Apasih Prinsip 5C Dalam Pemberian Kredit? Yuk Kenali Lebih Jauh!

Apasih Prinsip 5C Dalam Pemberian Kredit? Yuk Kenali Lebih Jauh!

Hi Sobat LINE Bank,

Pernah ngga sih, saat kamu ingin mengajukan Quick Credit / KTA statusnya “Belum Sesuai Kriteria”? Namun apasih sebenarnya arti dari pesan tersebut? Apa yang harus kamu ketahui sebelum pengajuan kreditmu bisa lolos? Taukah kamu Prinsip 5C? Simak disini ya!

Sebenarnya pada dasarnya sebelum kamu mengajukan pinjaman, kamu akan melewati Proses atau Prinsip 5C terlebih dahulu. Apasih Prinsip 5C?

Prinsip 5C merupakan sistem yang digunakan bank atau pemberi pinjaman lainnya untuk mengukur kelayakan kredit dari seorang calon debitur (peminjam). 5C ini adalah Character, Capacity, Capital, Condition dan Collateral.

Dengan memahami 5C dari prinsip pemberian kredit, kamu akan dapat lebih memahami bagaimana bank berpikir dan mempersiapkan diri untuk memenuhi kriterianya. Check it out~

1. Prinsip 5C ‘Character’ (Karakter)

Karakter yang dimaksud di sini adalah sifat atau watak calon debitur. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan bank bahwa sifat calon debitur benar-benar dapat dipercaya. Terdapat beberapa indikasi yang diperhatikan Bank untuk melihat karakter dari calon debitur. Pertama, apakah calon debitur memiliki reputasi yang tidak baik dalam hubungannya dengan masyarakat, rekan bisnis dan bank. Kedua, apakah debitur memiliki hubungan yang tidak baik dengan pihak lain.

Lalu bagaimana Bank menganalisa indikasi tersebut? Bank menganalisanya dari beberapa faktor di antaranya melalui info lingkungan tempat tinggal dan tempat usaha untuk melihat reputasi, trade checking untuk melihat hubungan bisnis dan bank checking untuk melihat hubungan debitur dengan bank.

2. Prinsip 5C ‘Capacity’ (Kapasitas/Kemampuan)

Dalam prinsip ini, Bank mencoba melihat kemampuan calon debitur dalam mengembalikan kredit yang diberikan. Semakin banyak sumber pendapatannya, semakin besar kemampuannya untuk membayar kredit. Dengan kata lain ini adalah analisa yang dilakukan untuk mencari tahu sumber pengehasilan kamu. Umumnya total cicilan utang sekitae 30%-40% dari sumber penghasilan.

3. Prinsip 5C ‘Capital‘ (Sumber Kekayaan)

Pada prinsip ini bank akan mencari tahu berapa besar tabungan, deposito atau aset investasi yang kamu miliki. Untuk jaga-jaga sewaktu-waktu kamu ngga sanggup bayar cicilan.

Analisa capital dilakukan dengan mempelajari nilai kekayaan bersih yang dimiliki calon debitur yang dilihat melalui total aktiva dan kewajiban dalam laporan keuangan. Di sini terdapat beberapa hal yang dinilai berisiko bagi bank yakni apabila modal usaha tidak mencukupi batas toleransi yang ditetapkan bank, debitur tidak memiliki kemampuan memperkuat permodalan sesuai batas toleransi bank, serta risiko terjadinya moral hazard.

Moral hazard sendiri merupakan risiko ketika suatu pihak belum menandatangani kontrak dengan itikad baik atau telah memberikan informasi yang keliru tentang aset, kewajiban maupun kapasitas kreditnya.

4. Prinsip 5C ‘Collateral‘ (Jaminan)

Collateral merupakan prinsip 5C berupa jaminan fisik maupun non-fisik yang diberikan calon debitur. Jaminan yang diberikan hendaknya melebihi jumlah kredit dan akan terlebih dahulu diteliti keabsahannya oleh pihak bank. Jaminan ini berfungsi sebagai pelindung dari risiko keuangan. Analisa prinsip collateral ini bermaksud untuk mengikat keseriusan debitur membayar kewajiban kredit, selain itu juga sebagai jalan keluar kedua jika debitur wanprestasi.

5. Prinsip 5C ‘Condition‘(Kondisi)

Dalam prinsip ini pihak bank akan berusaha melihat kestabilan finansial dari calon debitur. Tujuannya untuk memprediksi prospek usaha di masa mendatang bersamaan dengaan informasi financial capacity. Kemudian pihak bank juga akan memprediksi risiko kemungkinan gagal bayar dari calon debitur.

Apabila kondisi finansial calon debitur dinilai kurang stabil, pihak bank cenderung akan menolak pengajuan pinjaman. Kondisi yang akan mempengaruhi kemampuan membayar cicilan antara lain ekonomi, usia, jumlah pinjaman, dan kondisi lainnya sesuai ketentuan bank.

Nah itu dia Sobat LINE Bank, mengenai Prinsip 5C dalam pemberian kredit. Nah gimana, sekarang kamu lebih memahami kan mengenai Prinsip 5C ini?

Gimana kamu udah kepikiran mau ajuin Quick Credit?

Yuk ajukan Quick Credit LINE Bank! Apalagi ada CASHBACK hingga Rp 3.000.000. Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Emang iya, Quick Credit Bisa Bantu Achieve Financial Goals?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277