Mengenal Rupiah Digital yang Akan Segera Terbit Tahun Depan

Pada tahun 2023, Bank Indonesia merencanakan peluncuran rupiah digital. Apakah kamu sudah siap? Kemajuan teknologi saat ini membolehkan berbagai hal diselesaikan dan dilakukan secara digital. Bahkan dalam sistem pembayaran pun Sobat LINE Bank pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai metode yang tersedia saat ini. 

Menjadi produk baru yang masih sedikit asing bagi beberapa orang, Sobat LINE Bank mungkin juga ikut bertanya-tanya apa sebenarnya rupiah digital yang diluncurkan oleh Bank Indonesia ini. Sebab itu, kali ini LINE Bank hadir untuk memberikan informasi lengkap seputar rupiah digital agar Sobat LINE Bank siap dengan langkah baru mata uang. Mari kita simak informasinya di bawah ini.

Apa itu Rupiah Digital?

apa itu rupiah digital

Rupiah Digital adalah sebuah inovasi baru yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Pada dasarnya, rupiah digital merupakan mata uang yang diterbitkan secara digital oleh Bank Indonesia. Bentuknya akan menjadi seperti kripto, namun harga mata uang digital ini akan disesuaikan dengan mata uang kartal. 

Penerbitan rupiah digital adalah salah satu langkah yang dilakukan negara untuk meningkatkan pertumbuhan pasar modal dan membuka potensi munculnya bisnis baru di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, kripto menjadi salah satu mata uang digital yang menarik minat banyak masyarakat. 

Melalui rupiah digital, Bank Indonesia akan mengatasi risiko stabilitas aset kripto yang dilihat dapat menyebabkan sumber risiko dan permasalahan baru. Hal ini sejalan dengan prinsip digitalisasi di mana pengembangan digital hadir sebagai solusi permasalahan yang saat ini muncul di kalangan masyarakat. 

Meski tak jauh berbeda, rupiah digital merupakan CBDC atau Central Bank Digital Currency bukan termasuk dalam kelompok cryptocurrency. Penerbitan mata uang digital ini diatur sepenuhnya oleh instansi resmi negara terkait. Tidak seperti kripto yang menjadi mata uang digital bersifat spekulatif, rupiah digital hanya dapat digunakan untuk pembayaran atau transaksi moneter lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Digital Banking & Mobile Banking

Apa Saja Fungsi Rupiah Digital?

fungsi rupiah digital

Saat merencanakan produk rupiah digital, Bank Indonesia tentu tidak melakukannya begitu saja. Ada berbagai fungsi yang dirancang agar produk digital yang satu ini dapat bermanfaat bagi perekonomian negara secara keseluruhan. Untuk mengenal apa saja fungsinya, langsung saja temukan penjelasannya di bawah ini:

1. Efisiensi

Rupiah digital akan membantu efisiensi sistem pembayaran sebab peredarannya tersedia di platform online Blockchain dan Distributed Ledger Technology atau DLT. Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo pada sebuah konferensi pers yang dilakukan secara online di tahun 2021 silam. 

2. Menekan Biaya Transaksi Perbankan

Tak hanya efisien karena dihadirkan pada beberapa platform online, rupiah digital berfungsi sebagai alat untuk menekan biaya transaksi di seluruh transaksi perbankan. Hal ini dikarenakan kegiatan perbankan tersambung ke sistem digital currency.

3. Penghematan

Dari sisi kegiatan jual beli dan perekonomian masyarakat, keberadaan rupiah digital membantu mewujudkan penghematan sebab jika dilihat dari sisi ritel, biaya transaksi akan menjadi lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Apalagi sekarang ini banyak metode pembayaran digital yang diperbolehkan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti pembayaran melalui teknologi QR code.  

4. Pelayanan Masyarakat

Dalam kesempatan lain, direktur kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia, Ryan Rizaldi menyampaikan bahwa rupiah digital merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan publik pada masyarakat luas. 

Selain itu, inovasi ini juga sejalan dengan fungsi Bank Indonesia sendiri yaitu menciptakan dan menerbitkan uang. Hanya saja disatukan dengan perkembangan teknologi yang melekat dan  digunakan masyarakat. 

Baca Juga: Pahami Transaksi Digital dan Keungulannya!

tetap update sama LINE Bank yuk!

Apa Saja Perbedaan Rupiah Digital, Dompet Digital, dan Uang Elektronik?

perbedaan rupiah, digital dompet digital, dan uang elektronik

Sobat LINE Bank, pada faktanya rupiah digital berbeda dengan dompet digital dan uang elektronik. Adapun letak perbedaan keduanya dapat kamu temukan pada dua hal berikut ini: 

1. Penerbitan Mata Uang

Berbicara soal perbedaan rupiah digital dengan dompet digital atau uang elektronik, Sobat LINE Bank tidak dapat menghindari pembahasan mengenai instansi penerbitnya. Sesuai dengan namanya, rupiah digital merupakan mata uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral yang dalam hal ini merupakan Bank Indonesia. 

Sedangkan dompet digital merupakan sebuah alat pembayaran melalui sebuah aplikasi yang diciptakan oleh lembaga non-bank dan uang elektronik adalah salah satu produk yang diterbitkan oleh bank umum. 

2. Tingkat Risiko Mata Uang

Pada dasarnya, tingkat risiko kredit yang diberikan oleh bank sentral memiliki besaran yang cukup rendah. Hal ini juga berpengaruh pada rupiah digital. Bank Indonesia menjamin risiko mata uang yang lebih rendah dibandingkan kedua produk lainnya yaitu dompet digital dan uang elektronik. 

Bahkan memang sejak awal tujuan penerbitan rupiah digital oleh bank sentral ini ialah menjadi alat pembayaran digital yang sah tanpa risiko dan atau mengurangi tingkat risiko mata uang digital yang mungkin muncul. Hingga saat ini, Bank Indonesia diketahui masih dalam proses mendalami CBDC agar pelaksanaannya sempurna dan berjalan sesuai dengan rencana. 

Melalui informasi di atas, Sobat LINE Bank diharapkan sudah siap untuk menyambut peluncuran rupiah digital sebagai pengembangan penggunaan mata uang. Dilihat dari sisi moneter, rupiah digital mampu mengurangi aktivitas peredaran uang yang digunakan untuk tindak kejahatan seperti money laundering atau mendanai terorisme. 

Baca Juga: Yakin Sudah Tahu Apa Itu Transaksi? Coba Pelajari Selengkapnya di Sini!

Meski demikian, CBDC juga memiliki kelemahan berupa batasan geografis dan keamanan data yang belum tentu terjamin. Ingin mulai beralih ke digital bank namun bingung menentukan yang tepat? LINE Bank bisa jadi alat pembayaran yang siap kamu andalkan kapan pun dan di mana pun. 

Selain mudah untuk digunakan, LINE Bank juga memiliki biaya 0 rupiah di setiap transaksi transfer dan tarik tunai. Nikmati juga proses cek transaksi yang lebih mudah dan pembayaran tagihan yang praktis. Tunggu apalagi? Download LINE Bank sekarang juga dan rasakan berbagai promo menarik untuk setiap transaksi bersama LINE Bank. 

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323