Trik Menghemat Biaya Ongkos Transportasi dalam Sebulan

Trik Menghemat Biaya Ongkos Transportasi dalam Sebulan

Hi Sobat LINE Bank,

Mulai dari sekarang, kamu harus menghemat biaya ongkos transportasi lho! Karena seperti yang kita ketahui, BBM saat ini sudah naik. Hal ini tak hanya berdampak pada pengeluaran bensin kendaraan pribadi saja. Harga bensin naik juga menyebabkan kenaikan harga pada tarif ojek online baik untuk motor maupun mobil.

Simak ulasan berikut ini yuk, untuk mengetahui tips jitu menghemat ongkos transportasi! cekidot~

1. Pertimbangkan kembali jika ingin membeli kendaraan baru

Punya satu kendaraan saja di rumah rasanya sudah sangat cukup untuk saat ini. Namun, jika memiliki keinginan membeli kendaraan baru ada baiknya dipertimbangkan matang-matang.

Karena, harga bensin naik kemungkinan akan merubah seluruh skema pengeluaran keluarga juga bukan? Melansir dari laman Zap Finance, sebaiknya pengeluaran transportasi masih berada dikisaran 5% dari gaji bulanan yang didapat. Nah, jika kamu memiliki rencana untuk menambah kendaraan baru atau meng-upgrade dari motor ke mobil, ada baiknya dipikirkan secara lebih detail lagi. 

Kira-kira apakah ada tambahan penghasilan supaya pengeluaran transportasi keluarga masih sekitar 5% dari gaji? Atau justru dengan adanya kendaraan baru, biaya yang dikeluarkan akan sedikit melampaui batas?

2. Coba memanfaatkan transportasi umum

Transportasi umum di Indonesia ini sudah banyak berkembang. Contohnya, MRT yang cukup nyaman dan cepat, KRL, lalu ada Trans Jakarta, dan ada juga angkot-angkot dengan fasilitas yang cukup baik. 

Memanfaatkan ojek online dan sejenisnya juga bisa menjadi tips jitu menghemat biaya transportasi. Apalagi banyak Promonya kendaraan online, contohnya kamu bisa manfaatkan Promo LINE Bank dengan Grab Car atau Bike. Kemana aja bisa pakai Grab DISKON hingga Rp25.000. Jadi makin cuan kan?

3. Gunakan sepeda bila jarak masih terjangkau

Berkendara menggunakan sepeda dapat hemat biaya transportasi sekaligus membuat badan menjadi lebih sehat. Eh tapi, sebelum memutuskan berkendara menggunakan sepeda, kenali dulu kondisi badan dan jarak tempuh yang akan dilalui. Jika kebetulan jarak yang ditempuh dekat dan masih terjangkau, kita bisa memanfaatkan transportasi yang satu ini, terutama saat harga bensin naik.

Jenis sepeda saat ini juga sudah banyak dan lebih modern, salah satunya sepeda lipat yang ngga makan tempat. Beberapa dari kita ada juga yang menggunakan sepeda lalu memanfaatkan KRL atau MRT untuk menuju tempat yang lebih jauh. 

Pastikan juga sepeda yang dibawa dilipat dan tidak mengganggu penumpang lain. Kenali juga rambu-rambu jalan yang ada, jangan sampai salah masuk jalur cepat khusus mobil ya!

4. Hindari berpergian pada jam sibuk

Untuk pengguna ojek online, biasanya perlu siasat jitu nih supaya bisa menghemat biaya transportasi meski harga bensin naik dan disertai juga dengan kenaikan tarif ojol. Hindari bepergian pada jam macet karena sudah dapat dipastikan tarifnya akan melambung tinggi. 

Jam macet ini biasanya adalah waktu berangkat ke kantor, jam istirahat makan siang, pada sore hari setelah jam 15.00, hingga mendekati waktu pulang kantor selepas magrib. Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, perlu mengenali jam-jam macetnya terlebih dahulu supaya terhindar dari tarif ojol yang meningkat tajam.

5. Memilih tempat tinggal yang dekat kantor

Jika belum berkeluarga dan masih nomaden, ada baiknya memikirkan tempat tinggal yang dekat dengan kantor untuk menghemat biaya transportasi. Alih-alih menggunakan kendaraan, tempat tinggal yang dekat bisa juga ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Manfaat lain memilih tempat tinggal dekat kantor selain menghemat biaya, bagi para pekerja bisa lebih menghemat waktu dan punya jam istirahat cukup panjang.

6. Berbagi kendaraan dengan penumpang sejalur

Buat kamu yang harus kerja jauh dari rumah dan memanfaatkan kendaraan online untuk sarana transportasi bisa mempertimbangkan cara ini. Coba cek dulu teman-teman kantor yang searah dengan rumah nanti supaya ongkos ojolnya bisa dibagi rata. 

Selain itu, ada teman ngobrol seru serta sefrekuensi nih selama di perjalanan menuju rumah. Pastikan juga teman yang diajak tidak keberatan juga ya!

7. Pilih metode WFH jika memang ada

Nah, ada kabar baik untuk para pekerja selama masa pandemi ini. Beberapa perusahaan ada yang memberlakukan kebijakan Work From Home, Hybrid, remote, atau Work From Anywhere. Bila kantormu menjadikan hal ini sebuah fasilitas atau pilihan, ada baiknya kesempatan ini tidak disia-siakan.

Memanfaatkan metode kerja seperti ini tak hanya bisa menghemat biaya transportasi saja, melainkan bisa kerja lebih santai di rumah dan lebih dekat dengan keluarga. Bagi beberapa orang, jenis pekerjaan ini merupakan privilege yang dinantikan.

Gimana Sobat LINE Bank, tertarik buat mengehemat ongkos transportasi?

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Apa itu Dana darurat? Kenapa Kamu Wajib Punya?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328