Simulasi Perhitungan Bunga Efektif dan Bedanya dengan Bunga Flat

Hi Sobat LINE Bank! 

Ketika berbicara tentang produk perbankan, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bunga bank. Dalam dunia perbankan, satu dari dua jenis bunga yang sering digunakan adalah bunga efektif. Sebagai nasabah bank, kamu udah tau ga sih gimana perhitungan bunga efektif yang benar?


Selain bunga efektif, jenis lainnya dari bunga perbankan adalah bunga flat. Kedua jenis bunga ini jelas memiliki perbedaan signifikan, mulai dari pengertian, cara menghitungnya, hingga pengaruhnya pada keuangan. 

Karena itu, sebagai nasabah bank, terlebih untuk kamu yang ingin mengajukan kredit konsumen, investasi, hingga tabungan, sangat penting untuk kamu mengetahui cara perhitungan bunga bank. 

Artikel ini secara khusus akan memberikan sobat LINE Bank simulasi perhitungan bunga efektif dan perbedaanya dengan bunga flat. 

Apa Itu Bunga Efektif? 

Bunga efektif adalah bunga yang dihitung berdasarkan jumlah pokok pinjaman dan bunga yang telah dibayar sebelumnya. Singkatnya, bunga efektif adalah jenis bunga yang dihitung berdasarkan saldo yang berkurang kedepannya. Ini berarti semakin sedikit pokok pinjaman mu, maka semakin sedikit juga bunga yang harus dibayar. 

Lalu, kenapa sangat penting untuk memahami bunga efektif? Karena dengan memahami perhitungan bunga efektif, kamu dapat memastikan bahwa kamu tidak membayar lebih dari yang seharusnya. Kamu juga dapat membandingkan produk keuangan dengan lebih akurat dan memilih mana yang paling menguntungkan. 

Baca Juga: Mengenal Arti Suku Bunga dan Jenis-jenisnya

Simulasi Perhitungan Bunga Efektif 

simulasi perhitungan bunga efektif

Setelah mengetahui apa itu bunga efektif, kamu juga sebaiknya memahami bagaimana perhitungan bunga efektif yang benar. Pemahaman akan perhitungan bunga efektif yang benar akan menjadi ilmu berharga saat nantinya kamu berurusan dengan produk keuangan, seperti pinjaman, tabungan, atau investasi. 

1. Pinjaman 

Bunga efektif menjadi kunci penting dalam perhitungan bunga efektif pinjaman, jika kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman dengan suku bunga efektif, pastikan kamu memahami cara menghitungnya. 

Rumus bunga efektif adalah sebagai berikut: 

– Cicilan pokok per bulan = Pokok Pinjaman awal : Kurun waktu pinjaman / tenor kredit

– Cicilan bunga per bulan = Saldo akhir yang sudah dibayarkan x suku bunga per tahun : 12 bulan

– Total cicilan per bulan = Cicilan pokok + Cicilan bunga

Nah, jika kamu bingung, perhatikan contoh perhitungan berikut:

Kamu mengajukan pinjaman sebesar Rp 45.000.000,- selama jangka waktu 10 bulan dengan bunga efektif sebesar 10% per tahunnya. Maka, berapa jumlah cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya?

Sesuai dengan rumus di atas, cicilan pokok perbulan kamu akan dihitung sebagai berikut: 

Cicilan pokok per bulan = Rp 45.000.000 : 10 bulan, yaitu Rp 4.500.000,-

Untuk menghitung cicilan bunga bulan pertama, maka 

Cicilan bunga bulan ke-1 = Rp 45.000.000 x 10% : 12, yaitu Rp 375.000,- 

Maka, Total cicilan yang harus dibayarkan pada bulan pertama adalah Rp 4.500.000 + Rp 375.000, yaitu Rp 4.875.000,- 

Untuk menghitung cicilan bulan ke-2, kamu tidak lagi menggunakan Rp 45.000.000 sebagai saldo akhir. Saldo akhir yang digunakan untuk menghitung cicilan bunga bulan ke-2 adalah total dari Rp 45.000.000 – Rp 4.875.000, yaitu Rp 40.125.000 

2. Investasi dan Tabungan 

Perhitungan bunga efektif untuk investasi dan tabungan sejatinya lebih mudah dibandingkan perhitungan bunga efektif untuk pinjaman. Rumus untuk menghitung bunga efektif dalam konteks investasi dan tabungan juga sebenarnya bervariasi tergantung pada jenis dan kondisinya. 

