10 Destinasi Wisata di Indonesia Yang Cocok Jadi Inspirasi Liburan Idaman

10 Destinasi Wisata di Indonesia Yang Cocok Jadi Inspirasi Liburan Idaman

Akhir tahun memang waktu yang tepat untuk berlibur, ini adalah sebagai bentuk self healing supaya dirimu juga bisa istirahat sejenak. Tempat berlibur memang banyak macam dan lokasinya. Namun tahu ngga di Indonesia pun memiliki berbagai pilihan destinasi liburan yang seru. Keindahan alam dan kawasan wisata nan cantik tersedia di berbagai penjuru Nusantara. Jadi liburan enaknya kemana? Nah, kamu bisa temukandestinasi wisata di Indonesia yang seru lewat penjelasan berikut. 

Inspirasi Liburan yang Seru

1. Keliling Kota Jakarta

Destinasi wisata di Indonesia yang pertama adalah Jakarta. Memang bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu berlibur, kamu bisa tetap menikmati hari libur dengan berkeliling Ibukota Jakarta. Sekarang, ada banyak kawasan wisata yang mudah diakses dan ramah pengunjung. Mulai dari mengunjungi aquarium besar, museum, taman kota, wahana permainan seru, pameran seni, perpustakaan kota, kafe yang instagramable  hingga menyaksikan pertunjukan seni.

2. Diving di Raja Ampat

destinasi wisata di Indonesia yang kedua adalah Raja Ampat adalah salah satu destinasi liburan yang seru dengan keindahan bawah laut yang cantik di Provinsi Papua Barat. Raja Ampat menyuguhkan panorama bawah laut yang memukau hingga menjadi incaran para penyelam dari berbagai penjuru negara.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan 2.600 pulau kecil menawan sekaligus menyusuri pemandangan bawah laut bersama ribuan jenis ikan. Ada beberapa spot diving khusus penyelam berlisensi. Namun, para pemula juga bisa memilih lokasi pulau yang lebih ramah pemula, seperti diving di Pulau Arobek.

3. Hiking di Gunung Rinjani

Sekarang, ada banyak pihak travel juga yang menyediakan paket perjalanan hiking di Gunung Rinjani. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini menjadi dambaan para wisatawan karena pemandangan yang indah.

Pendaki bisa memilih tujuan pendakian ke Kawah Plawangan Sembalun dengan ketinggian 2639 meter hingga puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3000 atau 3726 meter.

4. Olahraga Ekstrem di Bali

Jika kamu ingin coba experience olahraga ekstrem yang memacu adrenalin, maka kamu bisa coba olahraga ekstrim. Bali menjadi salah satu kawasan wisata favorit turis lokal dan internasional. Selain keindahan alam pegunungan, air terjun, hingga pantai, kamu juga dapat merasakan olahraga ekstrem di Bali.

Mulai dari paralayang, jet ski, flyboardingaqua yogasea walking, hingga selancar layang. Pantai Pandawa, Pantai Sanur hingga kawasan Tanjung Benoa menjadi spot favorit wisatawan yang ingin memacu adrenalin di atas air.

Di samping olahraga menantang, kamu juga bisa sekaligus menikmati pemandangan Bali yang eksotis nan cantik. Destinasi liburan yang seru ini juga cocok sekali bagi kamu yang ingin berlibur bersama teman-teman.

5. Wisata Budaya Suku Baduy

Di Provinsi Banten, kamu bisa menelusuri potensi alam dan budaya di tengah suku Baduy. Masyarakat Suku Baduy sangat menghormati adat dan pelestarian alam. Melalui wisata budaya ini, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam dan mengenal kearifan lokal masyarakat Baduy.

Para pengunjung tidak boleh membawa barang yang dianggap dapat merusak alam. Dengan begitu, kamu bisa dapat fokus menikmati keindahan alam sekaligus mengenal dekat kebiasaan masyarakat Badut selama menginap di kawasan Suku Baduy.

6. Kawah Gunung di Banyuwangi

Kawasan Kawah Ijen di Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata cantik. Adanya kaldera terluas di Pulang Jawa ini menjadi daya tarik kawah ini. Destinasi wisata ini juga terkenal dengan api biru yang fantastis.

Biasanya, pengunjung suka melihat langsung pemandangan kawah berisi belerang yang sangat dramatis. Bagi para pemula, kamu bisa meraih jarak tempuh sekitar 3 km atau selama 2 jam perjalanan untuk mencapai tempat ini.

7. Sunset di Belitung

Salah satu momen liburan yang seru adalah menikmati matahari terbenam atau sunset. Kamu bisa melihat fenomena cantik berupa pemandangan langit berwarna kuning kemerahan di ufuk barat dari pinggir pantai di Belitung.

Panorama sunset di Belitung yang menjadi tempat terbaik menikmati sunset antara lain Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Pendam, Batu Berlayar, dan pantai cantik lainnya.

8. Hunting foto di Tanah Toraja

Di Sulawesi Selatan, ada berbagai spot hunting foto bertemakan kekayaan alam dan budaya. Kamu bisa dokumentasikan peninggalan manusia purba di Desa Kete Kesu yang terkenal di Tanah Toraja.

Pastikan kamu juga mengunjungi Lokomata Pallawa yang menyajikan keindahan hamparan sawah dan rumah adat tongkonan yang menjadi ikon Tanah Toraja.

9. Eco resort di Labuan Bajo

Labuan Bajo menjadi salah satu tujuan wisata populer dengan panorama alam menarik di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Adapun tempat wisata yang memiliki keindahan eksotis antara lain Pulau Padar, Desa Wae Rebo, Pulau Kelor, Pulau Rinca, Gili Lawa Darat, Pantai Pink, Pantai Kanawa, Atol Mangiatan, Goa Batu Cermin, Goa Rangko, dan kawasan menarik lainnya.

Jika ingin menikmati pemandangan di Labuan Bajo dengan bersantai dengan nyaman, maka kamu bisa memilih berbagai eco resort yang menyediakan berbagai aktivitas menarik. Mulai dari bersantai di pantai atau spa hingga mengeksplor keindahan bawah laut.

10. Wisata Air di Kalimantan Timur

Di Kalimantan Timur, kamu bisa menikmati berbagai jenis wisata air. Pulau Derawan menjadi salah satu kawasan wisata air populer dengan keindahan terumbu karang, hutan mangrove hingga keberadaan spesies fauna seperti lumba-lumba, penyu, paus, dan ikan-ikan lainnya.

Jika ingin menyusuri gua di bawah laut, maka kamu bisa mengunjungi Gua Haji Mangku dan menikmati cahaya matahari yang menyinari gua.

Ada pula Danau Labuan Cermin dengan air yang sangat jernih sehingga dapat memantulkan cahaya matahari.

Nah itu dia 10 destinasi wisata di Indonesia yang cocok jadi inspirasi liburan idaman. Oiya sobat LINE Bank, saat berlibur baiknya kita menyiapkan dana darurat atau siaga sehingga jika terjadi sesuatu yang darurat kamu bisa menggunakan uang tersebut.

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka akunmu dan rasakan sensainya supaya bisa #Upgradelyf !

Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga : Cara Nabung & Perhitungan Biaya Untuk Liburan Ke Eropa (2023)

Bagikan ke Temanmu