Tipe-Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

Tipe-Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

Hi Sobat LINE Bank,

Setiap orang pasti memiliki cara dan tipe kepribadian yang berbeda dalam mengelola keuangannya. Pernahkah kalian berpikir atau membandingkan cara kalian dengan teman atau keluarga? Pastinya akan ada hal-hal unik dari setiap orang ketika mengelola keuangan. Hal itu pula yang menjadi alasan akademia untuk melakukan penelitian terhadap tipe kepradian dalam mengelola keuangan.

Hasilnya, ternyata ada beberapa tipe kepribadian dalam mengelola keuangan loh! Seorang perencana keuangan, Ray Linder, mengatakan bahwa kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan dipengaruhi oleh kepribadian yang dimiliki orang tersebut. Linder pun membagi kepribadian tersebut ke dalam 4 tipe kepribadian.

4 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan Menurut Ray Linder

1. Pleaser (Tipe Pencari Kesenangan)

Orang dengan tipe Pleaser suka menggunakan uangnya untuk kesenangan pribadi dan orang-orang di sekitarnya. Mereka suka untuk membelikan barang atau makanan demi kesenangan teman atau keluarganya. Tipe ini juga cenderung boros karena selalu menggunakan uangnya untuk kesenangan pribadi dan orang lain.

2. Players (Tipe Pemain)

Selanjutnya adalah orang dengan tipe Players. Orang dengan tipe players suka menggunakan uangnya untuk bermain. Mereka menganggap bahwa uang adalah alat permainan yang bisa digunakan untuk kesenangan pribadinya.

Contohnya menggunakan uang untuk membeli game, atau top-up berlebihan. Tipe ini cenderung konsumtif dan impulsif dalam menggunakan uangnya.

3. Protector (Tipe Penjaga)

Orang dengan tpe Protector sangat memikirkan masa depan dan bersikap konservatif dalam menjaga uang mereka. Tipe ini suka membeli barang yang sudah diketahui kualitasnya. Mereka juga suka membuat rencana keuangan yang detail agar merasa aman.

Sayangnya, tipe ini akan secara ekstrim membatasi apa yang boleh dan tidak boleh dibeli. Akibatnya, mereka sulit menikmati hidup dan membuat keputusan ketika terjadi perubahan dalam keuangannya.

4. Planner (Tipe Perencana)

Tipe yang terakhir adalah Planner. Orang dengan tipe ini cenderung cermat dan bisa mengelola keuangan dengan baik. Meskipun sekilas tipe Planner mirip dengan Protector, tapi tipe ini lebih mampu mengambil resiko.

Setelah membaca tipe-tipe kepribadian menurut Ray Linder, kira-kira kamu masuk tipe yang mana nih?

5 Tipe Mengelola Keuangan Menurut University of Nebraska-Lincoln Resources

Selain Ray Linder, University of Nebraska-Lincoln Resources juga melakukan penelitian yang serupa. Hasilnya ada 5 tipe kepribadian dalam mengelola keuangan. Yuk, kita simak tipe-tipe tersebut!

1. Spender

Orang dengan tipe Spender suka menggunakan uang untuk membeli barang atau jasa yang membuatnya senang. Akibatnya, mereka cenderung kesulitan untuk menabung dan menyusun prioritas.

2. Hoarder

Tipe Hoarder suka menabung dan memprioritaskan keadaan finansial. Wajib bagi mereka untuk memiliki budget yang terstruktur dan budget itu pun harus selalu ditinjau secara berkala. Tipe ini sangat cermat dan teliti dalam mengelola keuangan.

3. Avoider

Tipe Avoider adalah tipe orang yang kesulitan dalam mengelola keuangan. Mereka kesulitan dalam mengatur gaji, membayar tagihan, dan cenderung membayar pajak ketika sudah dekat dengan deadline.

Mereka tidak tahu berapa banyak uang yang mereka punya, berapa banyak mereka berhutang, atau berapa banyak yang mereka habiskan. Tipe ini sangat ceroboh dan tidak bijak dalam mengelola keuangan.

4. Amasser

Orang dengan tipe Amasser paling senang ketika punya banyak uang untuk disimpan, digunakan, atau diinvestasikan. Mereka cenderung menyamakan uang dengan harga diri dan kekuasaan. Artinya, mereka merasa gagal ketika tidak memiliki banyak uang.

5. Money Monk

Tipe Money Monk beranggapan bahwa uang itu kotor, buruk, dan bisa membuat orang-orang menjadi jahat. Secara garis besar, mereka percaya bahwa uang adalah akar dari segala kejahatan. Tipe ini sangat sinis dengan uang dan sebisa mungkin menghindarinya.

Nah, itu dia mengenai Tipe-Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan. Jika kamu membutuhkan dana cepat, salah satu instansi yang terpercaya untuk memberikan pinjaman adalah LINE Bank! LINE Bank menyediakan pinjaman KTA yang gak ribet, pengajuan yang cepat, mudah, dan bebas biaya admin. Maksimal pinjaman KTA LINE Bank juga bisa sampai Rp.300.000.000 lho! Bunganya juga rendah bisa mulai dari 0.88% per bulannya!

Psst, lagi ada promo kalau kalian ngajuin pinjaman sampai tanggal 31 Oktober 2023 nih! Bisa lho, cashback hingga Rp.2.000.000! Yuk tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan LINE Bank sekarang!

Baca juga: 5 Pinjaman 100 Juta Tanpa Jaminan dan Cara Mendapatkannya

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295