10 Cara Mudah Dalam Mengatur Budget Untuk Hobi Tanpa Menguras Dompet

10 Cara Mudah Dalam Mengatur Budget Untuk Hobi Tanpa Menguras Dompet

Hi Sobat LINE Bank,

Ditengah sibuknya aktifitas sehari-hari dan padatnya pekerjaan pasti sesekali ada waktu luang untuk menikmati hobi. Namun di balik asyiknya menikmati hobi tersebut, kamu juga harus bersiap-siap dengan biaya yang harus dikeluarkan loh. Hal ini dikarenakan terkadang, ada saja orang yang akan melakukan cara apa saja untuk mempertaruhkan segalanya supaya penyaluran hobinya terpuaskan. Jika sudah begini, hobi tidak lagi menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang, tetapi telah menduduki posisi prioritas teratas. Hal ini sudah pasti akan membebani anggaran bulanan. Untuk mengatasi hal tersebut, cek cara cara mudah dalam mengatur budget untuk hobi tanpa menguras dompet. Seperti apa sih kira-kira? Cek disini, Selamat membaca!

1. Batasi anggarannya

Perlu diketahui, tidak sedikit orang yang habis-habisan sampai rela menghabiskan banyak uang hanya untuk menyalurkan hobinya. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah jika kamu memiliki pendapatan yang besar. Namun, akan lebih bijak dan baik bagi kehidupan di masa mendatang, bila kamu bisa membatasi anggaran untuk hobi. Pastikan batasan anggaran tersebut konsisten setiap bulan. Contohnya, menetapkan anggaran untuk hobi 20 persen dari gaji. Jika tidak ingin mengalami kekacauan keuangan, pastikan kamu mematuhi batasan anggaran tersebut. Tidak kurang, tidak lebih, karena masih ada kebutuhan primer yang lebih penting untuk dipenuhi.

2. Hindari penggunaan kartu kredit untuk hobi

Pada dasarnya, kartu kredit akan sangat bermanfaat ketika digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun, kartu kredit sebaiknya tidak digunakan untuk menyalurkan hobi. Penggunaannya yang mudah dan praktis bisa jadi tidak terkontrol tanpa disadari, sehingga menguras kantong karena tagihan yang membengkak. Jika sudah begini, hobi yang awalnya untuk kesenangan justru menimbulkan kesengsaraan.

3. Pisahkan dari anggaran rutin bulanan

Syarat kondisi keuangan yang sehat sebenarnya harus memiliki rencana pengeluaran. Sebaiknya alokasikan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti biaya hidup sehari-hari, proteksi, investasi, dana cadangan kondisi darurat, dan cicilan pinjaman. Lantas, bagaimana bisa membiayai hobi? Jika pendapatan kamu pas-pasan, memang agak sulit mengalokasikan dana untuk hobi. Namun, kamu tetap dapat memasukkan biaya hobi pada anggaran biaya hidup sehari-hari. Tidak perlu banyak, yang penting hobi bisa tetap tersalurkan.

4. Tertib alokasi akan sangat menguntungkan

Saat kamu telah menganggarkan sesuatu, maka pengeluaran untuk itu akan jauh lebih berarti bagi kamu. Misalnya, seorang kolektor kartu baseball yang dapat membeli setiap kartu mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Tetapi, jika kamu menabung untuk membeli sesuatu berkaitan dengan hobi dan sudah lama diimpikan, pada akhirnya bisa membuat semuanya lebih menarik. Jangan lupa juga jika ternyata pada bulan ini kamu hanya membelanjakannya Rp200.000 maka simpanlah sisanya. Hanya karena kamu memiliki sisa uang yang dianggarkan, tidak berarti kamu harus membelanjakannya.

5. Berburu diskon dan promo

Saat ini banyak sekali e-commerce yang menawarkan berbagai promo dan diskon. Mereka berlomba-lomba memberikan diskon dan promo besar-besaran demi menggaet konsumen. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini demi memenuhi kebutuhan hobi kamu. Misalkan di salah satu e-commerce, ada hari dan tanggal khusus yang memberikan diskon untuk barang-barang kategori hobi. Aktifkan notifikasi ketika promo ini berlangsung sehingga kamu nggak bakal ketinggalan informasinya. Atau kalau kamu hobi nonton, manfaatkan aja promo yang kini banyak ditawarkan oleh pihak bank atau aplikasi dompet online.

6. Utamakan kualitas, bukan kuantitas

Barang-barang yang berkaitan dengan hobi umumnya punya harga yang mahal, berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Mengingat hal ini, jika memang kondisi keuanganmu tidak memungkingkan untuk membeli barang yang mahal, maka kamu tak perlu memaksakan diri. Coba deh cari barang dari brand lain yang memiliki kualitas hampir sama namun harganya jauh lebih murah. Atau bisa juga membeli barang second dengan kualitas yang masih bagus. Tapi kalau kamu memang sudah sangat menginginkan barang tersebut maka bersabarlah. Coba anggarkan tabungan setiap bulan supaya kamu bisa memiliki barang tersebut.

7. Hindari gaya hidup yang tak terkontrol

Self reward dengan sesuatu yang mahal itu boleh-boleh saja, apalagi kalau berhubungan dengan hobi. Meski demikian, jangan sampai kamu jadi kalap! Misalkan capek sedikit karena kerjaan sudah mau belanja untuk hobi atas nama self reward, padahal budget di anggaran sudah nggak ada. Kalau kamu terbiasa memanjakan diri, bisa-bisa uangmu habis tak tersisa. Kamu juga jadi pribadi yang susah mengontrol keinginan diri sendiri. Itulah mengapa sangat penting mengatur prioritas kebutuhan sesuai anggaran.

8. Bergaul dengan lingkungan yang tepat

Saat ini setiap hobi pasti punya komunitas tersendiri. Jadi sebaiknya pilih komunitas yang memiliki pola pikir, pengaturan keuangan, dan perilaku yang bijak. Jangan gabung dengan komunitas yang suka foya-foya dan impulsif. Percaya atau enggak, lingkungan sekitar itu sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan kemampuan kita dalam mengambil keputusan.

9. Jadikan hobi sebagai penghasilan tambahan

Siapa sih yang nggak mau menjalani hobi tapi dibayar sekaligus? Kamu bisa loh memanfaatkan hobimu ini sebagai salah satu ladang bisnis. Misalnya kamu punya hobi fotografi, sembari mengasah skill kamu bisa menyediakan jasa foto dengan harga bersahabat pada teman atau follower di sosial media. Atau kamu punya hobi masak, bisa dong mempromosikan produk masakan kamu di Instagram. Siapa tahu nanti ada teman yang berminat membeli makananmu. Lumayan kan, duit yang kamu dapat dari hobi ini nanti bisa digunakan untuk membeli kebutuhan hobimu juga.

10. Apa pun hobinya, miliki proteksi tambahan

Hobi memang bisa membuat hati gembira. Hati yang gembira juga faktor utama kesehatan tubuh kamu. Jangan sampai kamu larut dalam hobi, tetapi lupa menganggarkan proteksi tambahan, seperti asuransi, mengkonsumsi makanan sehat.

Nah itu dia mengenai cara mudah dalam mengatur budget untuk hobi tanpa menguras dompet. Supaya budget hobi kamu lebih terkontrol, yuk gunakan fitur multi rekening guna mengalokasikan atau memisahkan budget tersendiri untuk hobi. Fitur Multi Rekening, kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Apa itu Dana Darurat? Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285