7 Bootcamp Terbaik Untukmu Career Switch (2023)

7 Bootcamp Terbaik Untukmu Career Switch (2023)

Dalam dunia perkantoran terkadang kamu membutuhkan ilmu tambahan untuk mendukung perjalanan karier. Kamu akan dibantu mengasah soft skill, dan hard skill yang harus terus dilatih melalui praktik. Nah, untuk yang terakhir ini, kamu bisa mendapatkannya dari bootcamp. Keterampilan yang kamu peroleh di bootcamp akan menunjang pengetahuanmu di jaman yang modern ini. Sebenarnya, sejauh apa sih bootcamp dapat berperan dalam perjalanan kariermu atau untukmu yang ingin switch career?

Apa itu bootcamp?

Bootcamp merupakan program pelatihan dengan materi yang relevan untuk kebutuhan industri. Sehingga, akan berdampak lebih besar pada peluang karier. Ada banyak program yang ditawarkan, tergantung jurusan dan jenis bootcamp. Misalnya saja, kamu memilih coding bootcamp, maka materi yang bisa kamu pelajari di sana antara lain pemograman website, software, Android, atau iOS. 

Durasi pelaksanaan program juga relatif singkat, yaitu 12 sampai 24 pekan. Sehingga program ini sangat efektif. Kegiatan belajarnya biasanya melalui praktik langsung, dengan bimbingan sejumlah instruktur. Tentunya kamu selalu bisa mengajak mereka berdiskusi.

Apa itu switch career?

Menurut Indeed, career switch adalah aksi seseorang untuk mengejar posisi pekerjaan yang tidak berhubungan dengan lingkup karier posisi saat ini. Namun, career switch tidak berarti seseorang harus berpindah pada perusahaan saat ini. Bisa saja seorang karyawan ingin berpindah dari divisinya saat ini ke divisi lain di perusahaan yang sama.

Misalnya, ada karyawan dari divisi marketing ingin berganti karier ke posisi human resources di perusahaan yang sama.Perubahan seperti ini mungkin bisa menyebabkan penurunan posisi bahkan gaji karena seseorang harus ulang mempelajari sistem kerja dan skill baru untuk bisa efektif bekerja.Meski begitu, menurut CareerFoundry, hal ini bisa dicegah dengan mengambil kursus-kursus online atau bersekolah kembali.

Keuntungan mengikuti bootcamp

1. Jumlah murid terbatas

Kelas dalam bootcamp biasanya hanya terdiri dari 15–20 orang. Sehingga materi tersampaikan secara lebih jelas. Kurikulumnya dirancang oleh pengajar dan praktisi langsung yang profesional dan berpengalaman. Tujuannya, agar siswa benar-benar siap terjun ke dunia kerja saat lulus. Kemudian, kamu juga akan dibekali dengan skill-skill lain yang juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Kamu kelak juga dibantu mendapatkan pekerjaan. Bahkan biasanya, hiring partner bootcamp sudah siap merekrut saat kamu selesai mengikuti pelatihan.

2. Biaya

Biaya untuk mengikuti bootcamp tidak sampai sepertiga dana yang kamu keluarkan untuk kuliah. Ini relatif kecil untuk benefit yang akan kamu dapatkan setelah lulus. Ilmu yang kamu dapatkan juga dapat dipraktikkan langsung, untuk menunjang teori yang didapat di perkuliahan. Kamu juga berpotensi mendapatkan tawaran gaji yang lebih besar. Jadi, untuk meningkatkan kemampuan dan meningkatkan rate gaji sebagai karyawan, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti bootcamp ini.

3. Waktu

Bootcamp hanya berjalan selama beberapa pekan dan mencetak lulusan yang siap kerja. Meski waktunya relatif singkat, tetap dibutuhkan keaktifan dan inisiatif dari siswa, agar materi yang disampaikan benar-benar dikuasai. Dengan biaya relatif murah, waktu yang singkat, dan kesiapan kerja lulusannya yang lebih tinggi, bootcamp adalah sebuah investasi yang menjanjikan.

