Ini Bedanya BI Fast dengan Realtime Online dalam Transfer Uang

Hi Sobat LINE Bank!

Dalam dunia perbankan digital yang semakin berkembang, terdapat berbagai jenis layanan transfer uang yang memungkinkan kita untuk mengirim dan menerima dana dengan lebih cepat. Dua di antara layanan yang sering digunakan adalah BI Fast dan Real Time Online. Apakah Sobat LINE Bank tau bedanya BI Fast dengan Real Time Online? 

Kalo kamu masih bingung dengan keduanya dan gimana cara membedakannya, pastikan baca informasi dalam artikel ini sampai akhir ya! Temukan juga metode pembayaran mana yang lebih kamu sukai berikut ini. 

Apa Itu BI Fast dan Real Time Online?

apa itu bi fast dan realtime online

Sebelum kita memahami perbedaan antara BI Fast dan Real Time Online, mari lihat lebih rinci apa yang dimaksud keduanya.

BI Fast (Bank Indonesia Fast Payment System)

BI Fast adalah sebuah sistem pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. Sistem ini termasuk metode baru dan punya tujuan utama untuk mempercepat dan menyederhanakan proses transfer uang antar bank di Indonesia.

Dalam sistem BI Fast, proses transfer dana dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, seringkali dalam hitungan detik. Layanan BI Fast ini juga tersedia selama 24 jam sehingga seluruh masyarakat Indonesia bisa berkirim uang kapan saja. 

BI Fast beroperasi di bawah pengawasan Bank Indonesia dan bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat. 

Real Time Online

Real Time Online merupakan konsep yang mencakup berbagai layanan pembayaran dan transfer uang secara online yang dapat dilakukan secara real-time atau dalam waktu nyata. Hal ini mencakup penggunaan aplikasi perbankan digital, dompet digital, serta platform pembayaran online yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran secara instan. 

Real Time Online mencakup berbagai aplikasi dan platform yang mendukung pembayaran online dalam hitungan detik.

Baca Juga: Cara Mengecek Riwayat Kredit Online dengan Cepat dan Mudah

Apa Saja Bedanya BI Fast dengan Real Time Online?

Melalui penjelasan sebelumnya, kita jadi tau bahwa keduanya sama-sama termasuk dalam layanan transfer yang dapat mengirimkan uang dalam waktu singkat. Lalu apa bedanya? Masa iya keduanya sama? Nah coba temukan bedanya pada poin-poin berikut.

1. Kepemilikan Rekening Bank

Untuk menggunakan BI Fast, kamu harus memiliki rekening di salah satu bank yang tergabung dalam sistem ini. Jadi hanya pengguna dengan rekening bank tertentu saja yang bisa mengakses layanan BI Fast dengan bebas.

Namun pada Real Time Online, setiap orang bisa saja melakukan transaksi dari media apa pun. Entah itu bank, dompet digital, atau aplikasi pembayaran lainnya. lebih inklusif dalam hal kepemilikan rekening bank. Meski gak punya rekening bank, kamu tetap bisa melakukan pembayaran dengan aplikasi maupun dompet digital.

2. Biaya Transaksi

BI Fast sering kali menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah atau bahkan gratis dalam beberapa kesempatan. Bank Indonesia juga telah mendorong penggunaan BI Fast sebagai alternatif yang lebih murah untuk transfer antar bank. Hanya butuh Rp2.500 saja, kamu bisa langsung mengirim uang dengan cepat.

Transaksi dengan Real Time Online jelas punya banyak keuntungan. Namun saat dibandingkan, Real Time Online memiliki harga yang lebih tinggi, yakni Rp6.500. 

3. Kecepatan Transaksi

BI Fast dikenal karena kecepatan transaksinya yang tinggi. Dalam banyak kasus, transaksi BI Fast dapat diselesaikan dalam hitungan detik, membuatnya sangat cocok untuk keperluan transfer uang yang mendesak.

Real Time Online juga cepat, tetapi kecepatannya dapat bervariasi tergantung pada provider dan kondisi jaringan. Namun umumnya transaksi dalam waktu nyata ini juga dapat diselesaikan dengan cepat sehingga membuatnya nyaman dalam kegiatan sehari-hari.

4. Jangkauan Bank

BI Fast saat ini terbatas pada bank-bank yang telah bergabung dalam sistemnya. Sebelum menggunakan BI Fast, kamu perlu memeriksa apakah rekening bank yang dipilih mendukung layanan ini atau nggak.

Dibandingkan dengan BI Fast, Real Time Online jelas bisa digunakan dalam jangkauan yang lebih luas karena banyaknya aplikasi dan platform yang mendukung transaksi online tersebut. 

5. Fleksibilitas Penggunaan

BI Fast lebih terfokus pada transfer antar bank sehingga mungkin memiliki keterbatasan dalam hal penggunaan yang lebih luas. Biasanya penggunaan BI Fast lebih terkait dengan transaksi keuangan dan transfer uang.

