Apa itu Top Up Saldo? Pengertian, Cara Penggunaan dan Manfaat

Hi Sobat LINE Bank,

Top up adalah penambahan dana ke dalam rekening ketika ingin melakukan transaksi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi terutama pada sektor finansial, model pembayaran juga menjadi kian beragam. Yang awalnya hanya bisa melakukan transaksi secara tunai, kini kamu dapat melakukan transaksi secara digital. Top up adalah salah satu istilah penting dalam proses transaksi digital, dimana kata ini berarti penambahan dana dalam digital akun keuangan kamu.

Pada artikel kali ini LINE Bank akan menjelaskan lebih detail mengenal apa itu top up dan bagaimana penggunaannya.

Top Up Saldo

Apa Itu Top Up?

Layanan top up adalah kata yang mungkin sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Singkatnya, top up adalah pengisian ulang dana. Kata lain top up adalah cara yang efisien untuk menambah saldo yang nantinya bisa digunakan dalam melakukan transaksi.

Dikutip dari Islamic Economic Analysis Reviews: The Transparency of Top-up Banking oleh Rahma Yudi dan Dhika Amalia Kurniawan, top up adalah salah satu fasilitas yang diberikan bank kepada nasabah yang menjadi debitur.

Istilah Top up di kalangan masyarakat bisa disebut adalah hal yang umumnya dilakukan guna melakukan berbagai jenis transaksi, baik itu e-wallet maupun kebutuhan seperti games. Untuk melakukan top up, kamu bisa mengunjungi beberapa waralaba (Alfamart, Indomaret), mobile banking, dan juga ATM terdekat.

Cara Top Up Saldo LINE Bank

Kamu bisa mengisi saldo di rekening LINE Bank bagi yang belum pernah memiliki akun LINE Bank sebelumnya, dengan cara berikut: 

1. Unduh dan Instal Aplikasi LINE Bank

Pastikan kamu sudah mengunduh dan menginstal aplikasi LINE Bank di ponselmu. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau App Store.

2. Daftar dan Aktifkan Akun

Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi LINE Bank dan ikuti langkah-langkah untuk mendaftar dan mengaktifkan akunmu. Kamu akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi dan verifikasi identitas.

3. Tambahkan Rekening Bank

Setelah akunmu aktif, tambahkan rekening bankmu ke aplikasi LINE Bank. Pilih opsi “Tambahkan Rekening Bank” dan ikuti petunjuk yang tercantum untuk membuat satu rekening atau lebih sesuai kebutuhan.

4. Pilih Metode Isi Saldo

Setelah berhasil menambahkan rekening bank, kamu dapat memilih metode untuk mengisi saldo LINE Bank. Kamu bisa memilih untuk membayar melalui seperti transfer bank lain, baik melalui m-Banking maupun ATM, atau melakukan top-up dari aplikasi dompet digital yang memungkinkan kamu untuk mengisi saldo LINE Bank tanpa biaya admin.

Saldo LINE Bank dapat diisi dengan beberapa cara atau metode, di antaranya: 

  • Setor tunai: Siapkan uang yang ingin diisi ke rekening LINE Bank, lalu sampaikan kepada teller bahwa kamu ingin melakukan setor tunai.  
  • Pemindahbukuan dari Hana Bank: Jika kamu memiliki rekening Hana Bank, kamu bisa melakukan pemindahbukuan melalui Hana Bank.  
  • Transfer dari bank lain: Kamu bisa melakukan transfer dari bank lain melalui ATM, mobile banking, atau internet banking. Kamu juga bisa melakukan transfer dari kantor cabang bank lain dengan menggunakan SKN/RTGS.  
  • Tambahkan rekening bank : Setelah akun kamu aktif, kamu bisa menambahkan rekening bank ke aplikasi LINE Bank.  

Baca juga : Berbagai Cara Isi Saldo LINE Bank Pastinya Mudah dan Cepat

Manfaat Penggunaan Transaksi Digital

Top up adalah salah satu fitur dari transaksi digital. Dalam pelaksanaannya, banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh pengguna. Di antaranya sebagai berikut:

1. Keamanan terjaga

Manfaat penggunaan transaksi digital yang pertama adalah keamanan pengguna akan terjaga dengan baik. Kamu tak perlu khawatir dengan data-data yang telah dimasukkan karena hal tersebut sudah dijamin oleh Bank Indonesia.

2. Praktis, mudah, dan efisien

Di era yang serba canggih ini, penggunaan transaksi digital mendatangkan keuntungan. Salah satunya membuat kegiatan transaksi menjadi lebih praktis. Kamu juga tak perlu ke luar rumah jika ingin melakukan transaksi. Selain itu, pengguna tak perlu membawa uang ke mana-mana sehingga lebih efisien.

3. Membuat transaksi lebih cepat

Dikarenakan sistemnya dijalankan secara online, maka hal ini membuat transaksi menjadi lebih cepat. Hanya dalam hitungan detik, kamu sudah bisa melakukan pembayaran untuk berbagai macam kebutuhan.

4. Bisa digunakan untuk berbagai transaksi

Manfaat lainnya yaitu dengan kecanggihan ini, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi. Mulai dari transfer online, membayar tagihan listrik, air, BPJS, PLN, dan sebagainya. Hanya dengan modal smartphone, semuanya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

5. Adanya history untuk mengecek aktivitas sebelumnya

LINE Bank juga menyediakan fasilitas history untuk melihat mutasi rekening sebelumnya. Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah melacak atau monitoring uang secara berkala. Sehingga, transaksi keuangan jadi bisa lebih terkontrol.

Itulah dia penjelasan lengkap seputar top up. Dengan adanya fitur ini, kamu jadi dapat lebih mudah dalam melakukan penambahan maupun pengisian ulang dana ke rekening ketika ingin melakukan transaksi.

Yuk, Buka Rekening Tabungan Digital di LINE Bank Sekarang!

Buka tabungan online di LINE Bank gak perlu khawatir soal pengelolaan keuangan lagi. Soalnya, ada banyak fitur yang bisa memudahkan transaksi sehari-hari. Terlebih, adanya kelengkapan layanan lain seperti Kredit Tanpa Agunan, deposito, hingga quick credit. 

Kamu juga bisa menikmati layanan bebas biaya admin, gratis transfer antarbank, dan manfaatkan penggunaan promo serta cashback yang selalu ada untuk bikin kamu makin irit!

Ditambah ada promo yang nguntungin kamu banget, khusus di bulan agustus kalau Top up saldo tabungan LINE Bank dan dapatkan cashback hingga Rp3.000.000.

Apa itu Top Up Saldo? Pengertian, Cara Penggunaan dan Manfaat

Yuk, download aplikasinya sekarang dan rasakan banyak kemudahan dalam bertransaksi bersama LINE Bank!


Baca Juga: Gimana Sih Cara Daftar Rekening di LINE Bank?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 354