Apa yang Mempengaruhi Limit Kartu Kredit? Ini 7 Faktornya

Hi Sobat LINE Bank!

Transaksi menggunakan kartu kredit terbilang cukup cepat dan simpel, karena memungkinkan kita bertransaksi hanya dengan satu kali gesekan kartu. Namun, penggunaan kartu kredit juga tentu ada limit atau batasannya, dan inilah yang sering kita sebut dengan limit kredit. Nah, faktor apa yang mempengaruhi limit kartu kredit tersebut? Berikut pembahasannya!

Apa Itu Limit Kartu Kredit?

Kalau sudah bicara terkait uang, bisnis, atau perbankan, kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah limit kredit. Salah satunya adalah fasilitas kartu kredit yang dapat membantumu mempermudah serta mempersingkat waktu transaksi hanya dengan menggesek kartu.

Namun, penggunaan kartu kredit juga memiliki batas maksimum transaksi yang bisa dibelanjakan. Inilah yang disebut dengan limit kartu kredit. Setiap kartu kredit memiliki limit yang ditentukan oleh bank atau lembaga keuangan penerbit kartu. Limit ini menunjukkan seberapa banyak uang yang dapat kamu pinjam dari bank untuk digunakan dalam pembelian barang atau jasa.

Apa yang mempengaruhi limit kartu kredit? Biasanya ada berbagai faktor, seperti pendapatan, kepemilikan utang, dan riwayat kredit. Bank biasanya akan menawarkan limit yang sesuai dengan kemampuan finansialmu sembari mempertimbangkan risiko yang terkait dengan pemberian limit tersebut.

Nah, yang perlu kamu ingat, limit kartu kredit bukanlah uang yang kamu miliki secara langsung, melainkan dana maksimum yang bisa kamu pinjam dari bank untuk dibelanjakan. Dana ini harus dibayar sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh bank. 

Apa yang Terjadi Jika Transaksi Melebihi Limit?

Namun, bagaimana jika transaksi yang kita lakukan melebihi limit kartu kredit? Kondisi ini disebut juga dengan over limit. Konsekuensinya, bank akan mengenakan biaya tambahan atau penalti. Bisa juga transaksimu ditolak, sehingga kamu tidak bisa melakukan pembelian atau pembayaran. 

Jadi, penting banget bagi kita untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan agar terhindar dari permasalahan keuangan. Pastikan juga kamu selalu membaca dan memahami syarat dan ketentuan kartu kredit sebelum menggunakannya, ya! 

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Overspending Saat Menggunakan Kartu Kredit

Mekanisme dan Cara Kerja Kartu Kredit

Kemudahan transaksi dengan kartu kredit diikuti dengan mekanisme kerjanya sebagai berikut:

1. Pendaftaran

Ajukan permohonan untuk mendapatkan kartu kredit melalui bank atau lembaga keuangan penerbit kartu. Bank akan mengevaluasi permohonan pengajuanmu sebelum menyetujuinya. 

Namun, di LINE Bank, kamu bisa mengajukan pinjaman bank online dengan quick credit dari LINE Bank. Persyaratannya mudah, prosesnya cepat, dan kamu bisa mendapatlan limit pinjaman hingga Rp300 juta! Kamu juga bisa mencairkan limit kredit dengan melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Prosesnya mudah dan cepat cair, lho!

2. Penggunaan

Setelah menerima kartu kredit, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pembelian di berbagai tempat yang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Kemudian, informasi kartu akan dikirim ke penyedia layanan. Mereka akan memproses transaksi tersebut dan memverifikasi keabsahan kartu serta ketersediaan limit.

3. Tagihan

Setiap bulan, bank sebagai penerbit kartu akan mengirimkan tagihan yang mencantumkan rincian transaksi yang telah kamu lakukan. Segera bayar tagihan tersebut sesuai dengan jadwal pembayaran yang ditentukan.

4. Bunga dan Biaya

Jika kamu tidak membayar tagihan kartu kredit penuh setiap bulan, kamu akan dikenakan bunga atas saldo yang belum terbayar atau sanksi lain yang ditentukan oleh bank. Selain itu, beberapa kartu kredit juga dapat mengenakan biaya tahunan atau biaya tambahan lainnya.

5. Pelunasan

Untuk menghindari bunga yang tinggi, kamu sebaiknya membayar tagihan kartu kredit penuh setiap bulan. Namun, jika kamu tidak dapat melunasi penuh, pastikan untuk membayar setidaknya pembayaran minimum yang sudah ditentukan oleh bank.

Faktor Apa yang Mempengaruhi Limit Kartu Kredit?

Masing-masing orang akan memiliki limit kartu yang kemungkinan akan berbeda antar satu sama lain, nah apa saja faktor yang mempengaruhi batasan kredit seseorang? Berikut penjelasannya!

1. Riwayat Kredit

Salah satu faktor yang mempengaruhi limit kartu kredit adalah riwayat kredit. Jika  riwayat kreditmu baik, yang berarti pembayaran dilakukan tepat waktu dengan pengelolaan utang yang baik, kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan limit yang lebih tinggi.

2. Pendapatan

Faktor berikutnya yang menentukan limit kartu kredit adalah pendapatan. Bank dan lembaga keuangan akan melihat jumlah pendapatanmu per bulan untuk memastikan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayar tagihan kartu kredit.

3. Utilisasi Kredit

Utilisasi kredit mengacu pada seberapa banyak dari limit kartu kredit yang telah kamu gunakan. Jika kamu sering menggunakan hampir seluruh limit kartu kredit, ini dapat mempengaruhi limit yang selanjutnya diberikan kepadamu.

4. Riwayat Pembayaran

Cara kamu membayar tagihan kartu kredit secara konsisten juga dapat mempengaruhi limit kartu kredit. Sering terlambat atau melewatkan pembayaran? Bank mungkin akan mempertimbangkan risiko yang harus mereka hadapi, sehingga mereka akan membatasi limit pada kartu kredit.

5. Jumlah Utang Lainnya

Jika kamu memiliki sejumlah utang lainnya, seperti pinjaman atau hipotek, maka limit kartu kredit juga akan terpengaruh. Bank akan mempertimbangkan total kewajiban keuanganmu saat menentukan limit.

6. Skor Kredit

Gambaran keseluruhan dari kondisi kesehatan finansialmu bisa terlihat dari skor kredit. Bank dan lembaga keuangan akan melihat skor kredit untuk menilai risiko yang terkait dengan memberikan limit kartu kredit.

7. Saldo Rekening

Saat mengajukan permohonan kartu kredit, bank akan meminta fotokopi rekening koran atau rekening tabungan untuk mengetahui jumlah saldo di rekening tersebut. Semakin besar saldo, maka akan semakin besar pula kepercayaan bank kepadamu, sehingga bank akan memberikan limit kredit yang lebih besar.

Semakin besar limit kartu kredit yang kamu miliki, semakin besar pula tanggung jawabmu untuk dapat mengelola keuangan dengan bijak saat menggunakan kartu kredit. Nah, semoga informasi mengenai faktor apa yang mempengaruhi limit kartu kredit di atas bisa menambah informasimu soal penggunaan kartu kredit, ya, Sobat LINE Bank!

Jangan ragu untuk mengajukan quick credit di LINE Bank dan rasakan banyak kemudahan serta beragam promo menarik yang tersedia! Tunggu apa lagi? Yuk, buka rekening tabungan LINE Bank sekarang!

Baca Juga: Apa Itu Limit Kredit Pada Kartu Kredit dan Paylater?

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325