Bikin Bisnis cuma Modal Tiktok dan IG? 4 Tips Sosial Media dari Para Entrepreneur Sukses

Bikin Bisnis cuma Modal Tiktok dan IG? 4 Tips Sosial Media dari Para Entrepreneur Sukses

Hi Sobat LINE Bank!

Saat ini, mengembangkan bisnis lewat media sosial udah jadi tren, ya! Tapi, persaingan sengit ditambah minimnya pengalaman seringkali bikin kita ciut dan susah buat memulai.

Nah, buat kamu yang pengen tahu cara dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan media promosi online, kamu datang ke tempat yang tepat! Karena kali ini, kita bakal bakal kupas tuntas 4 strategi pemanfaatan media sosial dari para entrepreneur sukses yang dijamin bisa ningkatin eksistensi bisnismu di jagat maya. Check it out!~

Bagaimana Cara dalam Mengembangkan Bisnis dengan Menggunakan Media Promosi Online?

Untuk menjawab pertanyaanmu, berikut ini LINE Bank sajikan strategi mengembangkan bisnis secara online:

1. Optimasi Profil Akun Media Sosial Bisnis untuk Tingkatkan Kredibilitas Bisnis

Jared Atchison, salah satu tokoh di balik WPForms, membagikan informasi mengenai profil media sosial yang kurang optimal bisa menghambat pertumbuhan pelanggan hingga berpotensi menurunkan nilai penjualan. 

Melansir dari YCE.co, Jared mengingatkan untuk selalu memeriksa informasi bisnis di akun sosial media, sambil memastikan bahwa informasi tersebut selalu up-to-date, terutama buat bisnis yang lagi berusaha tumbuh secara online. 

Beberapa hal yang bisa kamu cek agar profil media sosial bisnismu lebih optimal adalah:

  • Nama, Alamat, Telepon: Buat nama profil yang sama di semua platform media sosial, untuk memudahkan target pasar mengenali dan mengingat bisnismu. Tambahin juga alamat dan kontak untuk ningkatin kredibilitas bisnismu di mata calon pelanggan.
  • Foto Profil: Pastikan warna dan gaya foto/gambar yang kamu gunakan sesuai dengan identitas bisnismu dan memiliki resolusi yang jelas.
  • Informasi Bio: Sajikan informasi dan fakta menarik seputar bisnismu yang membedakannya dengan pesaing atau jenis bisnis lain. Kamu juga bisa tambahkan slogan bisnismu agar calon pelanggan lebih mudah mengingat bisnismu.
  • Tautan: Tambahkan tautan yang mengarahkan ke website atau kontak bisnis untuk memudahkan target audiens dalam mencari tahu lebih lanjut mengenai produk atau layanan bisnismu.

Selain optimasi profil akun media sosial bisnis, jangan lupa untuk terus promosiin akun bisnismu biar makin banyak yang notice dan tertarik untuk berinteraksi. 

Kamu juga bisa lho, manfaatin relasi, seperti keluarga dan orang terdekat kamu buat bantu promosi buat peningkatan interaksi di akun media sosial bisnis kamu.

Dengan begini, dampaknya akan terus berkelanjutan, dan tanpa perlu iklan, jangkauan kehadiran media sosial bisnis kamu bisa terus bertumbuh. Tapi, kalau kamu punya budget buat iklan, gak ada salahnya juga untuk mencoba sesekali, agar bisa memperluas jangkauan pasar bisnis kamu kedepannya.

2. Terapkan Social Listening dalam Menyusun Strategi Bisnis

Cara dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan media promosi online berikutnya adalah melalui social listening. 

Dalam tulisannya yang membahas cara membangun kepercayaan pelanggan lewat media sosial, Chris Christoff, salah satu pendiri MonsterInsights, menekankan pentingnya social listening bagi para pelaku bisnis.

Menurutnya, social listening itu ibarat menguping pembicaraan orang lain tentang bisnis atau topik yang berkaitan dengan area bisnismu di berbagai platform. Nge-track obrolan kayak gini penting banget guna menghantam area-area yang bisa jadi bahan evaluasi sekaligus sumber inspirasi buat perkembangan bisnis kamu.