4. Mendapatkan peluang karier

Setiap orang mempunyai tujuan masing-masing dalam karier pikirkan dulu tujuan kamu untuk belajar. Baik untuk bekerja di korporasi, mendirikan start-up sendiri atau bersama-sama membangun perusahaan rintisan. Intinya, bootcamp akan berperan banyak bagi peningkatan karier kamu yang tentunya didukung semangatmu dalam mengembangkan kemampuan.

7 Bootcamp terbaik untuk menunjang karier profesional 

1. Binar Academy

Binar Academy adalah sebuah platform end-to-end digital career solutions yang menyediakan binar insight, binar bootcamp, dan job connect. Binar bootcamp menyediakan kelas Full-stack Web Dev, Android Engineering, UI/UX Design & Research, Business Intelligence Analyst, dan Product Management. Binar bootcamp menggunakan kurikulum dan metode belajar praktikal yaitu dengan belajar mandiri dengan real project sehingga kamu bisa menguasai fundamental & best practice. Kamu bisa pilih jadwal kelas dan berdiskusi dengan fasilitator handal.

Setelah selesai program kamu akan mendapatkan rapor belajar juga e-sertifikat. Kurikulum Binar Bootcamp telah mendapatkan sertifikasi dari Education Alliance Finland (EAF). Kamu juga akan mendapat kesempatan disalurkan kerja lewat Binar Talent Solution. Sudah ada lebih dari 3.000 alumni binar bootcamp. Durasi belajar untuk UIX Design, Product Management, Android Engineering adalah 4 bulan sementara Full-stack Web Dev adalah 6 bulan. Harga bootcamp di sini berkisar dari Rp 2.799.000-4.999.000. 

Binar Academy sendiri sudah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Bank Mandiri, Bank BCA, PT Astra Honda Motor, Telkom Indonesia, Home Credit, Indomaret, Sayurbox, Investree, Dana, Prudential, Kiostix, dll. Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung membayar untuk akses kelas premium (bootcamp) di aplikasi Binar Academy atau kamu bisa mencoba kelas silver (materi gratis) mereka terlebih dahulu secara online, dengan mudah, dan kapan saja di aplikasi tersebut. 

2. Revou

Revou menyediakan tiga program yaitu intro programs (1 minggu), advanced programs (7 minggu), dan full programs (6 bulan). Untuk mengikuti program dari revou, pertama kamu perlu mendaftar lalu mengikuti tes penerimaan dan melakukan pembayaran. Untuk pembayaran, kamu bisa langsung melakukan pembayaran tunai atau cicilan selama 6, 12, atau 18 bulan. 

Setelah itu kamu bisa mengikuti kelas yang sudah tersedia secara online. Program di Revou menawarkan kesempatan berkonsultasi dengan tutor, membuat portofolio, mendapat pembinaan karir, juga garansi uang kembali jika kamu tidak mendapat pekerjaan setelah menyelesaikan program. Program gratis mereka yaitu Intro programs selama 1 minggu dibuka untuk kelas Digital Marketing, Tech Sales & Business Development, dan Data Analytics. Sementara tiga kelas yang sama juga dibuka untuk full programs selama 6 bulan. 

Sementara kelas advanced programs hanya menyediakan dua topik yaitu advanced SEO dan advanced social media.  Alumni Revou sudah bekerja di Tokopedia, Shopee, Traveloka, Bukalapak, Gojek, Lazada, Grab, Qraved, UangTeman, fabelio, Orami, DocDoc, Alodokter, Halodoc, dan Kompas.  

3. Hacktiv8

Hacktiv8 menyediakan program bootcamp, professional development, dan corporate. Program bootcamp Hacktiv8 tersedia untuk kelas Fullstack Javascript Immersive (selama 16 minggu seharga Rp 45.000.000), Fullstack Javascript Flex (selama 30 minggu seharga Rp 51.000.000) dan Data Science (selama 12 minggu seharga Rp 45.000.000).  Program ini menyediakan kelas pemrograman, pembinaan membuat resume dan portofolio, pembinaan karir dan interview kerja, juga diskusi bersama teman-teman satu batch. 

Untuk pembayaran program bootcamp sendiri, Hacktiv8 menawarkan metode Income Share Agreement, yaitu perjanjian bagi hasil di mana siswa hanya membayar refundable deposit dan membayar biaya sisanya setelah siswa lulus dan diterima bekerja.Alumni Hacktiv8 telah bekerja di Investree, Sinarmas, Loket, Hijup, TaniHub, Mekari, Asumsi, Alodokter, dll sebagai Fullstack Developer, Software Enginer, Backend Developer, atau Frontend Developer. 

