6 Langkah Supaya Punya Kontrol Keuangan Kamu

Hi Sobat LINE Bank,

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk aman secara finansial, walaupun mencapainya terlihat lebih sulit. Salah satu langkah untuk bisa stabil dalam keuangan yaitu adanya kontrol keuangan kamu.

Apa sih Kontrol keuangan itu?

Kontrol keuangan adalah upaya mengelola keuangan yang meliputi aktivitas perencanaan, pengaturan, pengarahan, dan pengendalian aktivitas keuangan pribadi kamu.

Nah setelah kamu mengetahui pengertiannya, sekarang saatnya kamu mengikuti langkah berikut supaya punya kontrol akan keuanganmu, check it out~

6 Langkah Supaya Punya Kontrol  Keuangan Kamu

1. Buat Budget Plan

Kamu dapat memulai anggaran keuangan kamu dengan memilah antara pendapatan dan pengeluaran kamu.

Penting juga untuk menjabarkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, sehingga kamu tahu berapa banyak yang perlu ditabung. Menganalisis pengeluaran dan kebiasaan belanja saat ini berdasarkan kategori akan menunjukkan di mana kamu mungkin perlu melakukan perubahan untuk memenuhi tujuan.

Saat menyusun anggaran, salah satu opsi tambahan yang bisa dipertimbangkan adalah apa yang dikenal sebagai aturan anggaran 50/30/20 : Alokasikan 50% dari pendapatan setelah pajak untuk pengeluaran penting-sewa rumah, makanan, utilitas-30% untuk hal-hal yang Anda inginkan, dan 20% untuk tabungan.

2. Bangun “Financial Safety Net”

Memang terkadang hidup tidak bisa diprediksi, termasuk situasi yang membutuhkan dana cepat. Seperti untuk membayar biaya perbaikan mobil atau biaya medis yang tak terduga ada baiknya punya dana darurat. Membangun dana darurat akan membutuhkan waktu, tetapi berusahalah untuk menabung tiga hingga enam bulan biaya hidup saat ini. Simpanlah dana tersebut di rekening tabungan, atau seperti Rekening terpisah. Dengan menggunakan fitur Multi Rekening, kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

3. Lunasi Hutangmu

Menanggung utang, terutama dari kartu kredit, akan menguras keuanganmu jika kamu tidak bijak dalam penggunaannya. Buatlah rencana yang realistis tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melunasi tagihan kartu kredit dan pinjaman lainnya, lalu kurangi jumlah utang tersebut setiap bulannya. Mulailah dengan melakukan pembayaran ekstra pada kartu kredit dengan suku bunga tertinggi. Selanjutnya, hanya tagih tagihan yang bisa kamu bayar penuh setiap bulannya. Lakukan terus hingga kamu berhasil melunasi semua utang, kecuali pinjaman jangka panjang seperti KPR, yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melunasinya.

4. Berinvestasi untuk Masa Depan

Cobalah untuk menabung setidaknya 10% dari gaji kotor kamu setiap tahun untuk masa pensiun-dan lebih banyak lebih baik. Agar aman secara finansial, kamu harus menciptakan tabungan yang cukup besar untuk mendukung gaya hidup selama masa pensiun. Kamu bisa juga berinvestasi deposito, Apalagi nabung deposito LINE Bank aja! Bunga s/d 6%* p.a lho!

5. Menggunakan Shedule Transfer

Dengan menjadwalkan transfer tiap bulannya, kamu jadi tidak perlu khawatir pengeluaran rutin seperti membayar listrik atau transfer orang tua setiap bulan tidak terlewat. Karena secara otomatis mentransfer uang dari Rekening kamu, seperti sebagian dari gaji misalnya ke rekening tabungan. Jadi lebih teratur kan dalam mengelola pengeluaran kamu!

6. Re-Check your Goals

Setidaknya setahun sekali, tinjau kembali tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang kamu serta kemajuan yang telah dicapai. Mungkin adanya perubahan Goals? seperti menikah atau memiliki anak akan membuat kamu menetapkan prioritas tabungan baru. Atau mungkin kamu memutuskan untuk memajukan tanggal pensiun. Namun, ketika kamu mengubah peta jalan keuangan kamu agar sesuai dengan setiap tahap kehidupan kamu, komitmenmu untuk mencapai keamanan finansial harus tetap konstan. Mengevaluasi gambaran keuangan kamu secara teratur akan membantu kamu tetap berada di jalur yang benar dan memotivasi kamu untuk terus maju.

Nah itu dia mengenai 6 langkah supaya punya kontrol akan keuanganmu.

Kuncinya sih sebenernya ya biasakan saja menabung, apalagi sekarang menabung juga bisa menjadi fun karena banyak promo menarik yang ditawarkan seperti Buka tabungan LINE Bank dapat cashback hingga Rp 1,1 juta lho! Yuk coba sekarang, untuk informasi lanjut cek disini!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Hindari 4 Spending Habits Ini,Bikin Keuangan Nggak Sehat

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285