Namun, dalam banyak kasus, kamu bisa menggunakan rumus berikut sebagai dasar menghitung bunga efektif investasi dan tabungan, yaitu:

Bunga efektif = [(Nilai akhir : Nilai awal) ^ (1/n)] – 1

dengan n adalah jumlah lamanya investasi, biasanya diukur dalam tahun. 

Maka, seandainya kamu menginvestasikan Rp 1.000.000 pada awal tahun dan nilai investasi mu menjadi Rp 2.500.000 pada akhir tahun. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan rumus diatas untuk menghitung bunga efektif, yaitu

Bunga efektif = [(2.500.000 : 1.000.000) ^ (1/1) – 1]

Maka, Bunga efektif kamu ber jumlah 2.5 atau 25%, yang mana ini merupakan jumlah dari tingkat pengembalian efektif investasi kamu selama setahun. 

Tidak begitu susah untuk dipahami, bukan? kamu bisa menggunakan rumus ini untuk menghitung bunga efektif pinjaman, investasi, atau tabungan mu sehingga tidak akan mudah terkena masalah kedepannya. 

Baca Juga: Inilah Cara Menghitung Bunga Bank

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Perbedaan Bunga Efektif dan Bunga Flat

perbedaan bunga efektif dan bunga flat

selain mengetahui cara perhitungan bunga efektif, kamu juga sebaiknya mengetahui perbedaannya dengan bunga flat. Untuk kamu yang ingin mengajukan kredit atau pinjaman, kedua bunga ini layak diperhitungkan karena akan sangat berdampak pada nilai yang harus kamu bayar. 

1. Metode Perhitungan 

Perbedaan yang pertama terletak pada metode perhitungannya. Bunga flat dihitung berdasarkan nilai awal pinjaman atau investasi. Secara singkatnya, jika bunga efektif bisa berubah seiring penurunan saldo, bunga flat tidak menerapkan sistem tersebut sehingga bunga akan tetap sama sepanjang masa pinjaman. 

2. Fungsi

Bunga flat umumnya digunakan untuk kredit-kredit dalam jangka waktu pendek, seperti peralatan elektronik, rumah tangga, atau kredit tanpa agunan. Sementara, bunga efektif digunakan untuk pinjaman atau kredit dalam jangka waktu yang lama, seperti rumah. 

3. Persyaratan 

Umumnya karena hanya dalam jangka waktu pendek, persyaratan bunga flat menjadi lebih mudah dibandingkan persyaratan bunga efektif. Proses yang mudah ini memberikan keuntungan bagi kamu yang memiliki riwayat kreditnya cukup lemah. 

Namun, meskipun bunga efektif biasanya digunakan dalam jangka waktu lama, persyaratannya juga tidak sesulit yang dibayangkan sehingga kamu tetap bisa menggunakannya. 

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman

4. Transparansi

Sejatinya kedua jenis bunga ini memiliki bentuk transparansi yang jelas. Bunga flat umumnya lebih mudah dipahami dan transparan karena jumlah bunga yang dibayar atau diterima tidak berubah. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam membuat perhitungan dan perencanaan anggaran lebih mudah. 

Sedangkan bunga efektif lebih akurat dalam mencerminkan biaya atau pengembalian dana karena mempertimbangkan perubahan saldo. Namun, bunga efektif bisa menjadi lebih rumit untuk dipahami karena perubahannya. 

Dalam keuangan, pemahaman tentang perhitungan bunga efektif sangat penting agar kamu tidak membayar lebih dari yang seharusnya. Rumus dan contoh perhitungan bunga efektif dapat membantu kamu untuk memahami konsep ini lebih baik lagi. 

Selain cara perhitungan, mengenal perbedaan bunga efektif dan bunga flat juga sangat penting loh bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman, mengingat saat ini pinjaman bank masih menjadi solusi andalan untuk memenuhi kebutuhanmu. Apalagi kalau kamu tahu LINE Bank menyediakan penawaran pinjaman mudah untukmu. 

Pinjaman uang cepat cair dari LINE Bank akan bisa memenuhi kebutuhan dana mu dengan proses cepat dan mudah. Segera download aplikasi LINE Bank sekarang dan nikmati kemudahan finansial lainnya.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323