Transaksi Aman Buat yang Suka Belanja Online!

Kamu pasti sudah gak asing dong dengan belanja online atau online shopping. Memang, belanja online dinilai lebih mudah dan menyenangkan dibanding belanja langsung karena lebih mudah, tidak perlu membuang waktu dan tenaga lebih, bisa dilakukan sambil rebahan yang cocok banget untuk kaum mager. Selain itu, belanja online juga kadang lebih banyak diskon dan promonya loh. 

Namun, dibalik tren baru online shopping, ada hal yang harus kamu perhatikan dan hati- hati dalam menggunakannya, yaitu ketika melakukan transaksi. Resiko yang biasanya terjadi ketika melakukan transaksi misalnya kamu bisa saja kena penipuan oleh orang- orang gak bertanggung jawab, data pribadi yang kecolongan dan lainnya. Kamu pasti ingin online shopping dengan nyaman dan aman dong. Biar online shopping lancar, yuk cek tips yang harus dilakukan ketika bertransaksi. 

Pastikan tempat belanja online terpercaya! 

Gunakan online shop atau marketplace yang memang sudah punya reputasi dan terpercaya. Untuk membuktikannya, kamu bisa membaca review atau testimoni dari orang-orang biar semakin yakin. Biasanya, mereka akan memberikan fasilitas keamanan yang lebih lengkap daripada marketplace yang abal-abal. Jangan sampai karena tergiur diskon dan promonya kamu jadi tertipu ya! Hati- hati guys! 

Perhatikan syarat dan ketentuan dari tempat belanja online 

Biasanya akan muncul syarat dan ketentuan ketika kamu memutuskan ingin membuat akun di marketplace biar bisa berbelanja dengan mudah. Nah, perhatikan apa saja ketentuan yang diberikan oleh marketplace, baca dengan hati-hati ya! Jika ada poin yang menyebutkan bahwa datamu bisa saja dibagikan kepada pihak lain, jangan bergabung! Selain itu, baca juga kebijakan dari marketplace dalam menyikapi barang yang rusak dan pengembalian barang, apakah mereka bisa membantu untuk bertanggung jawab atau tidak. Siapa tau, walaupun kamu diberikan barang cacat dan meminta tanggung jawab mereka tidak ingin. 

Pilih penjual dengan reputasi yang bagus 

Biasanya, ketika kita melakukan online shopping, ada pilihan penjual yang bisa dipilih dari melihat reputasi dan testimoninya. Biasanya, ini juga bisa dilihat dari bintang yang tertera di tokonya. Perhatikan juga sosial media yang dimiliki oleh toko jika ada ya guys, untuk melihat produk dan testimoni yang dia sediakan. Ketika kamu belanja, jangan lupa perhatikan indikator-indikator ini ya! Jika ada konsumen yang pernah memberikan testimoni kalau penjualnya penipu dan memberikan bukti- buktinya, maka kamu harus berhati-hati dan jangan belanja di tempat yang sama!  

Jangan mudah tergoda barang murah

Kalau kamu sering mendapat tawaran- tawaran menarik yang tidak masuk akal dari SMS, E-mail, atau ditawarkan melalui spam dan sebagainya, jangan percaya ya guys karena bisa saja itu bentuk penipuan! Apalagi kalau sampai meminta data pribadi sampai password dan PIN atau OTP, jangan memberikannya kepada orang lain ya! Usahakan kamu hanya melakukan online shopping melalui pihak yang terpercaya dan marketplacenya langsung! 

Simpan bukti setiap kali bertransaksi 

Setiap kali kamu berbelanja atau melakukan pembayaran di ATM, jangan lupa simpan bukti transaksinya ya. Kalau kamu melakukan transaksi secara online atau mobile banking, screenshot juga sebagai bukti transaksi untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan lupa tulis dengan detail di bukti transaksi untuk apa dan keperluannya ya! Kamu bisa menulis bukti transaksi di kertas atau tulis di notes beserta dengan buktinya! 

Diatas adalah cara transaksi aman buat kamu yang suka online shopping. Berhati-hati dan jangan sampai tertipu ya guys! 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285