8 Cara Kredit HP Online dengan Mudah

7 Cara Kredit HP Online dengan Mudah

Hi Sobat LINE Bank!

Punya smartphone baru dengan spesifikasi bagus memang kadang sukses bikin penasaran. Apalagi jika kamu memang dalam kondisi yang sedang membutuhkan perangkat baru sebagai sarana komunikasi dan alat pendukung aktivitas harian. 

Namun, jika HP incaranmu belum sesuai budget, kamu bisa mencari solusi dengan menggunakan sistem kredit secara online. Melakukan pembelian barang elektronik secara online bukan lagi hal baru. Kamu bahkan bisa melakukan pembelian melalui sistem kredit. Nah, seperti apa, sih, cara kredit HP online yang memungkinkan untuk bisa kita akses? Simak sama-sama artikel berikut, ya!

Bagaimana Cara Melakukan Kredit HP Online?

Kredit HP secara online bisa jadi solusi kebutuhanmu yang membutuhkan gadget baru dengan dana terbatas. Berikut ini langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk kredit HP secara online:

1. Cari Penyedia Layanan Kredit HP Online

Saat ini, banyak situs dan layanan kredit yang bisa dimanfaatkan untuk meraih kesempatan pendanaan demi membawa pulang smartphone impian. Mulai dari layanan keuangan dan perbankan digital atau fintech, sampai layanan yang disediakan langsung oleh e-commerce. 

Penting untuk melakukan riset terhadap platform dan layanan kredit yang akan kamu pilih. Pelajari syarat dan ketentuannya, suku bunga, hingga jangka waktu pembayaran atau pelunasan.

Perhatikan juga kredibilitas platform yang akan digunakan. Kamu bisa melihat reputasi dari rating dan ulasan pengguna sebelumnya yang bisa diakses secara bebas di mesin pencari atau media sosial. Kamu juga bisa, kok, menjadikan pengalaman pelanggan sebelumnya sebagai bahan pertimbangan dalam memilih penyedia layanan kredit. 

2. Memilih HP yang Dibutuhkan

Saat memiliki keinginan untuk mendapatkan sebuah barang, sudah pasti kamu akan menelusuri berbagai halaman pencarian untuk menemukan deskripsi dan ulasan yang bisa menjelaskan berbagai keunggulan dan spesifikasi HP. 

Namun, selain menjadikan spesifikasi sebagai dasar pembelian, kamu juga harus pintar-pintar mengatur anggaran dana agar cocok dengan kebutuhan gadget. Harga biasanya akan berbanding lurus dengan spesifikasi, fitur, dan kecanggihan dari smartphone yang kamu pilih. Namun, jika memang kebutuhanmu memerlukan spesifikasi yang tinggi, tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana lebih.

3. Temukan Best Deal yang Cocok

Banyaknya pilihan platform yang bisa kamu tuju untuk kebutuhan kredit HP online, akan memudahkanmu untuk menemukan penawaran terbaik yang sesuai dengan situasi dan kondisi keuanganmu. Misalnya dengan memperhatikan suku bunga yang ditawarkan, jangka waktu pinjaman, dan biaya lain yang mungkin akan timbul terkait administrasi.

Untuk memudahkanmu melihat perbandingannya, kamu bisa membuat tabel sederhana menggunakan spreadsheet atau excel di komputer. Lalu, tuliskan preferensi kamu terkait layanan kredit dan platform pinjaman. Kemudian, isi tabel tersebut sesuai informasi yang sudah kamu peroleh dari hasil riset. Tada! Kini kamu jadi lebih mudah untuk memutuskan mau pakai platform yang mana.

4. Pahami Syarat dan Ketentuan 

Sudah tahu platform mana saja yang kini menjadi kandidat dalam list yang kamu buat? Saatnya pelajari syarat dna ketentuan yang diminta agar permohonan kreditmu bisa diproses. Misalnya seperti melampirkan data diri atau dokumen-dokumen tertentu.

Jika menemukan kejanggalan atau penjelasan lebih lanjut terkait syarat dan ketentuan yang tercantum, jangan sungkan untuk menghubungi call center penyedia kredit agar kamu bisa mendapatkan penjelasan konkrit mengenai layanan yang mereka tawarkan. Sehingga, tidak akan ada kesalahan atau miskomunikasi yang timbul di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Syarat Mengajukan Pinjaman Online  

5. Menyiapkan Anggaran

Setelah mempelajari syarat, ketentuan, saatnya kamu mempelajari skema cicilan dan kebijakan bunga pinjaman. Masing-masing penyedia layanan kredit biasanya memiliki kebijakan yang berbeda mengenai hal ini. Untuk itu, siapkan anggaran yang sesuai tanpa mengganggu pos anggaran kebutuhan utama. Sistem kredit tentunya akan berlangsung selama beberapa waktu, untuk itu, penting agar kamu menyiapkan anggaran yang tepat dan konsisten dalam melakukan pembayaran. 

6. Belum Yakin? Boleh Minta Simulasi Cicilan, Kok

Jangan sungkan untuk meminta simulasi cicilan kepada penyedia kredit jika kamu masih merasa belum PD dengan keputusanmu. Mempelajari simulasi cicilan, dapat membantu kamu menyiapkan anggaran dengan lebih baik, atau membuat keputusan yang lebih strategis. Misalnya, jika cicilan terasa berat, kamu bisa memperpanjang masa kredit. Jika risih terlilit utang terlalu lama, tidak ada salahnya juga untuk mengatur jangka pinjaman yang singkat. Selama kamu cocok dengan sistem yang digunakan penyedia jasa dan layanan, kamu langsung untuk mulai mengajukan.