4. Purwadhika

Purwadhika menyediakan program Job Connector, Job Accelerator, Digital for Executive, juga Online Workshop. Program Job Connector selama 6 bulan menyediakan kelas Full Stack Web Development, Data Science & Machine Learning, Digital Marketing, UI/UX Design dengan biaya sekitar Rp 17.600.000-34.100.000. Program Job Accelerator (bootcamp) selama 10 minggu menyediakan kelas Advanced Performance Marketing, Advanced SEO, Advanced Social Media, dan Machine Learning Engineering dengan biaya sekitar Rp 16.500.000. 

Program Digital for Executive selama 9-11 minggu menyediakan kelas Introduction to Digital Marketing, Strategic Digital Marketing for Leaders, Data Science for Leaders, dan Data Analysis dengan biaya sekitar Rp 12.100.000-14.300.000. Kamu juga bisa mencoba program Online Workshop mereka selama 2-4 jam dengan topik Web & Mobile Development, Data Science & Machine Learning, Digital Marketing, UI/UX Design, Business dan Startup seharga Rp 160.000-800.000. Beberapa perusahaan yang telah merekrut alumni Purwadhika seperti Jenius, Amartha, Pegipegi, Doku, Sinarmas, Gojek, Jd.id, Alodokter, Kaliber, dan Tokopedia. 

5. Arkademy

Ada 2 bootcamp yang bisa diikuti di Arkademy yaitu, Fullstack Website Developer dan DevOps Engineer. Arkademy menawarkan kesempatan belajar dengan mentor berpengalaman, pelatihan intensif, disalurkan bekerja di perusahaan rekanan serta pembayaran Income Share Agreement (ISA). Ketentuan ISA tersebut adalah membayar Rp 2.000.000-36.000.000 setiap bulan selama 12-18 bulan untuk pelatihan 6-13 minggu yang diikuti siswa. Sudah ada sekitar 763 alumni dan sekitar 274 perusahaan rekanan seperti Alodokter, Rekeningku, Tokopedia, Barito Technologies, Modal Rakyat, dll. 

6. Impact Byte

Impact Byte menyediakan program full time untuk Full Stack Web Development selama 14 minggu seharga Rp 15.000.000 untuk program online, Rp 18.000.000 untuk program offline di Batam, dan Rp 25.000.000 untuk program offline di Jakarta. Ada juga program part time dengan topik Build Web Application, Android Development, React Native Class, UI/UX Design Class, dan Beginner Front End Web Development dengan kisaran harga Rp 5.000.000-5.200.000.

Pembayaran program di Impact Byte menyediakan metode cicilan juga Income Share Agreement. Ada juga beasiswa potongan 20% sekitar Rp 5.000.000 untuk perempuan dan penyandang disabilitas yang ingin mengikuti program Full Stack Web Development. Sudah ada 198 alumni yang telah bekerja di perusahaan seperti Shopee, OVO, Amartha, Warung Pintar, IDN Media, Nodeflux, Kitabisa, Qlue, dll. 

7. Haltev

Haltev menyediakan program bootcamp dengan pilihan kelas programming seperti Android Class, Website Class, React Native Class yang berlangsung selama 1-4 bulan dengan biaya sekitar Rp 14.400.000-50.400.000. Dalam waktu belajar tersebut, siswa dapat memilih waktu belajar mereka sendiri. Siswa juga akan mendapat sertifikat dan portofolio hasil projek yang telah dilakukan selama mengikuti program. Sudah ada lebih dari 1.140 lulusan Haltev yang bekerja di lebih dari 15 perusahaan rekanan. 

Nah itu dia mengenai 7 Bootcamp Terbaik Untukmu Career Switch (2023). Hayo kamu jadi tertarik mencoba ngga? Nah jika kamu belum ada dana berlebih untuk hal tersebut, tenang aja! Ada LINE Bank solusinya!

Yuk ajukan Quick Credit LINE Bank! Apalagi ada cashback hingga Rp 3.000.000. Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Perhatikan! Ini Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Resign

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295