3 Manfaat Menabung Sejak Dini, Bantu Wujudkan Mimpi Kamu, lho!

Hi Sobat LINE Bank,

Fakta bahwa menabung memiliki banyak manfaat tentunya sudah tidak diragukan lagi. Namun demikian, tidak semua orang mampu menahan diri untuk menyisihkan uangnya untuk ditabung. 

Baca juga : 6 Cara Menggunakan Kartu Debit untuk Belanja Online

Selain karena kebutuhan yang banyak, godaan untuk belanja pun menjadi halangan utama dalam menabung.

Agar dapat menabung secara konsisten, diperlukan upaya dan dorongan yang kuat. Salah satunya adalah dengan memahami 3 manfaat menabung yang dapat dilakukan sejak dini. 

Simak artikel berikut untuk memahami 3 manfaat menabung agar lebih konsisten menjalaninya.

1. Melatih Mengatur Keuangan dan Hidup Disiplin / Menghargai Terhadap Uang

Menabung adalah sebuah kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan dimana dana simpanan ini biasa disebut sebagai tabungan. 

Dengan membiasakan diri untuk menabung, secara tidak langsung kamu belajar untuk mengatur dan mengelola uang yang kamu miliki. Agar dapat menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, kamu akan belajar mengatur berapa yang dapat dikeluarkan untuk kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, hingga pos-pos pengeluaran lainnya.

Memang benar , niat untuk menabung harus diterapkan sedari dini. Pasalnya, menabung dapat menjadi sarana belajar untuk hidup disiplin dan hemat. Selain itu, dengan menabung kamu juga dapat belajar untuk menghargai uang.

Dengan tumbuhnya rasa menghargai uang, maka kamu akan dapat mengelola uang dengan lebih baik dan dapat menggunakan uang sesuai kebutuhan. Kamu akan dapat berpikir berkali-kali dalam mengeluarkan uang untuk sesuatu hal yang bersifat foya-foya atau yang sifatnya tidak urgent.

2. Kebutuhan Dana Darurat Terjaga

Manfaat menabung berikutnya adalah kebutuhan dana darurat kamu yang terjaga dan dapat dipenuhi. Dana darurat ini tentunya akan berguna untuk mengantisipasi kebutuhan tidak terduga di masa mendatang. 

Berbagai kebutuhan tidak terduga ini dapat meliputi biaya sakit yang tidak dicover asuransi, biaya perbaikan rumah dan kendaraan, hingga apabila terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK secara mendadak.

3. Memenuhi Kebutuhan Di Masa Depan serta Mimpi

Manfaat menabung berikutnya adalah memenuhi kebutuhan di masa depan. Salah satu kebutuhan di masa depan adalah dana pensiun. Dengan menabung, kamu dapat memenuhi kebutuhan di masa tua di saat tidak ada lagi pendapatan atau menurunnya pendapatan. 

Selain itu, dana ini juga dapat kamu investasikan agar jumlahnya tidak tergerus inflasi dan dapat membuat nilai uang nya semakin tumbuh dan berkembang.

Selain dana pensiun, ada berbagai kebutuhan terduga lainnya yang dapat dipenuhi dengan menabung. Contoh kebutuhan terduga tersebut adalah dana pendidikan anak, dana liburan, dsb. Kebutuhan terduga ini dapat bersifat jangka pendek maupun jangka panjang.

Setiap individu pasti memiliki impian, baik yang sifatnya finansial maupun tidak. Dalam mewujudkan impian finansial seperti keamanan dana darurat dan dana pensiun, menabung memiliki peranan penting dalam mewujudkannya. Jika tidak menabung, keamanan dana darurat dan dana pensiun ini akan sangat sulit.

Selain impian finansial, menabung juga berperan penting untuk mewujudkan impian lain seperti membeli rumah impian, upgrade mobil,dsb. Untuk mewujudkannya, kamu harus menabung dengan menyisihkan uang secara rutin hingga memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah.

Nah, itulah beberapa manfaat menabung sejak dini agar dapat wujukan mimpimu. Temukan berbagai produk tabungan di LINE Bank sesuai kebutuhanmu.

Nah yuk buka rekening LINE Bank sekarang, dan bertransaksi menggunakan fasilitas dan layanan keuangan dari LINE Bank! Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai penawaran dan promo menarik dari Kartu Debit LINE Bank dengan cashback 50% setiap bertransaksi di merchant favorit.

Sst, kamu juga bakal dapet desain kartu debit spesial LINE Friends sesuai pilihan! Yuk, download aplikasi LINE Bank sekarang di App Store atau Playstore dan serbu semua promo menariknya!

tetap update sama LINE Bank yuk!

Baca Juga: 4 Tujuan Manajemen Keuangan Serta Manfaatnya

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 354