Murah Mana Kendaraan Pribadi atau Naik Transportasi Umum?

Hi Sobat LINE Bank,

Kalau bertanya ke banyak orang tentang pendapat mereka: mana yang lebih murah, menggunakan transportasi umum atau pakai kendaraan pribadi, jawabannya pasti beda-beda. Memang, karena jawabannya bergantung pada beberapa faktor.

Murah Mana Kendaraan Pribadi atau Naik Transportasi Umum?

Bandingkan Biaya Transportasi Yang Paling Murah

Jika dilihat sekilas, menggunakan transportasi umum kelihatan lebih murah dibandingkan menyetir kendaraan pribadi. Kamu nggak perlu membeli mobil yang harganya mencapai ratusan juta atau motor yang lebih murah, nggak perlu menyiapkan uang untuk asuransi kendaraan, pajak kendaraan, merawat kendaraan, membeli bensin, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait kendaraan pribadi.

Tapi, tergantung transportasi umum yang kamu pilih, bisa jadi memiliki kendaraan pribadi lebih murah. Misalnya, jika dihitung biaya yang harus dikeluarkan sekali jalan dan apabila setiap kali bepergian kamu memilih naik taksi. Jika dalam sehari kamu naik taksi beberapa kali dan terjebak macet di jalan, berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan dalam sebulan? Bagaimana dalam setahun? Bandingkan biayanya dengan biaya membeli motor, jika ini kendaraan pribadi yang kamu miliki.

Faktor Kenyamanan Harus Dipertimbangkan

Selain opsi transportasi mana yang lebih murah, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti faktor kenyamanan. Naik kereta atau taksi? Kalau naik kereta, kamu harus memikirkan cara (dan mungkin keluar uang) untuk terlebih dahulu sampai ke stasiun. Jika naik taksi, kamu bisa langsung sampai ke tempat tujuan.

Kalau kamu lebih nyaman mana, naik kereta yang lebih murah tapi sedikit lebih repot atau naik taksi dengan biaya yang lebih mahal tapi lebih praktis? Semua tergantung dirimu sendiri.

Begitu pula dengan kendaraan pribadi. Kenyamanan yang ditawarkan mobil pribadi, misalnya saja penggunanya bisa sambil mendengarkan musik dan nggak perlu mengkhawatirkan ramainya kendaraan umum. Kendaraan pribadi juga menjadi solusi fleksibel karena bisa dipakai kapan saja diperlukan. Ketika mengalami situasi darurat seperti anak sakit, kamu bisa langsung mengantarnya ke rumah sakit.

Jadi Lebih Hemat Mana, Menggunakan Kendaraan Pribadi atau Transportasi Umum?

Sebenarnya tiap orang punya jawaban berbeda tentang mana yang lebih murah dan menghemat pengeluaran, apakah naik mobil pribadi atau pakai kendaraan umum. Karena, kebutuhan tiap orang beda. Pastikan kamu menghitung semua komponen biaya yang terlibat, baik untuk kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Yang lebih penting adalah memilih cara bepergian yang terbaik untukmu. Malah, kamu bisa menggabungkan keduanya. Bisa jadi untuk ke kantor kamu menggunakan transportasi umum karena lebih hemat. Tapi saat jalan-jalan ke mall, kamu lebih suka pakai kendaraan pribadi. Alasannya, karena nggak setiap hari ke mall.

Siapkan Dana Transportasi Dengan Mengatur Uang Dengan Baik

Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk selalu siap sedia dalam hal dana transportasi. Karena satu hal yang pasti, kamu perlu uang untuk bisa bepergian ke tempat tujuan, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Bareng LINE Bank segala urusan finansial jadi beres. Mulai dari mengatur uang buat beli bensin, bayar parkir, perawatan mobil, naik taksi, top up saldo supaya pas tap kartu nggak bunyi ketika naik KRL atau Transjakarta, semua bisa dilakukan cuma dari ponsel.

1. Bikin Rekening terpisah untuk transportasi-mu

Supaya dana transportasi nggak bercampur dengan dana kebutuhan lainnya seperti makan, jajan, tagihan bulanan, belanja rumah tangga, skincarefashion, dana darurat, tabungan pendidikan anak dan transfer ke orang tua, pisahkan pakai multi rekening LINE Bank.

Pada dasarnya multi rekening ini adalah istilah yang LINE Bank buat untuk memudahkanmu mengerti akan maksudnya fitur kami, yaitu memiliki rekening lebih dari satu. Bahkan di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. 

2. Gunakan QRIS atau kartu debit LINE Bank kapanpun mungkin agar pembayaran lebih praktis dan pakai budget yang sudah dialokasikan

Tujuan pengalokasian budget bukan hanya untuk memastikan ketersediaan dana, tetapi juga menghindari terjadinya pemakaian dana untuk kebutuhan lain dan pengeluaran berlebih atau overspending.

Untuk itu, kamu bisa melakukan pembayaran pakai QRIS atau kartu debit LINE Bank. Misalnya, ketika beli bensin dan bayar taksi, kamu bisa pilih non tunai dengan menggunakan salah satu alat pembayaran yang ada, baik kartu debit atau QRIS. Jadi lebih bisa teratur sesuai dengan alokasi rekeningnya deh.

So, kalau ditanya mana lebih murah antara menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, Itu tergantung pribadi masing-masing ya. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan kamu harus evaluasi secara berkala.

Nah gimana, udah punya rekening LINE Bank nya belum? Gak nggak usah pikir dua kali! Langsung aja, Download aplikasi LINE Bank sekarang!

Baca juga : Pengen Trip Ke Korea Gratis? Cek Program Spend2fly Beserta Destinasi-nya

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 354