8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat dan Efektif

8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat dan Efektif

Hi Sobat LINE Bank,

Mengatur keuangan merupakan langkah penting yang perlu dilakukan dalam mencapai tujuan keuangan dalam rumah tangga. Selain dapat membantu stabilitas keuangan rumah tangga, mengatur keuangan juga berfungsi agar pengeluaran rumah tangga masih on track dan tidak kebablasan.

Lalu bagaimana caranya mengatur keuangan rumah tangga? Mengatur keuangan rumah tangga membutuhkan kerjasama antar semua anggota dalam rumah tangga. 

Komitmen antar pasangan pun sangat mempengaruhi tercapainya tujuan keuangan rumah tangga. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa tips dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga mungkin terkesan simple, namun sebenarnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang mempengaruhi keuangan rumah tangga, dari pengeluaran rutin rumah tangga hingga yang sifatnya keinginan. 

Apabila tidak dikelola dengan baik, akan dapat berdampak pada keharmonisan rumah tangga.

Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang tepat dan efektif? 

Berikut beberapa tips mengatur keuangan rumah tangga yang dapat kamu praktekkan.

1. Hitung Semua Pendapatan

Yang pertama dapat kamu lakukan adalah menghitung seluruh pendapatan dalam keluarga. Pendapatan yang dihitung tidak hanya gaji, namun juga insentif atau bonus yang diterima dalam sebulan agar semua terdata dengan baik.

Terkesan simple, namun hal ini membutuhkan kejujuran dan keterbukaan antar pasangan. 

Selain memperlancar komunikasi, keterbukaan terkait finansial ini membuat pasangan saling mengerti kondisi keuangan masing-masing dan dapat merencanakan serta mengatur keuangan rumah tangga bersama.

2. Kenali Kebutuhan dan Keinginan

Setelah menghitung seluruh pendapatan per bulan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan kebutuhan dan keinginan keluarga. Namun sebelumnya, tentu harus dikenali dan dipahami terlebih dahulu perbedaan antara keduanya.

Kebutuhan merupakan hal-hal yang bersifat wajib untuk dipenuhi, seperti makanan, tempat tinggal, kesehatan, pakaian, dan juga pendidikan jika telah memiliki anak. 

Sedangkan keinginan merupakan hal-hal yang sifatnya tambahan dan tidak mendesak. Contoh dari keinginan adalah membeli gadget terbaru dan juga liburan.

3. Tentukan Prioritas Keuangan

Selanjutnya adalah menentukan prioritas keuangan setiap bulannya. Membuat daftar prioritas dapat membantu untuk mengatur alokasi dana keuangan setiap bulannya.

Sebagai contoh, kebutuhan pokok yang harus dipenuhi seperti membeli bahan makanan, membayar tagihan listrik dan air, dan transportasi berada pada prioritas utama. 

Lalu keinginan yang sifatnya tidak mendesak berada pada urutan prioritas yang lebih bawah.

Dengan membuat daftar prioritas, alokasi dana akan disalurkan pada daftar teratas dahulu. Selain itu, memiliki daftar prioritas juga dapat membantu Anda dalam menyesuaikan keinginan dengan kondisi keuangan.

4. Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Setelah mengetahui kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam sebulan, maka kamu dapat membuat daftar pengeluaran rutin bulanan. 

Hal ini dapat membantu kamu untuk membuat alokasi budget, berapa yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan bulanan, berapa kamu gunakan untuk menabung ataupun diinvestasikan.

5. Persiapkan Menabung, Investasi, dan Dana Darurat

Setelah menentukan pengeluaran rutin per bulan, selanjutnya adalah membuat alokasi untuk menabung, investasi, dan dana darurat. 

Ketiga hal ini perlu dipersiapkan untuk menjaga stabilitas keuangan keluarga dan juga untuk mewujudkan tujuan keuangan keluarga.

6. Kelola Utang Dengan Bijak

Mengelola utang merupakan hal yang penting dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. 

Apabila harus berhutang, usahakan agar utang untuk kebutuhan utama yang belum dapat dibayarkan dalam waktu dekat seperti cicilan rumah. 

Selain itu, usahakan agar rasio utang tetap terjaga tidak lebih dari 30% dari pemasukan kamu.

7. Komunikasi Dengan Keluarga

Melakukan komunikasi terkait keuangan dengan keluarga merupakan hal yang penting. 

Selain agar keputusan keuangan dapat diputuskan secara bersama, tujuan keuangan keluarga pun dapat direncanakan bersama.

8. Evaluasi Secara Berkala

Setelah melakukan hal-hal di atas, kamu dapat melakukan evaluasi secara berkala. Sesuaikan anggaran keuangan keluarga dengan kebutuhan dan kondisi keuangan saat itu.

Demikian beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang tepat dan efektif yang dapat kamu lakukan.

Bagaimana pun kondisi finansial rumah tangga kamu? Pastikan selalu mengelolanya dengan lebih cermat.

Selain itu, untuk urusan menabung, kamu bisa mengandalkan LINE Bank. Tak hanya bisa menyimpan uang, juga mempermudah kamu dalam melakukan transaksi sehari-hari. Serta ntuk lebih mengoptimalkan pengelolaan keuangan, Sobat LINE Bank dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan opsi tabungan deposito dari LINE Bank. Bersama dengan penawaran suku bunga yang kompetitif dan jangka waktu yang dapat disesuaikan, LINE Bank memberikan solusi menabung deposito yang aman dan sangat menguntungkan. 

Terlebih, opsi tabungan deposito yang tersedia lebih mudah karena dimulai dari Rp 1 juta dan akun dapat diakses dalam waktu 24 jam. Tunggu apalagi? Unduh aplikasi LINE Bank sekarang dan temukan layanan tabungan deposito bunga 6% cuma di LINE Bank!

Baca juga : Rasio Ideal Alokasi Gaji untuk Bayar Angsuran

LB-banner-4
Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285