Akhir Tahun, Saatnya Kamu Evaluasi Keuangan yuk

Akhir Tahun, Saatnya Kamu Evaluasi Keuangan

Hi Sobat LINE Bank,

Sebelum memasuki babak yang baru, kita sebaiknya evaluasi kondisi keuangan juga tujuan keuangan yang telah ditetapkan tahun lalu apakah berhasil dicapai atau terhambat dalam perjalanannya. Berbicara mengenai evaluasi keuangan, sebaiknya tiap pribadi setidaknya terdapat lima hal yang perlu dilakukan. Nah, untuk memudahkan kamu melakukan evaluasi, berikut mimin buatkan to-do-list-nya ya!

1. Evaluasi Budget & Cash Flow

Evaluasi keuangan yang pertama ini berkaitan dengan anggaran, dalam hal ini kita perlu cek apakah budget dan cahsflow keuangan selama setahun ke belakang ini sudah ideal atau malah jauh dari kata ideal.

Bagi yang sudah terbiasa membuat anggaran juga mencatat penggunaanya, tentunya melakukan evaluasi keuangan merupakan hal mudah, karena kita cukup cek apakah penggunaan anggaran sejauh ini sudah sesuai dengan pos alokasi anggaran yang telah ditentukan atau jangan-jangan perlu dilakukan re-alokasi, dalam hal ini dikurangi, ditambahkan, atau dipindahkan alokasinya.

Nah, hasil evaluasi ini tentunya menjadi modal penting untuk kamu otak-atik pos alokasi keuangan saat membuat anggaran untuk satu tahun ke depan.

2. Evaluasi Kekayaan Bersih (Net Worth)

Evaluasi keuangan kedua yang perlu kita lakukan selanjutnya ini berkaitan dengan neraca keuangan (net worth balance), untuk mengetahui kekayaan bersih kita setelah selama setahun penuh bekerja nilainya positif (aset bertambah) atau malah negatif (utang bertambah).

Membuat neraca keuangan ini caranya mudah kok, kamu bisa memanfaatkan tools seperti Microsoft Excel untuk memudahkan. Apa saja yang perlu dilakukan? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencatat dan hitung semua nilai kekayaan (asset) yang kamu miliki seperti rumah, kendaraan, uang cash, tabungan hingga aset investasi yang dimiliki.

Kedua kamu catat dan hitung semua kewajiban utang (liabilities) yang ada seperti KPR, KTA, atau utang lainnya. Selanjutnya kamu tinggal mengurangi nilai total kekayaan yang dimiliki dengan jumlah utang yang ada.

3. Evaluasi Tujuan Keuangan (Financial Goals)

Evaluasi keuangan ketiga yang penting dilakukan adalah cek kembali tujuan keuangan di tahun sebelumnya apakah progresnya masih on-track atau malahan off-track! Coba dicek tahun kemarin kamu punya target apa? nabung untuk kuliah S2, pergi liburan, atau nyiapin dana darurat? Evaluasi sejauh ini pencapaiannya bagaimana? Apa masih sesuai dengan rencana?

Jika progresnya ternyata terhambat karena satu dan lain hal, misalkan muncul kebutuhan mendadak di luar rencana yang berdampak pada pencapaian tujuan keuangan kamu yang molor karena dana untuk investasi tergunakan, maka perlu dibuatkan solusi apakah targetnya diundur atau tetap pada rencana disertai beberapa penyesuaian, seperti ganti atau nambahin tabungan investasi yang sempat terpakai tersebut, bisa juga jangka waktunya diperpanjang, atau bahkan target nilainya yang sedikit diturunkan dari rencana awal.

4. Evaluasi Dana Darurat (Emergency Fund)

Evaluasi keuangan keempat yang selanjutnya dilakukan adalah evaluasi mengenai dana darurat yang dimiliki. Kamu sendiri sudah punya dana darurat belum?

Jika kamu sudah punya dana darurat, coba cek nilainya apakah sudah sesuai atau jangan-jangan di tengah jalan uangnya sempat digunakan untuk kondisi darurat. Jika iya itu artinya kalian perlu isi (tambahkan) kembali tabungan dana darurat kalian seperti semula (hingga jumlah ideal).

Selain menyisihkan penghasilan bulanan bonus akhir tahun pun bisa kamu pakai untuk nambal kembali dana darurat yang sempat terpakai.

5. Evaluasi Rasio Keuangan (Financial Ratio)

Evaluasi keuangan terakhir yang perlu dilakukan adalah cek rasio keuangan kita. Ada banyak jenis rasio keuangan, namun untuk saat ini Fina hanya akan fokus pada tiga hal, yakni saving ratio, debt ratio, dan liquidity ratio.

Nah, supaya lebih mudah kamu bisa melakukan pengecekan rasio keuangan di atas menggunakan fitur Financial Check Up di Aplikasi Halofina untuk bisa mengetahui kondisi keuangan secara komprehensif mulai dari kondisi cashflow, nilai kekayaan bersih, hingga mengetahui rasio-rasio keuangan sudah ideal atau belum.

Itu dia mengenai evaluasi keuangan di akhir tahun, semoga to-do list-nya bermanfaat! Selamat beres-beres keuangannya ya!

Intinya sih yuk disiplinkan diri mulai dari hal kecil. Dengan membuat rencana anggaran, mengurangi utang, dan berinvestasi dengan cerdas, kamu dapat mencapai tujuan keuangan dan menciptakan stabilitas finansial jangka panjang.

Siapkan keuangan dan investasimu sekarang, bareng LINE Bank!

Yuk, segera buka rekening tabungan digital di LINE Bank dan nikmati berbagai kemudahan transaksi serta promo menarik! Ada promo cashback juga, lho, sampai 31 Desember 2023 buat pengguna baru LINE Bank dengan nominal cashback hingga Rp. 1,100,000. Yuk, download aplikasinya sekarang! Klik di sini.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285