Tips Menabung Saat Bulan Ramadan ala LINE Bank

4 Tips Menabung Saat Bulan Ramadan ala LINE Bank

Hi Sobat LINE Bank,

Tips menabung saat bulan Ramadan bukan tidak mungkin dilakukan. Selama ini kebanyakan orang jadi mengalami besar pasak daripada tiang pada momen Ramadan. Pengeluaran juga jadi lebih tak terkontrol lagi menjelang hari raya lebaran. 

Memang tidak ada salahnya untuk menyemarakkan lebaran dengan meriah, namun kamu juga tetap perlu mewaspadai kondisi keuangan kamu. Agar saat lebaran tidak alami boncos, maka kamu perlu menggiatkan menabung di bulan Ramadan. Berikut ini adalah tips untuk berhemat di bulan Ramadan, simak sampai bawah ya!

4 Tips Menabung Saat Bulan Ramadan yang Bisa Diterapkan

Beberapa orang berpikir bahwa mudah saja menabung saat Ramadan, bukankah dengan berpuasa tandanya pengeluaran untuk konsumsi juga akan berkurang? 

Namun pada prakteknya justru pengeluaran makin banyak dan membengkak, setelah dicek malah banyak dialokasikan untuk pembelanjaan makanan dan minuman. 

Untuk menghindari hal demikian dan finansial tetap jaya saat hari raya, kamu bisa ikuti tips agar ramadhan tidak boros di bawah ini!

1. Mematuhi Anggaran Awal

Pada awal bulan kamu pasti sudah menyusun anggaran dana dan alokasi kebutuhan. Maka, stick to the plan! Kamu harus patuh pada rencana keuangan yang sudah kamu buat. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir adanya keperluan yang sebenarnya tidak penting. 

Tambahkan juga daftar skala prioritas, sebelum melakukan pembelian juga sebaiknya kamu mengecek dana yang tersedia. Pengeluaran dan pemasukan harus sesuai dengan dana yang ada, mengikuti anggaran yang sudah direncanakan akan membawa keteraturan pada kondisi keuangan kamu.

2. Membuat Menu Buka dan Sahur Sendiri

Selagi kamu masih bisa membuatnya sendiri, sebaiknya memasak sendiri saja di rumah. Apalagi jika untuk seluruh anggota keluarga, membeli di luar hanya akan menambah pengeluaran. Sementara dengan membuat di rumah bisa lebih menghemat pembelanjaan. 

Dengan memasak lauk pauk atau takjil sendiri di rumah maka bisa menekan budget. Begitu juga untuk makan sahur, sebaiknya membuat sendiri di rumah. Kamu juga bisa mengatur agar makanan yang disajikan di meja sesuai kebutuhan gizinya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Buka Bersama Ramadan 2024 di Jakarta

3. Membatasi Pengeluaran Bukber Saat Ramadan

Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan kamu jadi kesulitan untuk menabung 30 hari di bulan ramadhan. Pasalnya ajakan bukber pasti selalu berdatangan, mulai dari teman TK hingga kolega kerja dan kerabat atau saudara. Jika sekali bukber saja mengeluarkan 50 ribu per orang, apabila menerima 5 ajakan sudah Rp250.000 yang akan kamu gelontorkan. 

Belum lagi untuk anggota keluarga lainnya yang juga akan bukber, berapa dana yang kamu habiskan hanya untuk bukber? Tentu tidak ada larangan untuk melakukannya, namun jika bisa maka jangan berlebihan dan sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

4. Menyimpan Uang Receh

Tak sedikit orang yang mengabaikan recehan, biasanya uang kembalian dalam bentuk receh atau logam kita biarkan begitu saja. Padahal bisa dikumpulkan dalam satu wadah atau celengan, dapat menjadi tambahan untuk sukseskan tips menabung saat bulan ramadhan. 

Jika rajin mengumpulkan uang receh tiap hari 1.000 hingga 2.000 dalam satu bulan bisa saja mencapai Rp50 ribu. Kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk sama-sama melakukan ini. Hasilnya bisa dipakai untuk membeli gas atau air galon di bulan mendatang, bukankah jadi lebih hemat?

Bagaimana kondisi finansial kamu? Pastikan selalu mengelolanya dengan lebih cermat.

Selain itu, untuk urusan menabung, kamu bisa mengandalkan LINE Bank. Tak hanya bisa menyimpan uang, juga mempermudah kamu dalam melakukan transaksi sehari-hari. Serta ntuk lebih mengoptimalkan pengelolaan keuangan, Sobat LINE Bank dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan opsi tabungan deposito dari LINE Bank. Bersama dengan penawaran suku bunga yang kompetitif dan jangka waktu yang dapat disesuaikan, LINE Bank memberikan solusi menabung deposito yang aman dan sangat menguntungkan. 

Terlebih, opsi tabungan deposito yang tersedia lebih mudah karena dimulai dari Rp 1 juta dan akun dapat diakses dalam waktu 24 jam. Tunggu apalagi? Unduh aplikasi LINE Bank sekarang dan temukan layanan tabungan deposito bunga 6% cuma di LINE Bank!

Baca juga : Rasio Ideal Alokasi Gaji untuk Bayar Angsuran

LB-banner-4

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285