Satu tempat untuk semua pertanyaan. Temukan jawabannya disini

Frequently Asked Questions

 

Apa itu QRIS?

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah standar QR Code untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Apa keuntungan menggunakan QRIS?

1. Universal
Inklusif, untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk domestik dan luar negeri

2. Praktis
Transaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman

3. Efisien
Satu kode QR untuk semua aplikasi

4. Langsung
Transaksi cepat dan dan dapat dilakukan real-time sehingga dapat mendukung kelancaran sistem
pembayaran

Bagaimana transaksi menggunakan QRIS?

1. Ketika melakukan transaksi di merchant maka merchant akan menunjukkan QRIS untuk dipindai
2. Nasabah melakukan pindai QRIS menggunakan aplikasi LINE Bank dari menu "Scan"
3. Nasabah input jumlah pembayaran atau otomatis langsung muncul
4. masukkan tips (tidak wajib dan jika ada)
5. masukkan PIN Transaksi

QR code apa yang bisa digunakan?

QR code yang bisa dipindai adalah QR code yang sudah sesuai standar QRIS, jika tidak sesuai standar maka transaksi tidak dapat dilanjutkan

Apakah bisa menggunakan QRIS yang disimpan di handphone?

Nasabah dapat melakukan 2 (dua) cara untuk memindai QRIS
1. lakukan scan langsung pada QRIS yang disediakan merchant
2. Mengambil gambar QRIS yang sudah tersimpan di galeri foto pada telepon seluler

Apa bedanya QRIS dengan QR biasa?

QRIS memiliki informasi transaksi yang dibutuhkan oleh Nasabah untuk melakukan pembayaran pada merchant dan sudah disertifkasi oleh regulator

Apakah saya bisa menggunakan QRIS pada merchant online?

Semua merchant Online yang menerima pembayaran berlogo QRIS dapat digunakan untuk bertransaksi

Berapa limit transaksi QRIS?

  1. Limit per transaksi sampai dengan maksimum Rp 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah)
  2. Limit harian sampai dengan Rp 30.000.000 (Tiga Puluh Juta Rupiah)

Jika terjadi transaksi QRIS gagal tapi saldo berkurang apa proses yang harus dilakukan?

Jika Transaksi gagal tapi saldo berkurang maka maksimal dalam waktu 20 hari kerja akan dilakukan refund ke rekening nasabah, jika saldo belum kembali maka nasabah dapat melaporkan ke Call Hana untuk dapat diproses dalam waktu 14 Hari kerja
LINE Bank