beresfor Research) ini dimanjakan dengan kemudahan berbelanja, yang biasanya dibalut dengan promo diskon dengan angka yang cukup menggiurkan.

Belanja dengan diskon cukup membantu untuk berhemat, tapi jika terlalu sering akan berakibat negatif untuk keuangan si Gen Z menabung saat ini.

Jangan sampai ini terjadi sama kamu, ya. Kalau nggak punya strategi khusus serta dana darurat, kamu akan kesulitan di masa depan.

Oleh karena itu, penting banget belajar mengelola keuangan selagi muda dan produktif. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk Gen Z menabung supaya cepat terkumpul. Yuk, simak pembahasannya!

1. Catat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran bukan cuma penting. Kayaknya terkesan sulit mengelola keuangan dengan baik kalau misalnya kamu nggak tau berapa yang kamu habiskan setiap bulannya.

Dengan mencatat, kamu akan tahu apa saja yang sudah kamu belanjakan dan mana yang perlu dibatasi.

Kamu nggak perlu capek mencatat secara manual, cukup memantau mutasi rekening yang ada di apps, kamu bisa langsung cek pemasukan dan pengeluaran bulan ini.

Kalau ternyata pengeluaranmu lebih sering untuk membeli yang kurang penting, ini saatnya perketat pengeluaran.

2. Buat Rencana Belanja Bulanan

Setelah mengetahui pengeluaran bulanan, selanjutnya kamu perlu menyusun rencana belanja bulanan. Pastikan bahwa pengeluaran sesuai dengan pemasukan setiap bulan.

Namun, bukan berarti kamu nggak boleh ada anggaran untuk belanja lifestyle. Tujuan membuat rencana belanja adalah mendorong kebiasaan yang lebih baik. Kamu juga layak memberikan kesempatan untuk self-reward atas usahamu, asalkan masih sesuai pemasukan.

3. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Cara ini penting untuk melatih diri mengendalikan finansial. Daripada sering membayar dengan metode kredit, lebih baik bayar tunai untuk membayar belanjaan bernominal kecil.

Jika setiap bulan uangmu sebagian besar habis untuk membayar tagihan kartu kredit, kamu akan semakin sulit mencapai tujuan finansial.

Tentu saja kamu boleh punya kartu kredit, asal dipakai dengan bijak. Hanya gunakan untuk keperluan yang urgent, bukan yang disebabkan lapar mata sesaat.

4. Persiapkan Tabungan Dana Darurat

Jika ingin masa depanmu aman atau sewaktu-waktu butuh dana cepat tanpa harus ngutang, kamu butuh tabungan dana darurat.

Para financial advisor menyarankan besaran dana darurat adalah 6 kali dari penghasilan (jika lajang) atau 12 kali (jika sudah menikah). Namun, dalam situasi yang tidak pasti seperti sedang pandemi, besaran dana darurat bisa 2 kali lebih besar dari standar tersebut.

Kamu bisa menyisihkan 5% dari penghasilan untuk menabung dana darurat setiap bulan. Jadi, semisal gaji kamu Rp5 juta maka dana darurat yang ditabung setiap bulan adalah Rp250 ribu.

5. Mulai Menabung Dana Pensiun

Merencanakan masa pensiun perlu dilakukan sejak dini walaupun usiamu masih muda. Tujuannya, agar mandiri secara finansial di masa tua. Pasalnya, kebutuhan hidup bisa meningkat di masa mendatang dan kamu nggak bisa memastikan akan hidup hingga usia berapa.

Semakin dini kamu menabung dana pensiun, semakin banyak juga simpanan untuk hari tua. Karena itu, penting juga memiliki tabungan khusus dana pensiun.

6. Mulai Investasi

Masih ragu berinvestasi? Membiasakan diri untuk berinvestasi bisa jadi salah satu solusi keuangan lho, apa lagi dimulai sejak muda.

Dengan investasi, kamu berkesempatan mendapatkan dana yang cukup untuk masa depan. Selain itu, berinvestasi cocok untukmu yang ingin mencapai kebebasan finansial.

Sebelum membeli produk investasi, kamu harus bijak memilih mana produk yang sesuai dengan target jangka panjangmu. Untuk pemula, kamu bisa mulai dengan investasi deposito yang cenderung stabil. Hindari investasi dengan risiko tinggi, seperti saham.

7. Rutin Menabung, Tanpa Minimal Setoran Awal

Menabung secara rutin meski dari jumlah kecil akan sangat berguna buat masa depan. Bahkan, kini kamu bisa mulai menabung berapapun yang kamu mau tanpa setoran awal.

Nah itu dia cara Gen Z menabung supaya cepat terkumpul. Makanya yuk coba nabung di LINE Bank deh. Kamu bisa mulai nabung dengan setoran awal berapapun. Untuk buka rekening, caranya cukup mudah hanya menggunakan Hp tanpa harus datang ke cabang. Apalagi jika kamu baru pertama kali membuka tabungan dan menaruh penempatan dana pada deposito LINE Bank sebesar Rp 1.000.000 dan kamu akan mendapatkan cashback Rp 100.000.

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Alasan Utama Gen Z dan Milenial Stres!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295