Mimpi Pensiun Dini? Bisa! Simak Tipsnya di Sini

Sobat LINE Bank, apakah kalian pernah terpikir tentang masa tua kalian atau orang tua kalian? Pernahkan kalian berpikir sudahkan orang tua kalian menyiapkan dana pensiun atau apakah kalian sudah menyiapkan dana pensiun kalian sendiri? 

Realistisnya semua orang pasti menginginkan pensiun dini atau tidak memusingkan tentang penghasilan lagi di hari tuanya nanti. Di hari tua kita dimana tidak semua orang bisa bekerja dengan baik seperti pada saat di usia produktif mereka, maka salah satu jawaban yang bisa membantu untuk menunjang kehidupan yaitu dana pensiun.

Dana pensiun merupakan hal yang sangat penting dimiliki baik bagi kita maupun orang tua kita. Walaupun mungkin kita belum terpikirkan untuk pensiun dini atau tidak dalam jangka waktu yang cepat, dana pensiun berguna untuk membantu menunjang kebutuhan hidup kita nantinya dan harus dipersiapkan dari sekarang, apalagi jumlah dana pensiun yang diperlukan tidak kecil. Bagi yang memiliki tanggungan selain diri sendiri, otomatis jumlah dana pensiun yang harus disiapkan lebih besar. Dengan memiliki dana pensiun juga kita dapat memutus rantai sandwich generation bagi generasi kita selanjutnya. Sehingga disaat usia kita tidak produktif lagi kita tidak perlu bergantung dan memberatkan kepada anak kita. 

Bagi kalian yang ingin pensiun dini maupun yang belum terpikirkan untuk pensiun kalian tetap harus mempersiapkan dana pensiun. Mumpung kalian masih di dalam usia produktif, manfaatkanlah waktu dan tenaga yang kalian miliki untuk mengumpulkan dan menambah seluruh aset dan dana pensiun sebanyak mungkin demi hari tua yang lebih menyenangkan dan aman dengan tips ini:

1. Tentukan usia pensiun kalian

Pada umumnya, umur pensiun di Indonesia yaitu 55 tahun. Bagi kalian yang ingin pensiun di umur segini atau lebih cepat lagi maka kalian harus mulai menyiapkan dana pensiun sejak sekarang. Pensiun di umur yang tergolong muda merupakan hal yang di impikan oleh kita semua sekarang, untuk itu kita harus memiliki strategi keuangan yang baik dan benar untuk mencapai impian kita. 

Sebelum menentukan strategi keuangan, kalian bisa menghitung atau memperkirakan nominal uang dana pensiun yang akan kalian butuhkan nantinya. Kalian bisa menggunakan skema 4% rule. 

Kalian bisa menghitung dalan pensiun yang dibutuhkan dengan cara:

= total pengeluaran/bulan x 12 bulan x 25

angka 25 didapat dari 100% / 4%

Dengan demikian, jika kalian sekarang berumur 30 tahun dan ingin pensiun di umur 55 tahun maka kalian memiliki waktu 25 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun. Jika pengeluaran kalian perbulan sebesar 5 juta maka dana pensiun yang kalian butuhkan agar dapat hidup mandiri dan berkecukupan selama 1 tahun saat pensiun nanti yaitu 1.5M. 

2. Menabung, investasi, dan tujuan keuangan

Jika kalian belum membiasakan diri untuk menabung maka biasakanlah diri kalian untuk menabung sekarang. Jika kalian sudah terbiasa untuk menabung maka sekarang saatnya untuk kalian mulai berinvestasi. Kalian bisa mempelajari secara perlahan tentang instrumen investasi yang ada. 

Setelah ini kalian bisa buat rekening tabungan baru untuk menyiapkan dana pensiun kalian. Kalian bisa menaruh uang kalian di deposito atau bahkan melakukan investasi untuk menyiapkan dana pensiun kalian. 

Jika kalian sudah menabung dan melakukan investasi, maka sekarang saatnya untuk membuat tujuan keuangan kalian lebih jelas. Dengan memiliki tujuan keuangan yang jelas, maka kalian akan lebih mudah untuk menyiapkan sesuatu karena tujuannya sudah jelas. Kalian bisa membuat pos pengeluaran tiap bulannya dan menentukan anggaran yang bisa kalian sisihkan untuk mengalokasikan ke dana pensiun kalian.

3. Kebutuhan di masa pensiun

Walaupun kalian sudah tidak di usia produktif, normalnya kebutuhan yang akan kalian butuhkan tidak akan jauh berbeda pada saat kalian produktif bahkan mungkin kebutuhan kalian bertambah. Misalnya saat tua nanti akan lebih banyak untuk menjaga kesehatan sehingga harus membeli obat dan vitamin lebih banyak. Selalu perhitungkan kemungkinan terburuk dan kebutuhan yang mungkin akan muncul di masa pensiun kalian nanti. Dengan mengetahuinya kalian juga akan lebih mudah untuk menyiapkan dana pensiun kalian. 

Inilah beberapa manfaat dan strategi untuk menyiapkan dana pensiun kalian sejak dini. Yuk mulai dulu dengan menabung deposito di LINE Bank.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295