Berikut contoh simulasi cicilan jika kamu saat ini sedang mengincar iPhone 15 Pro Max yang baru saja rilis dan akan segera tiba di Tanah Air dalam 1-2 bulan. iPhone 15 Pro Max 256GB dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 19,9 juta dengan cicilan 0% per bulan dan tenor pinjaman hingga 24 bulan, berikut kira-kira contoh simulasi cicilannya:

iPhone 15 Pro Max 256GB Harga Rp. 19,900,000 

Cicilan 12 bulan Rp. 1,658,333

Cicilan 18 bulan Rp. 1,105,555

Cicilan 24 bulan Rp. 829,166

iPhone 15 Pro Max 512Gb Harga Rp. 23,000,000

Cicilan 12 bulan Rp. 1,916,666

Cicilan 18 bulan Rp. 1,277,777

Cicilan 24 bulan Rp. 958,333

iPhone 15 Pro Max 1TB Harga Rp. 26,000,000

Cicilan 12 bulan Rp. 2,166,666

Cicilan 18 bulan Rp. 1,444,444

Cicilan 24 bulan Rp. 1,083,333

7. Mencari Tahu Kualitas Layanan Lainnya

Sistem kredit ini akan membuatmu terikat pada layanan dan syarat ketentuan dalam sistem penyedia kredit. Jadi, pastikan layanan lain yang mereka berikan juga sama baiknya, terutama layanan pengaduan dan customer service. Ini akan sangat membantumu jika nanti mengalami kendala jika terjadi permasalahan. Untuk itu, dibutuhkan layanan pelanggan yang responsif dan solutif serta mampu memberikan informasi dengan jelas agar dapat membantu pelanggan mengatasi permasalahan dan komplain.

8. Mengajukan Kredit

Jika kamu sudah mempelajari semua langkah di atas, dan sudah memilih HP yang diinginkan, saatnya mengajukan kredit HP tanpa DP atau umum melalui situs web atau aplikasi penyedia. Caranya adalah dengan mengisi formulir dengan lengkap dan jujur, serta ikuti petunjuk yang diberikan. Jika sudah, verifikasi data dan persyaratan, lalu unggah dokumen yang dibutuhkan. Misalnya seperti e-KTP, slip gaji, atau surat keterangan lainnya sebagai pendukung. 

Baca Juga: 4 Tips Kredit Motor Bekas Murah dengan Aman dan Mudah

Apa Saja Keunggulan Kredit HP Online?

Jika melakukan kredit HP secara online, kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan daripada kredit HP pada umumnya yang secara offline. Berikut ini adalah beberapa keunggulan kredit HP online.

1. Bisa Mendapatkan HP Secara Cepat dan Mudah

Salah satu keunggulan yang dapat diperoleh dari penggunaan kredit HP secara online adalah kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan ponsel yang diinginkan. Kredit online dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat modern, sehingga prosesnya berlangsung dengan lebih cepat.

Kamu dapat melakukan pengajuan kredit HP hari ini, dan dana sudah dapat tersedia besok atau bahkan pada hari yang sama. Selain itu, persyaratan yang dibutuhkan juga relatif lebih simple. Biasanya, penyedia kredit hanya meminta foto KTP, NPWP, slip gaji, serta beberapa dokumen pendukung lainnya.

2. Cicilan Tanpa DP dan Kartu Kredit

Manfaat utama dari penggunaan kredit ponsel secara online adalah bahwa kamu tidak diharuskan untuk memberikan uang DP kepada penyedia kredit. Kemudian, bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit, aplikasi kredit online ini juga memberikan bantuan yang signifikan, karena kamu masih dapat mengajukan dan mendapatkan dana, asalkan persyaratan peminjaman telah disetujui.

3. Proses Pengajuan Dilakukan Secara Online

Sesuai dengan namanya kredit HP online, pastinya proses pengajuan dilakukan melalui platform online. Keuntungan dari metode pembayaran ini adalah kemudahan dan kecepatan. Hal itu dikarenakan, kamu bisa dengan cepat mengajukan kredit kapan saja dan di mana saja hanya dengan membuka ponsel/laptop yang kamu miliki.

4. Bekerja Sama dengan E-Commerce

Dengan meningkatnya penggunaan kredit HP online di kalangan masyarakat, platform toko online atau e-commerce juga telah menyesuaikan diri dengan teknologi ini. Mereka telah berkolaborasi dengan penyedia kredit online sehingga pembeli dapat dengan mudah membeli HP yang mereka tawarkan dan membayarnya menggunakan fasilitas kredit HP online.

Jika kamu memenuhi persyaratan dan sudah melakukan verifikasi data dengan benar, kamu bisa menunggu persetujuan dari penyedia kredit. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari. Pastikan untuk memeriksa status aplikasi secara berkala.

Selain itu, kamu juga harus pintar-pintar, nih, mengelola keuangan dan menetapkan anggaran khusus setiap bulannya untuk membayar cicilan kredit HP online tanpa DP. Kamu juga bisa pilih KTA cepat cair dari LINE Bank untuk solusi pendanaanmu. Ajukan pinjaman, dan dapatkan cashback hingga Rp. 2,000,000 selama periode promo sampai 31 Desember 2023. Yuk, segera download dan buka rekening tabungan di LINE Bank! 

Baca juga: Catat! Ini Manfaat Menggunakan Kredit Online

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323