Pengen Traveling Tapi Takut Ada COVID XBB? Simak solusinya!

Pengen Traveling Tapi Takut Ada COVID XBB? Simak solusinya!

Setelah sebelumnya peraturan telah dilonggarkan, dimana kalian sudah boleh traveling dan berkegiatan seperti normal seperti nonton konser dll, asal menggunakan masker. Namun dunia kembali dihebohkan dengan adanya penularan yang lebih cepat dari varian baru Omicron jenis XBB.

Lantas bagaimana gejala dan cara penularan XXB serta upaya yang dilakukan untuk mengantisipasinya? Berikut dirangkum Harian Haluan dari prevention, Minggu, 23 Oktober 2022.

Varian XBB adalah salah satu varian Omicron yang menyebar dengan cepat saat ini, kata Thomas Russo, profesor dan kepala penyakit menular di Universitas di Buffalo di New York. Itu termasuk varian BQ.1.1, BQ.1, BQ.1.3, BA.2.3.20, dan XBB.

Varian ini pertama kali terdeteksi pada Agustus 2022 di India, dan telah terdeteksi di lebih dari 17 negara sejak saat itu, termasuk Australia, Bangladesh, Denmark, India, Jepang, dan AS, menurut Kementerian Kesehatan Singapura.

XBB dianggap memiliki kemampuan menghindari perlindungan antibodi dari varian COVID yang baru muncul ini, menurut sebuah studi pra-cetak dari para peneliti di China. Namun apasaja sih gejala varian baru ini? Yuk simak agar kamu bisa lebih waspada

Gejala varian XBB

Sejauh ini, gejala XBB tampaknya mirip dengan gejala COVID-19 pada umumnya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hal tersebut dapat mencakup:

  • Demam atau kedinginan
  • Batuk
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Mudah Kelelahan
  • Nyeri otot atau tubuh
  • Sakit kepala
  • Hilangnya rasa atau bau baru
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat atau pilek
  • Mual atau muntah
  • Diare

Bagaimana Cara Mencegah Varian XBB?

Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. M. Syahril, mengatakan bahwa varian XBB memang cepat menular, tetapi fatalitasnya tidak lebih parah dari Omicron.

Dilansir dari laman Kemenkes, adapun cara mencegah infeksi varian XBB ini masih sama dengan pencegahan varian lain virus Corona, yakni:

  1. Memakai masker dengan benar
  2. Menghindari kerumunan
  3. Mencuci tangan dengan air dan sabun
  4. Melakukan testing jika mengalami tanda dan gejala Covid-19
  5. Segera melakukan vaksinasi Covid-19 untuk meningkatkan proteksi terhadap virusnya

Nah itu dia yang perlu kamu waspadai untuk mengetahui gejala covid xbb dan cara mencegahnya. Tenang saja, kamu masih boleh kok traveling ataupun melakukan aktivitas seperti biasa. Asalkan masih menerapkan protokol dan jika dirasa kurang enak badan diharapkan untuk melakukan test dan isolasi mandiri dirumah. Nah ngomong-ngomongin pengen traveling ataupun melakukan aktivitas akhir tahun lainnya, kamu sudah siapkann budget untuk wishlist kamu belum? Jika belum, kamu bisa kok ajukan pinjaman KTA atau Quick credit LINE Bank. Apalagi sekarang sedang ada promo Xtra Kilat dimana kamu akan dapat Cashback hingga Rp 2.000.0000 lho!

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga : Kenali, Ini Tanda Red Flag Dalam Keuangan-mu!

Bagikan ke Temanmu