Ada juga saran dari Alfredo Atanacio, pendiri UassistME, yang menekankan pentingnya social listening buat ngecek kinerja kompetitor. Ini berarti kita bisa ngepoin konten, branding, dan tanggapan orang lain tentang produk atau layanan bisnis mereka. 

Data-data ini nantinya bisa kamu manfaatin buat membantu dalam nentuin strategi jitu untuk bersaing secara sehat di media sosial.

3. Manfaatkan Fitur Live-Streaming untuk Tingkatkan Penjualan

Nicci Carlson, salah satu pendiri ChicExecs dan Strategy Firm, menyoroti live-streaming di media sosial sebagai strategi marketing yang efektif dan efisien, karena membawa pengaruh besar dengan biaya yang relatif rendah. 

Apalagi sekarang lagi marak-maraknya live shopping yang menghadirkan pengalaman berbelanja interaktif, karena memungkinkan pembeli dan penjual terlibat dalam transaksi secara real-time. 

Tren gaya baru dalam berbelanja ini bisa membuka peluang besar bagi bisnis dalam meningkatkan visibilitas, jangkauan konsumen yang lebih luas, dan pada akhirnya mendongkrak penjualan serta pertumbuhan bisnis. 

Namun, perlu kita ingat, persaingan live shopping saat ini semakin ketat, karena beberapa bisnis sudah memiliki tim khusus yang melakukan live streaming selama 24 jam untuk memasarkan produk setiap harinya. Gokil banget, kan?

Jadi gak cukup tuh, kalau hanya ikut-ikutan live tanpa diimbagi strategi dan taktik yang tepat. Ingatlah, kalau dalam live streaming, kamu cuma punya beberapa detik untuk menarik perhatian audiens. Jadi, manfaatkan secara bijak dan penuh inovasi untuk bisa membuat potensial pembelimu terkesan, ya!

4. Bangun Personal Branding di Media Sosial untuk Perluas Jangkauan Bisnis

Menurut Kristopher B. Jones, pemilik LSEO.com, pelaku bisnis sebaiknya aktif berinteraksi dan membuat konten di berbagai platform media sosial.

Dengan kehadiranmu media sosial, kamu memberi peluang kepada audiens untuk mengenal dan mempercayai dirimu lebih dekat. Kondisi ini nantinya dapat membantu kamu dalam membangun dasar yang kokoh untuk personal branding. 

Penting untuk diingat, personal branding bukan hanya soal mempromosikan diri sendiri, tetapi juga untuk mempromosikan bisnis yang kamu miliki. 

Hal ini juga pernah disampaikan oleh Hermanto Tanoko, seorang konglomerat asal Surabaya. Ia merupakan pebisnis yang menaungi brand cat Avian dan air mineral Cleo, dalam Podcast Youtube bersama Raymond Chin

Menurutnya, bisnis bisa berkembang dengan baik selama memiliki mindset yang inovatif dan reaktif terhadap perubahan. Pemikiran tersebut muncul setelah menemui banyak kenalannya yang berhasil membangun bisnis dari nol berkat memanfaatkan personal branding di media sosial. 

Dengan membangun kredibilitas melalui personal branding di media sosial, kamu dapat menarik perhatian lebih banyak orang. Pada akhirnya, hal tersebut dapat mendukung pertumbuhan bisnismu dalam ekosistem digital. 

Nah, itulah 4 tips dari para entrepreneur sukses yang bisa kamu tiru. Kamu bisa memulai cara dalam mengembangkan bisnis dengan menggunakan media promosi online di atas. Semoga bermanfaat dan bisa membawa hasil yang baik bagi perkembangan bisnismu, ya!

Nah, buat kamu yang sedang bergelut dalam bisnis, yuk lirik LINE Bank sebagai partner dalam mengatur keuangan bisnismu. Di LINE Bank, ada produk pinjaman kredit tanpa agunan yang dijamin bisa penuhi kebutuhan bisnismu. Prosesnya cepat dan gak butuh jaminan!

Tersedia juga tabungan digital yang bisa memastikan keamanan dalam menyimpan hasil jerih payahmu. Paket komplit banget, kan?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk download LINE Bank sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungannya!

Baca Juga: Cara Promosi Bisnis Lewat Konten Kreatif ala Jerome Polin

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325