Berapa Harus Nabung Tiap Bulan? Ini 10 Tipsnya

Hi Sobat LINE Bank!

Menabung merupakan salah satu langkah mengamankan masa depan. Namun, pernahkah kamu kepikiran, idealnya berapa harus nabung tiap bulan supaya kita bisa hidup tenang di waktu-waktu mendatang? 

Apakah cukup yakin jumlah yang kita simpan setiap bulan tersebut akan bisa mencukupi financial goals di masa depan? Untuk mengetahuinya, yuk kita bahas bersama!

Berapa Harus Nabung Tiap Bulan?

Agar tetap bisa hidup di masa kini sembari menyiapkan masa depan, kita tentu memiliki alokasi tertentu untuk masing-masing kebutuhan, misalnya biaya hidup, tabungan atau investasi, dan juga memenuhi gaya hidup atau hiburan.

Namun, idealnya, kamu bisa mengalokasikan pendapatan dalam skema 50-30-20. Yaitu 50% dialokasikan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk gaya hidup dan kebutuhan entertainment, sisanya 20% disimpan sebagai tabungan atau investasi.

Namun, presentasi tersebut tentu bisa berubah menyesuaikan kondisi dan kebutuhan dari masing-masing individu.

Misalnya, jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, kebutuhan pokok tentu akan cukup membengkak. Kamu mungkin perlu menyisihkan 60% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk tabungan pendidikan dan masa depan anak, sisanya untuk memenuhi gaya hidup.

Berbeda jika kamu hidup sendiri dan memiliki tujuan finansial lain yang ingin dicapai, misalnya ingin bisa berlibur ke luar negeri, membeli rumah idaman, atau fokus pada biaya pendidikan. Kamu mungkin akan lebih fokus untuk menyisihkan pendapatan agar dapat mencapai tujuan tersebut dalam waktu dekat.

Waktu yang kamu tetapkan untuk mewujudkan keinginan tersebut juga sangat berpengaruh. Jika kamu ingin membeli gadget impian dalam enam bulan, jumlah uang yang harus kamu sisihkan akan lebih banyak dibanding memasang target untuk satu tahun ke depan.

Meski begitu, perhitungan 50-30-20 di atas sebetulnya sudah cukup ideal untuk kamu terapkan demi mengamankan masa depan, sekaligus untuk hidup di masa sekarang.

Baca Juga: Berapa Persen Nabung Dari Gaji: Tips Nabung untuk Karyawan

Tips Supaya Bisa Nabung Tiap Bulan

Menabung setiap bulan adalah kebiasaan yang sangat baik untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu menabung setiap bulan:

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Tentukan tujuan tabunganmu, apakah itu untuk membeli sesuatu yang kamu impikan, mempersiapkan dana darurat, atau investasi untuk masa depan. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu akan lebih termotivasi untuk menabung.

2. Buat Anggaran dan Identifikasi Pengeluaran

Buatlah anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran dan pendapatanmu. Identifikasi pengeluaran yang tidak perlu atau bisa dikurangi. Dengan mengatur anggaran dengan baik, kamu dapat menentukan berapa banyak yang bisa kamu tabung setiap bulan.

3. Buat Rekening Terpisah

Gunakan fitur multirekening dari LINE Bank untuk memisahkan masing-masing dana kebutuhanmu, sehingga keuanganmu jadi terorganisir dan arus kas makin lancar!

Penting untuk punya rekening terpisah agar kamu bisa melacak transaksi keuangan untuk memastikan ketercapaian semua tujuan finansial dengan tepat waktu. Fitur multirekening LINE Bank bisa bikin kamu punya 8 rekening dalam 1 akun, lho!

Yuk, segera buka tabungan online di LINE Bank karena prosesnya yang praktis, mudah, cepat, dan aman! 

4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Tinjau kembali kebiasaan pengeluaranmu dan cari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, membatasi makan di luar, mengurangi langganan akun premium yang jarang terpakai, atau mencari alternatif yang lebih murah untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Jika memungkinkan, cari sumber pendapatan tambahan di samping pekerjaan utamamu. Misalnya, menjual barang bekas yang tidak terpakai, bekerja paruh waktu, atau menjalankan bisnis sampingan. Pendapatan tambahan ini dapat membantu meningkatkan jumlah tabunganmu setiap bulan.

6. Hindari Utang yang Tidak Perlu

Hindari meminjam uang untuk kebutuhan yang tidak mendesak atau barang yang tidak penting. Utang hanya akan membuatmu membayar bunga dan membebani keuanganmu. Lebih baik menabung uang tersebut dan menggunakan uang tabunganmu saat kamu benar-benar membutuhkannya.

7. Cari Alternatif yang Lebih Murah

Saat berbelanja, selalu bandingkan harga dan cari alternatif yang lebih murah. Misalnya, menggunakan diskon atau promo, membeli barang bekas yang masih dalam kondisi bagus, atau mencari produk dengan kualitas yang sama, namun dengan harga lebih terjangkau meski bukan dari brand kesayangan.

8. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit dapat membuatmu tergoda untuk mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya. Cobalah untuk mengurangi penggunaan kartu kredit dan lebih mengandalkan uang tunai atau kartu debit saat berbelanja.

9. Cari Sumber Informasi 

Baca buku, ikuti blog, atau dengarkan podcast tentang tips dan trik menabung untuk memotivasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan. Teruslah belajar dan mencari sumber informasi yang dapat membantu meningkatkan kebiasaan menabungmu.

10. Tetap Konsisten

Menabung setiap bulan membutuhkan konsistensi. Jangan menyerah jika ada bulan-bulan di mana kamu tidak bisa menabung sebanyak yang diinginkan. Hal terpenting sebetulnya adalah tetap berusaha dan melanjutkan kebiasaan menabung yang sudah susah payah dibangun tersebut.

Apakah kamu sudah siap untuk meningkatkan kesehatan finansialmu dengan cara menabung? Dengan mengetahui berapa harus nabung setiap bulan, setidaknya kamu akan lebih bijak dalam mengelola keuangan karena ada target impian yang harus dipenuhi.

Yuk, ambil langkah pertamamu menuju keamanan finansial di masa depan dengan buka rekening tabungan di LINE Bank! Download aplikasinya sekarang di PlayStore dan AppStore atau klik di sini.


Baca Juga: Bagaimana Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan?

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325