Real Time Online di sisi lain lebih fleksibel dalam hal penggunaan. Kamu dapat menggunakannya untuk berbagai macam tujuan, seperti pembayaran di toko, transfer kepada teman, atau bahkan pembelian barang dan layanan online.

6. Nominal Transaksi

Bicara soal nominal, BI Fast mampu mengirim uang dengan nominal transaksi yang lebih besar daripada Real Time Online. BI Fast bisa langsung mengirim hingga Rp250 juta untuk satu kali transaksi. Sedangkan Real Time Online hanya Rp100 juta untuk sekali transaksi. 

Keduanya tentu bisa dilakukan berulang kali, hanya saja nominal maksimal tersebut berlaku untuk setiap transaksi. 

Apa Saja Karakteristik BI Fast?

Bank Indonesia menciptakan BI-Fast sebagai solusi terhadap kebutuhan masyarakat akan layanan transfer dana antarbank. Selain BI Fast, terdapat beberapa jenis layanan transfer di Indonesia, seperti Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), Real-Time Gross Settlement (RTGS), dan Real-Time Online. Berikut beberapa ciri-ciri BI-Fast:

  1. BI Fast beroperasi secara real-time, sehingga transaksi langsung diproses pada waktu itu juga. Ini berbeda dengan layanan RTGS dan SKNBI yang membutuhkan waktu 2-3 hari kerja.
  2. Layanan BI Fast tersedia setiap waktu, 24 jam dalam satu minggu. Sementara itu, layanan RTGS dan SKNBI memiliki jam operasional dari pukul 06:30–16:30 WIB.
  3. BI Fast melayani berbagai channel pembayaran dan bisa diakses melalui kantor cabang, internet/mobile banking, dan sekarang ini sudah bisa untuk transaksi dengan QR code.
  4. Bisa digunakan untuk transaksi transfer kredit dan debit, serta memiliki potensi untuk transaksi dengan virtual account dan e-money. Sebaliknya, SKNBI hanya melayani transaksi transfer kredit/debit, dan RTGS hanya melayani transaksi transfer kredit.
  5. Tersedia fitur alamat proxy yang berguna untuk alternatif nomor rekening, dengan menggunakan nomor ponsel serta e-mail.

Baca Juga: 9 Cara Transfer Beda Bank Tanpa Biaya di LINE Bank

Apa Saja Keunggulan BI Fast Dibandingkan Real Time Online?

Selanjutnya, mari kita bahas beberapa keunggulan BI Fast dibandingkan dengan Real Time Online berikut ini. 

1. Pengawasan oleh Bank Indonesia

Salah satu keunggulan utama BI Fast adalah pengawasan dan regulasi yang ketat oleh Bank Indonesia. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas stabilitas sistem keuangan, Bank Indonesia akan memastikan bahwa BI Fast dijalankan dengan tingkat keamanan yang tinggi dan transparansi yang baik.

2. Kecepatan dan Efisiensi

BI Fast dikenal karena kecepatan dan efisiensinya dalam mentransfer dana antar bank. Dalam banyak kasus, transaksi dapat diselesaikan dalam hitungan detik, membuatnya cocok digunakan untuk transfer uang yang mendesak.

3. Biaya Transaksi yang Lebih Rendah

Bank Indonesia telah mendorong penggunaan BI Fast sebagai alternatif yang lebih murah untuk transfer antar bank. Ingat kamu bisa langsung melakukan transaksi hanya dengan biaya sebesar Rp2.500 saja.

Baca Juga: Jangan Panik! Begini 4 Cara Melaporkan Rekening Penipu

4. Regulasi yang Ketat tentang Keamanan

Melalui pengawasan yang ketat oleh Bank Indonesia, BI Fast diatur untuk mastiin tingkat keamanannya tetap tinggi. Apa lagi keamanan dan perlindungan data udah pasti jadi prioritas utama dalam layanan ini.

Nah itu dia bedanya BI Fast dengan Real Time Online yang bisa kamu gunakan di berbagai transaksi pembayaran. Jadi gimana? Kamu udah tau metode transfer mana yang lebih menguntungkan? 

Sejatinya kamu bisa aja pilih salah satu dan konsisten menggunakan metode tersebut. Namun karena BI Fast masih baru dan belum bekerja sama dengan semua bank, lebih baik kamu tetap fleksibel menggunakan kedua metode.

Untuk memudahkan transaksi keuangan, jangan lupa untuk buka tabungan online di LINE Bank. Menawarkan berbagai layanan perbankan digital yang dapat mempermudah aktivitas, LINE Bank bisa kamu gunakan untuk semua pembayaran seperti transfer uang, dan aktivitas transaksi lainnya. 

Menggunakan LINE Bank juga bikin kamu lebih gampang untuk mengelola uang tanpa pusing! Tau nggak kenapa? Begitu kamu buka akun, rekening yang bisa dibuat bisa langsung banyak hingga 8 sekaligus. Disebut fitur multi rekening. Jadi praktis banget buat bikin pos-pos keuangan supaya kamu gak boros. Caranya mudah, tinggal download aplikasi LINE Bank dan nikmati semua kemudahan bertransaksi hari ini! 

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324