Kredit Konsumtif: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Hai, Sobat LINE Bank!

Apakah kalian pernah menggunakan kredit? Tapi, apa sih itu kredit? Kredit adalah sebuah fasilitas untuk meminjam uang. Kredit umumnya terbagi menjadi dua yaitu kredit konsumtif dan kredit produktif.

Berbeda dengan kredit produktif yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu dari pinjaman contohnya seperti modal bisnis. Kredit konsumtif digunakan biasanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang kredit konsumtif. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya, guys!

Pengertian Kredit Konsumtif

Kredit konsumtif adalah sebuah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank kepada debitor. Pinjaman ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginan yang sifatnya pribadi. 

Pemberian kredit biasanya akan diberikan secara bertahap oleh bank. Bank akan menawarkan produk kredit konsumtif dengan beragam.

Untuk memilih kredit konsumtif kalian harus mempertimbangkan faktor jumlah limit kredit konsumtif, besaran bunga yang diberikan, masa tenggang kredit, dan total jumlah kredit pokok dan suku bunga kredit.

Setelah kalian menyetujui ketetapan yang diberikan oleh bank, maka bank akan mencairkan dana kredit kalian secara bertahap. Periode waktu kredit konsumtif juga biasanya cenderung singkat.

Meskipun, bisa dikatakan bahwa kredit konsumtif adalah metode peminjaman yang didedikasikan untuk kebutuhan pribadi yang tidak menghasilkan laba ataupun memiliki perputaran uang. Tapi, eits jangan salah, kebutuhan pribadi juga bisa menjadi hal yang produktif lho.

Misalnya, kalian ingin membayar UKT semester kuliah. Tentu saja, pendidikan bisa menjadi salah satu faktor tingkat produktifitas seseorang, bukan?

Fungsinya Apa Ya?

Pengadaan fasilitas kredit konsumtif tentu saja memiliki beberapa fungsi.

Fungsi utama dari kredit konsumtif adalah memberikan dana pinjaman kepada orang-orang yang sedang membutuhkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya entah dikarenakan tengah dilanda kondisi tertentu. Kredit konsumtif juga dapat diberikan kepada orang-orang yang memiliki keinginan untuk mendapatkan sesuatu namun dana yang dimiliki tidak mencukupi.

Dikarenakan demi kepentingan pribadi, maka kebanyak kredit konsumtif biasanya cepat cair, tidak perlu jaminan, dan nominalnya kecil. 

Perbedaan Kredit Konsumtif vs Kredit Produktif

Meskipun keduanya adalah kredit. Namun kredit konsumtif dan kredit produktif memilih perbedaan yang signifikan.

  1. Perbedaan Penggunaan

Perbedaan utama adalah kredit produktif adalah kredit yang diberikan oleh bank atau instansi tertentu untuk nasabah yang memiliki usaha dan menggunakan dana pinjaman tersebut untuk memperkuat usahanya maupun melakukan ekspansi bisnis.

Sementara, kredit konsumtif adalah kredit yang diberikan oleh bank untuk nasabah yang memiliki keinginan atau kebutuhan tertentu.

  1. Lama Habisnya Kredit

Akibat dari cara penggunaan yang berbeda, kredit konsumtif lebih cepat habis dibandingkan kredit produktif. Hal ini disebabkan dana dari kredit konsumtif hanya digunakan untuk konsumsi. Sementara, kredit produktif digunakan untuk memproduksi sesuatu yang bisa menghasilkan laba sehingga terjadi perputaran uang.

  1. Periode Pinjaman

Perputaran uang merupakan hal yang membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, biasanya kredit produktif memiliki jatuh tempo yang lebih longgar dibandingkan kredit konsumtif.

Contoh Penggunaan

Untuk semakin memperjelas tentang kredit konsumtif, kita akan menyantumkan beberapa contoh penggunaan kredit konsumtif. Yuk disimak, guys!

  1. Untuk Biaya Pendidikan

Salah satu penggunaan kredit konsumtif adalah untuk membayar biaya pendidikan, baik untuk membayar SPP bulanan ataupun membayar uang UKT juga membeli perlengkapan pendidikan.

Meskipun, disebutkan bahwa kredit konsumtif tidak menghasilkan laba, pendidikan juga bisa dijadikan sebagai investasi masa depan.

  1. Untuk Biaya Rumah Sakit

Terkadang, kita bisa dilanda musibah secara mendadak. Apalagi, salah satu hal buruk adalah jika diri kita atau keluarga tersayang masuk ke rumah sakit dan membutuhkan biaya. Apabila tidak memiliki dana simpanan yang cukup, kredit konsumtif bisa digunakan untuk membayar biaya rumah sakit.

  1. Untuk Membeli Kendaraan

Kendaraan merupakan salah satu hal krusial. Hal ini dikarenakan mobilitas memainkan peran penting, entah dikarenakan kebutuhan pekerjaan ataupun untuk kepentingan lainnya baik berupa sepeda motor atau mobil.

  1. Untuk Membeli Gadget

Seiring perkembangan teknologi setiap tahunnya. Tentu, gadget juga selalu mengalami pembaharuan. Apalagi, kita menggunakan gadget baik laptop, tab, PC, dan smartphone untuk kegiatan sehari-hari. Baik untuk berkomunikasi, bermain, dan juga bekerja.

Membeli gadget terbaru juga akan mendorong produktivitas kalian sehingga menghasilkan perputaran uang meski secara tidak langsung.

Yuk, pastikan untuk membil gadget sesuai kebutuhan untuk mendukung produktivitas kalian ya, Sobat LINE Bank!

  1. Untuk Pernikahan

Pernikahan suka membawa perasaan manis karena akhirnya bersatu dengan pasangan. Banyak pasangan memilih untuk merayakan hari tersebut dengan sebaik-baiknya. Untuk mewujudkan pernikahan idaman ataupun ingin mengadakan upacara pernikahan adat, menggunakan kredit konsumtif bisa menjadi salah satu opsinya.

Nah, begitulah pembahasan kita kali ini tentang kredit konsumtif. Sederhananya, kredit konsumtif adalah kredit yang digunakan untuk kepentingan konsumsi baik untuk kebutuhan maupun keinginan. Nah, gimana sudah paham kan perbedaannya? Jangan sampai kalian salah dalam penggunaannya, ya, guys!

Kalau kalian sedang butuh dana tapi terlalu mager untuk keluar rumah, no worries, sekarang sudah ada pinjaman bank online LINE Bank! Aman dan terpercaya lho! Mumpung LINE Bank sedang ada promo cashback Quick Credit dan KTA besar-besaran sampai tanggal 31 Desember, skuy baca selengkapnya tentang LINE BANK disini!

Baca juga: Catat! Ini Manfaat Menggunakan Kredit Online

download LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325