Hati-Hati! Modus Penipuan Baru Bobol Rekening Lewat Undangan Nikah

Hati-Hati! Modus Penipuan Baru Bobol Rekening Lewat Undangan Nikah

Sobat LINE Bank, berhati- hati ya! Karena ada modus penipuan baru, melalui undangan pernikahan. Hal ini berawal karena pernikah marak di Indonesia awal tahun ini. Modus serupa masih terjadi akhir tahun lalu, namun berkamuflase sebagai tautan atau link kurir. Banyak institusi terutama oer bank pun memberi peringatan kepada nasabah agar berhati-hati terhadap modus penipuan berkedok link undangan nikah. Nah supaya sobat LINE Bank tidak tertipu, berikut tips untukmu mengidentifikasi penipu!

Ciri-ciri modus penipuan link undangan nikah sebagai berikut:

  • Pelaku memperoleh nomor ponsel WhatsApp calon korban, yang belum diketahui darimana asalnya. Namun nomor ponsel warga Indonesia beberapa kali dikabarkan bocor dan beredar di internet, sehingga bisa diambil oleh siapapun.
  • Pelaku mengirimkan link undangan nikah beserta foto kepada calon korban
  • Ketika link itu diklik oleh calon korban, maka muncul notifikasi untuk mengunduh atau download
  • Jika calon korban mengizinkan untuk mengunduh, maka pelaku langsung mendapatkan akses terhadap SMS yang diterima korban. Dengan begitu, pelaku bisa mengetahui isi pesan yang masuk via SMS.
  • Jika calon korban mengabaikan notifikasi unduh, pelaku akan mengirimkan notifikasi lainnya. Alhasil, akan muncul notifikasi lain di handphone atau HP calon korban untuk meminta izin akses SMS, termasuk data dokumen dan foto perangkat. Jika calon korban mengizinkan atau klik allow, maka pelaku bisa mengetahui isi pesan yang masuk via SMS.
  • Setelah mendapatkan akses ke SMS korban, pelaku bisa membuka rekening korban dan menguras semua uang di dalamnya.

Modus serupa diterapkan oleh pelaku penipuan berkedok kurir. Mereka mengirimkan foto dan link yang diklaim memuat informasi pengiriman paket. Padahal, kurir tidak pernah mengirimkan link pengiriman paket kepada konsumen.

Tips untuk menghindari penipuanlink undangan nikah atau kurir, sebagai berikut:

  • Masyarakat yang merasa nomor ponsel-nya sudah bocor, segera mengganti password dan PIN aplikasi bank atau m-banking
  • Jika masih ragu, ganti akun m-banking atau nomor HP yang didaftarkan untuk m-banking
  • Nasabah pengguna Mobile Banking diharapkan tidak mengunduh aplikasi apapun yang tidak diketahui keamanannya, terlebih lagi jika men-download aplikasi di luar Google Play Store atau App Store. Terkait penipuan undangan nikah dan link kurir J&T, biasanya tertulis .Apk di tautan.
  • Jika sering menggunakan Mobile Banking dan saldo signifikan di bank, gunakan HP terpisah untuk Mobile Banking

Berikut cara lain untukmu yang ingin mengantisipasi sang penipu:

1. Jangan pernah klik link atau tautan dengan sembarangan! Jika ada yang mengirimkan kamu link atau tautan yang berasal dari situs yang tidak resmi, maka abaikan saja. Penipu biasanya akan mengirimkan file ekstensi yang berjenis .apk, .exe,.run, .jar, .bin, dsb.

2. Hati- hati jangan memberikan data pribadimu Jangan pernah memberikan Kode OTP, CCV, KTP dan Password dengan alasan apapun.

3. Selalu update & ganti passwordmu secara berkala Diusahakan untuk tidak menggunakan pasword yang sama di setiap akunmu.

4. Pastikan kamu hanya menerima info dari akun resmi LINE Bank!

Kamu bisa cek di official Website atau Social Media LINE Bank berikut ya.

Call Hana 1500 021.
Whatsapp Hana di 0811-9710-0021 (ada centang hijau)
Twitter LINE Bank di @linebankid

Nah itu dia cara mengantisipasi modus penipuan baru bobol rekening lewat undangan nikah. Kamu jangan sampai tertipu ya, selalu waspadai hal hal mencurigakan!

Buat kamu yang belum memiliki rekening LINE Bank, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Mengamankan Akun LINE Bank-mu

Bagikan ke Temanmu