Telanjur Jadi Korban Penipuan? Cara Blokir Rekening Penipu

Hi Sobat LINE Bank,

Sadar ngga sih belakangan ini, penipuan makin banyak macamnya. Kita semua harus selalu waspada. Namun, apabila sampai telanjur kena tipu, simak cara blokir rekening penipu yang bisa kamu lakukan.

Apa Saja Jenis Penipuan yang Sering Memakan Korban?

Telanjur Jadi Korban Penipuan? Cara Blokir Rekening Penipu

1. Penipuan yang mengatasnamakan bank

Berbagai kasus penipuan yang mengatasnamakan bank di antaranya menginfokan bahwa kamu menang hadiah, mengabarkan sesuatu yang berhubungan dengan transaksi dan biasanya sifatnya mendesak serta menawarkan pinjaman. Bisa jadi kamu diminta mengisi data pribadi atau mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu dengan berbagai alasan, misalnya untuk mengklaim hadiah.

2. Penipuan yang dilakukan toko online nakal atau bodong

Buat yang hobi belanja dan sering banget scrolling sampai ketemu toko online yang menjual barang yang diinginkan dengan harga murah. Begitu ketemu, langsung check out tanpa ragu dan mengisi data diri yang diminta. Tiba-tiba kamu terima notifikasi kalau saldo di rekening sudah berkurang.

Atau, kamu melakukan transfer ke rekening penjual untuk mengkonfirmasi pembelian namun barang nggak kunjung diterima. Baru kamu sadar kalau kamu sudah jadi korban penipuan.

3. Modus penipuan file APK

Mirip-mirip dengan jenis penipuan di atas, cara lain yang dilakukan penipu adalah mengirimkan SMS atau WhatsApp kalau kamu menang hadiah, menerima undangan untuk menghadiri sesuatu, mendapat kiriman paket atau hal lain yang menggelisahkan yang membuat kamu ingin mengklik file APK yang dikirim.

Padahal, file APK bisa mencuri data pribadi, mengontrol handphone kamu dari jauh untuk melakukan hal-hal yang nggak diinginkan, seperti melakukan transfer uang, menguras rekening, dsb. Selalu berhati-hati ketika menerima pesan dari orang nggak dikenal ya.

Masih banyak lagi jenis fraud sehubungan dengan pencurian data pribadi dan transfer uang ke rekening penipu seperti metode skimmingphishingsocial engineering dan QRIS palsu yang marak beredar.

Cara Blokir Rekening Penipu Apabila Sudah Telanjur Transfer Uang

Bagaimana apabila kita sampai lengah dan telanjur menjadi korban penipuan, apalagi sudah sampai mentransfer sejumlah uang ke penipu? Salah satu hal yang bisa segera dilakukan adalah memblokir rekening penipu.

Memang, uang yang sudah ditransfer atau hilang nggak dapat dijamin pengembaliannya oleh pihak bank. Tapi, langkah-langkah untuk memblokir rekening penipu bisa tetap kamu ambil demi keamanan.

1. Hubungi Bank melalui email ke help@linebank.co.id

Baik penipu menggunakan rekening maupun rekening bank lain untuk melakukan penipuan, kamu tetap bisa melaporkannya agar pihak bank bisa segera melakukan pemblokiran dan menginvestigasi lebih lanjut.

2. Siapkan data dan dokumen yang dibutuhkan untuk melaporkan rekening penipu

Bersamaan dengan email yang akan kamu kirimkan, pastikan kamu menyediakan data dan dokumen berikut agar proses pemblokiran dan investigasi dapat berjalan segera.

  • Nomor handphone yang dapat dihubungi
  • Dokumen pendukung yang berhubungan dengan transaksi tersebut (1×24 jam)
  • Kronologi terkait permasalahan ini dengan detail informasi termasuk nomor rekening penipu (1×24 jam)
  • Tanggal dan jam transaksi
  • Bank pengirim
  • Nama dan nomor rekening bank pengirim
  • Surat Keterangan Kepolisian (maksimal 3 hari kerja setelah kamu melakukan pelaporan dan menerima pesan dari Bank)

Sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank membutuhkan Surat Keterangan Kepolisian untuk memblokir rekening penipu dan melanjutkan laporan ke tingkat lebih lanjut.

Apabila Surat Keterangan Kepolisian membutuhkan waktu untuk diproses, kamu tetap dapat terlebih dahulu melaporkan peristiwa yang kamu alami agar Bank dapat melakukan pemeriksaan apakah sudah ada laporan serupa tentang rekening penipu tersebut.

3. Laporkan rekening mencurigakan melalui situs Cek Rekening

Cara lain yang bisa kamu coba lakukan setelah membuat laporan kepada pihak bank adalah melaporkan rekening mencurigakan yang terindikasi melakukan penipuan melalui situs Cek Rekening.

Lewat situs yang disediakan Kominfo tersebut, terdapat pilihan Laporkan Rekening. Ikuti langkah-langkah yang diminta untuk membuat laporan.

Cara Kamu Menghindari Kena Tipu

Agar nggak sampai jadi korban penipuan, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan berinteraksi dengan orang lain.

1. Selalu waspada, jangan mudah percaya, tergoda atau dirayu

Dapat kabar gembira kalau kamu menang hadiah jutaan rupiah? Ketemu toko online yang menawarkan harga produk super murah? Jangan mudah percaya dengan iming-iming seperti itu. 

Sebelum mengiyakan, cari tahu dulu kebenarannya. Apakah kamu pernah mengikuti program berhadiah resmi yang ditawarkan bank? Kenapa barang yang dijual di toko itu kok bisa miring sekali harganya, padahal di toko-toko lain harganya nggak semurah itu? Tanyakan ke diri sendiri hal-hal semacam ini agar nggak terjebak dan pada akhirnya menjadi korban penipuan.

Selain itu, jangan pernah bagikan informasi sensitif seperti data diri, PIN dan password, kepada siapapun dengan alasan apapun. Karena, apabila kamu sampai membagikannya, data diri kamu bisa disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

2. Kenali kontak resmi LINE Bank by Hana Bank

Yuk catat kontak dan akun resmi milik LINE Bank sebagai berikut:

  • Email: help@linebank.co.id
  • Call : Hana 1-500-021 (24 jam)
  • WhatsApp: 0811-9710-0021 (08.00 – 22.00 WIB)
  • Instagram: linebankid

Nah itu dia mengenai cara blokir rekening penipu, tetap waspada dan berhati-hati ya Sobat LINE Bank!

Pokoknya dengan LINE Bank, transaksi jadi #S3nyamanMungkin dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Tips Mengajukan Quick Credit / KTA LINE Bank, Supaya Cepat Cair

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 393