Berapa Persen Menabung dari Gaji: Tips Nabung untuk Karyawan

Hi Sobat LINE Bank!

Kita semua pasti tahu, menabung itu penting banget untuk kesiapan finansial jangka panjang. Tapi, persoalan seputar porsi tabungan yang ideal dan banyaknya kebutuhan terkadang malah bikin kita pusing dan berujung jadi lupa nabung gak, sih?

Terutama buat para karyawan yang setiap bulannya bergantung dengan gaji. Gimana ya, caranya supaya bisa mengamankan sebagian gaji buat masa depan, tanpa harus mengalami kekeringan dompet? 

Nah jangan khawatir, karena LINE Bank bakal kasih panduan praktis buat nentuin berapa persen menabung dari gaji yang pastinya ideal dan oke banget buat kamu terapin. Simak sampai tuntas, ya!

Berapa Banyak yang Harus Ditabung dalam Sebulan?

Salah satu tips alokasi keuangan yang cukup populer adalah dengan menerapkan aturan 50-30-20. Ini adalah cara mudah untuk menghitung berapa persen menabung dari gaji dan berapa persen yang harus kamu belanjakan. 

Untuk memulainya, kamu bisa membagi penghasilan ke dalam tiga bagian:

  • Alokasikan 50 persen untuk kebutuhan pokok, seperti pembayaran sewa/cicilan tempat tinggal, pembayaran tagihan, kebutuhan pangan, dan asuransi.
  • Tempatkan 30 persen untuk keperluan gaya hidup, seperti kegiatan hobi, jajan, hiburan, dan biaya langganan aplikasi.
  • Arahkan 20 persen lainnya ke tabungan, baik untuk tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Namun, perlu diingat bahwa itu bukanlah aturan baku ya! Untuk mengetahui berapa banyak yang harus ditabung dari setiap gaji, kamu juga bisa menghitungnya dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

Misalnya, jika biaya hidup di daerahmu tinggi, kamu mungkin perlu menghabiskan lebih dari setengah gaji untuk biaya hidup, sehingga sulit untuk menyisihkan 20 persen dari setiap gaji ke dalam tabungan.

Di sisi lain, jika tujuan kamu adalah membeli rumah dalam dua tahun, kamu mungkin perlu menyisihkan lebih dari 20 persen dari gaji ke dalam tabungan untuk mendapatkan uang muka dalam jangka waktu tersebut.

Pada akhirnya, jumlah yang tepat bergantung pada pendapatan, pengeluaran, serta tujuan keuanganmu. Namun, kalau kamu butuh ukuran pasti, 10-20 persen adalah porsi alokasi tabungan yang direkomendasikan.

Kemana Sebaiknya Tabungan Dari Gaji Dialokasikan?

Setelah memperkirakan pendapatan dan pengeluaran, sekarang saatnya menentukan alokasi tabunganmu. Memiliki beberapa tujuan spesifik bisa memotivasi dan membantu kamu buat nentuin berapa banyak yang harus kamu tabung setiap bulannya. 

Berikut tujuan menabung yang dapat membantu membangun kestabilan finansialmu!

1. Dana Darurat

Situasi tidak terduga bisa muncul kapan saja, oleh karena itu, penting untuk dipersiapkan. Perbaikan kendaraan yang mahal, tagihan medis, atau kehilangan pekerjaan dapat menyebabkan banyak tekanan finansial, bukan? 

Untuk menyediakan bantalan yang membantu, kamu perlu memiliki tabungan untuk kebutuhan dana darurat yang bisa kamu akses setiap saat di kala membutuhkan.

Idealnya, dana darurat berisi cukup uang untuk memenuhi biaya hidupmu selama 3-6 bulan, tergantung pada situasi dan kondisi yang kamu hadapi.

  • Jika kamu sudah menikah dengan pasangan yang bekerja dan tidak memiliki anak, kamu mungkin hanya perlu menyisihkan dana untuk biaya hidup selama tiga bulan.
  • Jika kamu masih lajang atau sudah memiliki anak, kamu harus menyiapkan tabungan yang setidaknya dapat menutupi pengeluaran selama enam bulan lamanya.

2. Pembelian di Masa Mendatang

Rencana tabungan yang baik juga dapat membantu mendanai pembelian sesuatu yang besar dalam hidupmu di masa mendatang. Ini bisa mencakup kebutuhan uang muka rumah, kendaraan baru, biaya pendidikan, hingga liburan yang kamu impikan.

Oleh karena pembelian besar ini bisa memakan waktu, jadi pertimbangkan untuk membuat jadwal menabung sedini mungkin, ya! Sebagai contoh, jika tujuanmu adalah membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan dan kamu ingin membayar uang muka setidaknya 20 persen dari harga rumah tersebut, maka kamu harus memperhitungkan potensi biaya ini ke dalam alokasi tabunganmu saat ini.

3. Membuat Rekening Terpisah Agar Tabungan Lebih Terorganisir

Agar tabungan lebih terorganisir, kamu bisa pertimbangkan untuk membuka beberapa akun rekening untuk tujuan yang berbeda. Memiliki rekening terpisah untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang bisa membantu kamu dalam melacak keuangan dengan lebih mudah dan memastikan bahwa semua tujuan tercapai tepat waktu.

Salah satu tabungan yang bisa kamu gunakan adalah LINE Bank. Dengan buka rekening di sini, kamu berkesempatan buat langsung cuan lho! Soalnya lagi ada promo pengguna baru yang ngasih cashback hingga Rp 1.100.000!

Buka tabungan online di LINE Bank pastinya praktis, cepat, dan aman. Yuk percayakan perlindungan finansial jangka panjangmu bersama LINE Bank!

Gimana, sudah siap meningkatkan kualitas hidup finansialmu? Dengan mengetahui berapa persen menabung dari gaji yang perlu dialokasikan, kamu telah mengambil langkah pertama menuju keamanan finansial jangka panjang, loh!

Jadi, mulai sekarang, yuk alokasikan waktu untuk mengevaluasi kembali keuangan dan menetapkan target menabung yang realistis. Mulailah dengan porsi yang nyaman, dan tingkatkan sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu. Dengan bijak mengelola keuangan, kamu bisa meraih impian tanpa harus kewalahan setiap bulannya. Selamat menabung guys!

Yuk, mulai menabung dengan buka rekening digital LINE Bank sekarang! Download aplikasinya dengan klik di sini.

Baca Juga: Tips untuk Menabung Jangka Panjang yang Mudah Dilakukan

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325